Evaluasi Pelatihan Kepemimpinan IV Pada BPSDM Provinsi DKI Jakarta

Main Article Content

Sukartini Sukartini
Syaka Rastra Einar Safiya
Hamka Hamka

Abstract

Penilaian pelatihan kepemimpinan tingkat IV dilakukan untuk menilai: (1) Dasar dan tujuan pelatihan kepemimpinan tingkat IV dan kelayakan organisasi kelembagaan; (2) Kejelasan karakteristik peserta pelatihan, keadaan dosen, kurikulum , sarana, prasarana; (3) kesesuaian kurikulum dan jadwal program, keterampilan belajar dan dosen di bidang pendidikan dan pelatihan; (4) Penilaian komprehensif terhadap peserta, dosen dan penyelenggara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan evaluasi program yang menggunakan model CIPP (context, input, process, product).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melaksanakan program sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sasaran program adalah agar sesuai untuk dinaikkan ke Level IV, dengan; (2) Peserta memenuhi kriteria, namun dosen administrasi masih sangat terbatas. Kurikulum yang mengacu pada pedoman, fasilitas yang memenuhi kriteria kualifikasi standar; (3) Kesesuaian Kurikulum dengan program dan jadwal yang memenuhi kriteria dan; (4) keseluruhan hasil program peserta, dosen dan penyelenggara memenuhi kriteria.Kata Kunci: Evaluasi Program, Model CIPP, Faktor Pelatihan Kepemimpinan IV, Strategi Pelatihan Kepemimpinan IV, Evaluasi Pelatihan Kepemimpinan IV

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Blaine, Worten B., James R. Sanders, dan Jodi L. Fitzpatrick. 2004. Program Evaluation Alternatives Approach and Practical Guidelines. Boston: Pearson Education Inc.

Burke, Lisa A. & Hutchins, Holly M. 2007. Training Transfer: An Integrative Literature Review. Human Resource Development Review, 6 (3), 263-296.

Balai, D. I., Keagamaan, D., & Tulung, J. M. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Di Balai Diklat Keagamaan Manado. III(3), 1–16.

Cook, Thomas D. and Charles S. 1979. Reichardt, Qualitative and Quantitative Methods In Evaluation Research. Thousand Oaks, CA 91320, US: Sage Publications, Inc.

Iswahyudi, F. 2017. Efektivitas Evaluasi Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV. Jurnal Transformasi Administrasi, 7(1), 1335-1351.

Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta.

Kirkpatrick Donald L., dan James D. Kirkpatrick. 2005. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers Inc.

Madaus, George F. Michael S. Scriven, dan Daniel L. Stufflebeam. 1987. Evaluation Models Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer- Nijhoff Publishing.

Muslihin, M. 2016. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 22-32.

Bulyadi, A.Mering, I. Astuti. 2018. Evaluasi Kinerja Alumni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Sumber Daya Manusia. 1-13.

Owen, John M. 1993. Program Evaluation, Form and Approaches. Sydney: Allen & Unwin.

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan.

Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 111 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers Year.

Rawar, M. 2019. Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat Iii Dan Tingkat Iv Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua. Mutatio-Jurnal Kewidyaiswaraan Indonesia Timur, 1(2 Desember), 20-36.

Stufflebeam, Daniel L. 2003. Handbook of The CIPP Model or Evaluation. Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (OPEN).