Implementasi e-Government dalam Pelayanan Publik di Unit Layanan Administrasi pada Biro Organisasi dan Tatalaksana Kementerian Dalam Negeri

Main Article Content

Bambang Suhartono
Firman Hadi Rivai
Eddy Kuspoco Wibowo
Azahra Chaerunisa Rasyid

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi e-Government dalam penyelenggaraan pelayanan  publik pada Unit Layanan Administrasi (ULA) Biro Organisasi dan Tatalaksana (Ortala)  Kementerian Dalam Negeri. Penelitian berfokus pada inovasi layanan digital yang  mendukung SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), tingkat kematangan  implementasi, hambatan, serta rekomendasi kebijakan. Metode penelitian menggunakan  pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi dokumentasi, analisis kebijakan, dan kajian  literatur empiris. Hasil menunjukkan bahwa unit layanan telah menerapkan sejumlah inovasi  seperti Sistem Layanan Administrasi Elektronik (SLAE), tanda tangan elektronik, digitalisasi  arsip, dan chatbot internal. Meski demikian, integrasi antar-sistem, kapasitas SDM, dan  standardisasi layanan digital masih perlu ditingkatkan agar transformasi digital menghasilkan  efektivitas layanan yang menyeluruh.
Kata Kunci: e-Government; Pelayanan Publik; SPBE; Inovasi Pelayanan; Kemendagri 

Article Details

Section
Articles

References

Afdila, A., & Adnan, M. F. (2022). Digitalisasi Administrasi Publik Sebagai Salah Satu Perwujudan Reformasi Birokrasi. 2, 27–32.

Akbar, M. M. (2020). Evaluasi Tingkat Kematangan E-government dan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik Framework Gartner (Studi Kasus Kabupaten Sukoharjo).

Arief, V. (2023). E-Government di Asia Tenggara: Perbandingan Pengembangan E Government di Singapura, Malaysia dan Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2003). The New Public Service.

Dunleavy, P., Margetts, H., Bastow, S., & Tinkler, J. (2006). Digital Era Governance—IT Corporations, the State and e-Government . New York: Oxford University Press. 289 pp. $45.00 (hardbound). Social Science Computer Review, 26(2), 254–257. https://doi.org/10.1177/0894439307304515

Gaol, P. L. G. (2020). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja PT. Bank Mega, Tbk Cluster Bekasi. Jurnal Good Governance.

Heeks, R. (2001). Understanding e-governance for development. Institute for Development Policy and Management.

Juliasih, L. (2023). Studi Komparasi Literasi Electronic Government di Negara-Negara Asean. https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data/Compare-Countries Kementerian PAN-RB. (2020). Grand Design Reformasi Birokrasi 2020–2024. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Layne, K., & Lee, J. (2001). Developing fully functional E-government: A four stage model. Government Information Quarterly, 18(2), 122–136. https://doi.org/10.1016/S0740- 624X(01)00066-1

Marsidi, M., Mulyadi, M., Rambe, S. A., & Oktalisa, E. (2021). Inovasi dalam Pelayanan Publik: Studi Kasus Implementasi E-Government di Negara-Negara Berkembang. Sengkuni Journal: Social Sciences and Humanities, 2(2), 165–170. https://doi.org/10.37638/sengkuni.2.2.165-170

Mulgan, G., & Albury, D. (2003). innovation-in-the-public-sector.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i2.2898

OECD. (2015). The Innovation Imperative. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264239814-en

Osborne, & Gaebler. (1992). Reinventing.Government.

Prabowo, A., & Lukman, S. (2025). Inovasi: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kementerian BUMN: Tantangan, Kemajuan, Dan Prospek Ke Depan. https://doi.org/10.55606/inovasi.v5i1.5190

Sangaji, M. S. J., & Irianto, J. (2025). Transformasi Inovasi Pelayanan Publik menuju Pemerintahan Digital. Jejaring Administrasi Publik, 17(1), 54–70. https://doi.org/10.20473/jap.v17i1.72708

Setiawan, A., Sahlan, M. F. F., & Syam, S. (2023). Evaluasi Implementasi E-Government Kota Palopo Menggunakan E-Government Maturity Model. Journal of Software Engineering and Multimedia (JASMED), 1(2), 59–66. https://doi.org/10.20895/jasmed.v1i2.1345

Sirajudin (2023). Mengenal Penelitian Kualitatif: Panduan Bagi Peneliti Pemula, Agma (Anggota Ikapi No 054/Ssl/2023)

Tornatzky, L. G. ., Fleischer, Mitchell., & Chakrabarti, A. K. . (1990). The processes of technological innovation. Lexington Books.

UNDESA. (2022). E-Government Survey 2022. https://publicadministration.un.org/en/ Zeithaml, Parasuraman, & Berry. (1988). Servqual:a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 12–37. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Rt96wAigg2oC&oi=fnd&pg=PA1 40&dq=Zeithaml,+Parasuraman+%26+Berry+(1985)+%E2%80%93+SERVQUAL. +Model+Servqual&ots=pUv0bBBEvN&sig=DQubSGm8OsvQD6HJH0tNdp6DR7 4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Presiden Nomor 93 tahun 2019 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)