PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT GURU BIOLOGI SMK DI PPPPTK PERTANIAN CIANJUR
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
A MISBACHUDDIN · 2017 — Perencanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran,
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Kencana Prenada Media Group Jakarta:.
Alegesindo Sumardjono, (2012). Belajar Pembelajaran.Penerbit Tisara Grafika dan FKIP UKSW Salatiga.
A.M. Sardiman, ( 2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit PT Rajagrafindo: Jakarta
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Dimyati, (2010). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Hamalik, Oemar, (2010). Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Bumi Aksara Jakarta.
Hanfian dan Suhana, C (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Penertbit PT Refika Aditama, Bandung
Mahmud. Prof. Dr. M.Si. 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bandung
Nurhadi, dalam MI. Hasibuan (2014). Pendekatan Kontekstual, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen, Jakarta.
Rendi Purwanto, 2013 Langkah langkah CTL, dan komponen CTL
Rusman. (2011). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. dalam Bahri , (2017). Strategi Pembelajaran. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta:
Sulipan. Dalam Triyono (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Widya Dharma.
The Washington State Consortium (2011), Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)