Implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula Dalam Pengembangan Kompetensi Guru di SMA Negeri 8 Jakarta
Main Article Content
Abstract
?Kata Kunci: Program Induksi Bagi Guru Pemula; Pengembangan Kompetensi; Kompetensi Guru.
Article Details
References
Buku
Ahmadi, Rulam. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Astuti, Retno Sunu, dkk. 2020. Collaborative Governance dalam Perspektif Administrasi Publik. Semarang: DAP Press.
Basuki, Johanes. 2018. Administrasi Publik: Telaah Teoritis dan Empiris. Depok: Raja Grafindo Persada
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi, ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto dan Yusi Arisandi. 2015. Program Induksi Untuk Guru Pemula. Yogyakarta: Gava Media.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Model Implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula (PIGP). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 2023. Panduan Operasional Model Kompetensi Guru. Jakarta: Republik Indonesia. Diakses dari https://gtk.kemdikbud.go.id/index.php/ read-news/panduan-operasional-model-kompetensi-guru-2023.
Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2020. Kajian Reformulasi Dimensi Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.
Miles, M.B & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publishers.
Mulyadi. 2015. Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Setiawan, Guntur. 2004. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers.
Syaukani, dkk. 2004. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Modul
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2010. Modul Program Induksi Guru Pemula (PIGP) Bagi Pembimbing. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Diakses dari https://lugtyastyono60.wordpress.com/pigp-program-induksi-guru-pemula/.
Artikel Jurnal dan Prosiding
Fitriyah, Riskha Nur. 2019. Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding. Diakses dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/issue/view/392.
Gustina, Mutia, dkk. 2019. Pengaruh Budaya Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 5, No.1, Januari 2019. Diakses dari https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/77.
Laksono, Kabul, dkk. 2023. Program Induksi dan Supervisi Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam El-Idare. Volume 9, Nomor 1. Diakses dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/17037.
Sugiarti dan Bambang Sumardjoko. 2017. Pengelolaan Program Induksi Guru Pemula (PIGP) di SMP Negeri 3 Kunduran Blora. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 29, No. 1, Juni, 2017: 9-17, ISSN:0852-0976. Diakses dari https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/5143.
Skripsi dan Tesis
Niam, Ulim. 2020. Program Induksi Guru Pemula Dalam Pengembangan Guru Profesional (Studi Multi Situs di SD Negeri Kasim dan SD Negeri Kauman 2 Kota Malang. (Disertasi Doktoral, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/25782/1/18711024.pdf .
Rusdi, Dwi Hearty Ilhami. 2022. Pengembangan Kompetensi Guru di SMA Negeri 8 Bekasi (2021). (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Jakarta). Diakses dari http://repository.unj.ac.id/24269/.
Risalah Kebijakan
Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2021. Penguatan Regulasi untuk Mendorong Peningkatan Kompetensi Guru dalam Jabatan secara Berkelanjutan. Risalah Kebijakan Nomor 21, Agustus 2021.
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru