Implementasi Kepemimpinan Sub Branch Head dalam Meningkatkan Pelayanan di Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Tebet

Main Article Content

Foiman Ziga
Porman Lumban Gaol

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kepemimpinan Sub Branch Head Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Bank BTN Kantor Cabang Pembantu Tebet. Peran seorang pemimpin dalam menjalankan operasional perbankan sangat penting. Kurangnya pengawasan seorang pemimpin bisa memberikan peluang kepada pegawai untuk melakukan fraud. Saat ini banyak ditemukan keluhan nasabah terhadap pelayanan yang kurang memuaskan, nasabah langsung updated dan share ke media sosial. Ini sangat beresiko terhadap reputasi bank, nasabah bisa berpindah kelain bank karna pelayanan dan citra bank yang sudah buruk. Apabila layanan pegawai terhadap nasabah tidak memuaskan maka akan berdampak terhadap target outlet tersebut tidak tercapai. Kemungkinan buruknya jika target tidak tercapai maka outlet tersebut bisa saja akan ditutup oleh pihak manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara kepada para informan dan observasi. Sedangkan Key Informan yang diwawancarai sebanyak tiga orang (Kepala Cabang, SDM officer dan Frontliner). Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan Sub Branch Head di KCP Tebet sudah baik dan menjadi role model yaitu dengan mengawasi transaksi, memberikan motivasi saat briefing ataupun saat meeting mingguan, memonitoring roleplay pegawai , mengembangkan keahlian pegawi, mengembangkan fasilitas untuk meningkatkan layanan yang memuaskan dan demokratis menerima pendapat dari pegawai. Harapan kedepannya semoga Pimpinan selalu konsisten dalam memonitoring layanan dan juga kegiatan roleplay para pegawai.Kata Kunci : Implementasi Kepemimpinan dan Pelayanan.

Article Details

Section
Articles

References

Aan Komariah, Djam’an Satori (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.

Agus Sulastiyono, 2002, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Edisi Pertama, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

Astohar. (2012). Kepemimpinan Pelayan (Servant Leadership) Sebagai Gaya Kepemimpinan untuk Kemajuan Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, 3(2): 51-65.

A.Hamdani dan Rambut Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta, 2009

Abi Sujak, 1990. Kepemimpinan Manajer, Jakarta: Rajawali Pers

Arep dan Tanjung, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Trisakti, Jakarta

Anoraga, Pandji. 2003. Psikologi Kepemimpinan. PT.Rineka Cipta: Jakarta

Bodgan, Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Bogdan dan Taylor, 2010 J. Moleong, Lexy. 1989.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Brahmasari & Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hei International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10.

Dubrin, A. J. (2005). Leadership (Terjemahan), Edisi Kedua. Jakarta. Prenada Media.

Gaol, P. L. (2021). Implementation of Performance Management in Artificial Intelligence System to Improve Indonesian Human Resources Competencies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 717(1). https://doi.org/10.1088/17551315/717/1/012010

Heidjrachman, Ranupandojo, dan Suad Husnan, 2000, “Manajemen Personalia”, Edisi Keempat, BPFE UGM, Jogjakarta.

Hersey. 2004. Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Jakarta: Delaprasata.

H. Hadari Nawawi, 2003; Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Cetakan ke-7, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.

I Made Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta

Jamaludin, Adon Nasrullah. (2011) Metode Penulisan Skripsi untuk Mahasiswa. Bandung.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kartono Kartini, Pengantar Metodologi Riset Sosial (Madar Maju, Bandung, 1996).

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta : Penerbit Erlangga

Koestanto, Tri Hari dan Yuniati, Tri. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank Jatim Cabang Klampis Surabaya, Jurnal Ilmu dan Riset

Manajemen, Vol. 3.

Kartono, Kartini, 2005 : Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Lumban Gaol, P., & Tumanggor, B. F. (2022). The Role of Transformational Leaders in Implementing Change: A Case Study of Bureaucratic Simplification in the Central and Regional Governments of Indonesia. KnE Social Sciences, 2022, 1227–1239. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.11012

Lupiyoadi, & Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.

Mulyana Deddy, 2001. Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2005). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3.

Moenir, 2005, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Nuryati. 2004. Kepemimpinan Pelayanan: Pendekatan Baru Model Kepemimpinan. Jurnal STIE AUB. Surakarta.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prabha Ramseook & Munhurrun. (2010). Service Quality In The Public Service. International Jurnal Of Manajement and Marketing Research Volume 3. University of Technology, Mauritius.

Putri, N. W., & Gaol, P. L. (2021). Pengaruh Persepsi Job Description Terhadap Kinerja Karyawan Pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Dan Teknologi/Brin. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(2), 23–44.

Robbins, Stephen P dan Timothy A Judge. 2014. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Sephen. P. 2006. Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks Kelompok GRAMEDIA.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari teori Ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

R.Terry, George dan Leslie W.Rue. Dasar-Dasar Manajemen. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Sudijono Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Wahjosumidjo. 1987. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wursanto. 2002. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.