PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT GURU BIOLOGI SMK DI PPPPTK PERTANIAN CIANJUR

Main Article Content

Wisnuwati Wisnuwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta diklat Guru Biologi pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Hewan serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya melalui penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan modul. Dalam kegiatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kediklatan/Kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan sesuai dengan kondisi hasil pre tes, dan menggunakan modul I (Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan dan Faktor yang Mempengaruhinya) dan pada Siklus kedua dilaksanakan untuk memperbaiki hasil pembelajaran yang masih kurang baik pada siklus pertama dengan menggunakan modul kedua (Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan dan Faktor yang Mempengaruhinya). Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sebagai berikut; (1) untuk  keterampilan peserta diklat (guru) pada siklus I diperoleh skor total sebesar 26, nilai rata-rata 2,88, dan kategori baik,  dan pada siklus II meningkat dengan  total skor 34, nilai rata-rata 3,77 dan kategori sangat baik; (2) Aktivitas peserta diklat (guru) meningkat dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 2,88 dengan kategori baik, naik menjadi 3,96 dengan kategori sangat baik pada siklus II ; (3) Hasil belajar peserta diklat (guru) pada siklus I dari nilai rata-rata 72,8, nilai minimum 60, nilai maksimum 96, dengan kategori baik, jumlah peserta diklat yang kompeten 18, dan 2 orang tidak kompeten, dan persentase peserta diklat yang kompetens sebesar 90%, meningkat  pada siklus II menjadi nilai rata-rata 93,6, nilai minimum 84,0, nilai maksimum 100, dengan kategori sangat baik, jumlah peserta diklat yang kompeten 20 orang, jumlah peserta diklat yang tidak kompeten 0 orang, dan persentase yang kompeten 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual, hasil hasil pembelajaran meningkat dan proses pembelajaran menjadi sangat efektif.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Penelitian Tindakan Kelas/Kediklatan, Siklus

Article Details

Section
Articles

References

A MISBACHUDDIN · 2017 — Perencanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran,

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Penerbit Kencana Prenada Media Group Jakarta:.

Alegesindo Sumardjono, (2012). Belajar Pembelajaran.Penerbit Tisara Grafika dan FKIP UKSW Salatiga.

A.M. Sardiman, ( 2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Penerbit PT Rajagrafindo: Jakarta

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati, (2010). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.

Hamalik, Oemar, (2010). Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Bumi Aksara Jakarta.

Hanfian dan Suhana, C (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Penertbit PT Refika Aditama, Bandung

Mahmud. Prof. Dr. M.Si. 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bandung

Nurhadi, dalam MI. Hasibuan (2014). Pendekatan Kontekstual, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen, Jakarta.

Rendi Purwanto, 2013 Langkah langkah CTL, dan komponen CTL

Rusman. (2011). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. dalam Bahri , (2017). Strategi Pembelajaran. Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta:

Sulipan. Dalam Triyono (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Widya Dharma.

The Washington State Consortium (2011), Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)