Inovasi Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di Perpustakaan Nasional RI

Main Article Content

Syaifuddin Syaifuddin
Susmelawati Rosya Rosya
Santi Wamea
Yustinus Sudono Sigit
Edi Wiyono
Hamka Hamka

Abstract

 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang memberikan layanan publik di bidang Perpustakaan. Era new normal sebagai akibat dari pendemi covid-19 mengharuskan Perpustakaan Nasional  untuk berinovasi agar layanan prima dapat diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan best practice di Perpustakaan Nasional dalam berinovasi mengembangkan layanan pada masa pandemi Covid-19 dan kenormalan baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap pejabat structural, pejabat fungsional dan masyarakat sebagai pengguna layanan Perpustakaan Nasional. Hasil penelitian minimal ada dua hal yaitu 1). Perpustakaan Nasional merupakan Lembaga publik yang memberikan pelayanan di era kenormalan baru untuk memenuhi harapan masyarakat terkait adanya kepastian pelayanan perpustakaan, responsivitas pelayanan dan kejelasan informasi pelayanan untuk umum yang berbasis Prokes untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 sehingga diperlukan adanya inovasi-inovasi layanan; 2).Inovasi layanan yang dibuat adalah menyusun panduan dan pedoman layanan   Perpustakaan di masa kenormalan baru (pandemi covid-19) dengan membuat  SOP khusus pelayanan perpustakaan nasional di masa pandemi dan menyediakan layanan secara online, mengoptimalkan pemanfaatan koleksi digital dan layanan online yang sudah ada, seperti iPusnas, e-resources, IOS, dan Khastara, memperkuat kesiapan sistem jaringan, sarana prasarana, dan SDM untuk mendukung ketersediaan layanan online, Penyediaan fasilitas bookdrop untuk pengembalian buku, penyediaan zoom meeting gratis bagi masyarakat yang ingin menyelenggarakan seminar online dan penyediaan layanan referensi melalui fitur “Tanya Pustakawanâ€.Kata kunci: Inovasi, pelayanan perpustakaan, pandemi Covid-19

Article Details

Section
Articles

References

Dhewanto, Wawan. (2014). Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Dwiyanto, Agus (2014). Mewujudkan GoodGovernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Handoko, T. Hani. (2011). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Keban, Yeremias T. (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media

Peraturan MenPANRB Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik

Roziana, Desi; Sari, Novita (2018) Pengaruh Inovasi Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Konsumen Inovatif Sebagai Variabel Moderasi, Digest Marketing Vol. 3 No. 2 (2018): Digest Marketing Publisher : Konsentrasi Manajemen Pemasaran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Susianawati; Rahaju, Tjitjik (2018) Analisis Kesiapan Inovasi Layanan Sistem

Informasi Manajemen Dan Pelayanan Perizinan Elektronik (Simppel) Di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban; Publika Vol 6, No 5 Publisher : Publika

Undang Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Utomo, Endhar Priyo (2019) Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Bentuk Inovasi, Strategi Komunikasi dan Kreatifitas Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi, jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 1, Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup