Implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula Dalam Pengembangan Kompetensi Guru di SMA Negeri 8 Jakarta

Main Article Content

Asna Alaili Farhan
Porman Lumban Gaol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula dalam pengembangan kompetensi guru di SMA Negeri 8 Jakarta. Pengembangan kompetensi guru merupakan salah satu pengembangan profesi guru yang berperan penting untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional pada umumnya dan mutu pendidikan di sekolah pada khususnya. Program Induksi Bagi Guru Pemula diarahkan untuk menjadi salah satu program yang dapat memfasilitasi pembimbingan dan pengembangan kompetensi guru agar dapat beradaptasi dengan iklim dan budaya sekolah dan agar dapat melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif serta memakai metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen dalam teknik pengumpulan datanya. Data yang telah dikumpulkan kemudian diproses dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 8 Jakarta, Penerapan Program Induksi Guru Pemula membantu dalam pengembangan kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
?Kata Kunci: Program Induksi Bagi Guru Pemula; Pengembangan Kompetensi; Kompetensi Guru.

Article Details

Section
Articles

References

Buku

Ahmadi, Rulam. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, Retno Sunu, dkk. 2020. Collaborative Governance dalam Perspektif Administrasi Publik. Semarang: DAP Press.

Basuki, Johanes. 2018. Administrasi Publik: Telaah Teoritis dan Empiris. Depok: Raja Grafindo Persada

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Daryanto dan Yusi Arisandi. 2015. Program Induksi Untuk Guru Pemula. Yogyakarta: Gava Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Model Implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula (PIGP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2023. Panduan Operasional Model Kompetensi Guru. Jakarta: Republik Indonesia. Diakses dari https://gtk.kemdikbud.go.id/index.php/ read-news/panduan-operasional-model-kompetensi-guru-2023.

Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2020. Kajian Reformulasi Dimensi Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publishers.

Mulyadi. 2015. Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaukani, dkk. 2004. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Modul

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Pembimbing. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.

Artikel Jurnal dan Prosiding

Fitriyah, Riskha Nur. 2019. Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding. Diakses dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/issue/view/392.

Gustina, Mutia, dkk. 2019. Pengaruh Budaya Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 5, No.1, Januari 2019. Diakses dari https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/77.

Laksono, Kabul, dkk. 2023. Program Induksi dan Supervisi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam El-Idare. Volume 9, Nomor 1. Diakses dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/17037.

Sugiarti dan Bambang Sumardjoko. 2017. Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula (PIGP) di SMP Negeri 3 Kunduran Blora. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 29, No. 1, Juni, 2017: 9-17, ISSN:0852-0976. Diakses dari https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5143.

Skripsi dan Tesis

Niam, Ulim. 2020. Program Induksi Guru Pemula Dalam Pengembangan Guru Profesional (Studi Multi Situs di SD Negeri Kasim dan SD Negeri Kauman 2 Kota Malang. (Disertasi Doktoral, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/25782/1/18711024.pdf .

Rusdi, Dwi Hearty Ilhami. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru di SMA Negeri 8 Bekasi (2021). (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Jakarta). Diakses dari http://repository.unj.ac.id/24269/.

Risalah Kebijakan

Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2021. Penguatan Regulasi untuk Mendorong Peningkatan Kompetensi Guru dalam Jabatan secara Berkelanjutan. Risalah Kebijakan Nomor 21, Agustus 2021.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru