Analisis Epic Model Pada Live Streaming Instagram Dekranasda Jakarta Barat

Authors

  • Aris Nur Indra Cahya Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Keisha Dinya Solihati Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Dekranasda Jakarta Barat menghadapi masalah penurunan penjualan yang fluktuatif dan berkelanjutan. Masalah ini diperburuk oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap Dekranasda Jakarta Barat, yang menyebabkan promosi menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan live streaming Instagram sebagai media promosi menggunakan EPIC Model untuk Dekranasda Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan live streaming Instagram cukup efektif seperti memperoleh peningkatan dari jumlah followers dengan strategi yang dijalankan sebagai media promosi bagi Dekranasda Jakarta Barat. Namun, terdapat beberapa kendala terkait pemahaman detail produk dan menarik audiens dalam jumlah besar untuk menonton live streaming tersebut. Rekomendasi yang diajukan pelaku live streaming Instagram Dekranasda Jakarta Barat harus mempelajari lebih detail mengenai produk yang akan dipromosikan, membagikan link live streaming Instagram melalui media sosial dan aplikasi pesan dan mengiklankan produk Dekranasda Jakarta Barat dengan bantuan agensi digital. Dengan memahami dan menerapkan hubungan antara EPIC Model dan indikator live streaming, Dekranasda Jakarta Barat dapat meningkatkan efektivitas sesi live streaming mereka. Hal ini akan membuat live streaming Instagram mereka lebih menarik, dapat dipercaya, dan mengedukasi audiens dengan lebih baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi untuk meningkatkan penjualan Dekranasda Jakarta Barat di masa mendatang.

References

Arisandi, D. V., & Widaningsih, S. (2022). Pengukuran Efektifitas Pemasaran Digital Instagram Ads Menggunakan Metode Epic (Studi Kasus Di UMKM Lobi Piru, Provinsi Maluku Tahun 2022). E-Proceeding of Applied Science, 8(5), 545.

Atmoko, D. (2022). ENDORSEMENT AGREEMENTS ON INSTAGRAM SOCIAL MEDIA RELATED TO ARTICLE 7 OF LAW NUMBER 8 OF 1999 CONCERNING CONSUMER PROTECTION. In JIPRL Journal of Indonesia Law & Policy Review.

Dika Adhilni, R., Aprillia, N., Putri, A., Risky, A. H., Eden, J., Mohamad, T., Wicaksono, A., Nisa, T. K., & Nuryananda, P. F. (2023). UPAYA PENGEMBANGAN UMKM KELURAHAN KEDUNG BARUK MELALUI WORKSHOP INSTAGRAM BUSINESS SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL. JCOS: Journal of Community Service, 1(3), 137–145. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.476

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. In Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) (Vol. 3, Issue 2).

Muna, N., & Taher, A. (2017). Produktivitas Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Bireuen. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah (Vol. 2). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Peraturan Menteri Perdagangan RI. (2023). PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2023 TENTANG PERIZINAN BERUSAHA, PERIKLANAN, PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PELAKU USAHA DALAM PERDAGANGAN MELALUI SISTEM ELEKTRONIK. KEMENDAG.

Prajarini, D. (2020). Sosial Periklanan Instagram.

Putra, T. G. (2015). Peran Pemerintah Daerah Dan Partisipasi Pelaku Usaha Dalam Pengembangan UMKM Manik-Manik Kaca di Kabupaten Jombang. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(1).

Rachmawaty, A. (2021). OPTIMASI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1).

Ramadhany, A. (2023). PENGGUNAAN FITUR LIVE STREAMING SEBAGAI MARKETING COMMUNICATION DAN LEADCUSTOMER TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 7(1), 117–128. http://jurnal.ustjogja.ac.id

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442–452. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Sari, N., Rizki, M., & Dinya Solihati, K. (2021). DAMPAK STIMULUS PEMERINTAH UNTUK UMKM PADA ERA PANDEMI COVID-19. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 3(1).

Solihati, K. D., & Azzam, H. A. (2023). Efektivitas Sosial Media Marketing Terhadap Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STIA LAN Jakarta. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7(1), 344–349. https://knia.stialanbandung.ac.id/index.php/knia/article/viewFile/873/375

Yana Siregar, L., Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, M., & Negeri Islam Sumatera Utara, U. (2020). HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON INCREASING BUSINESS ONLINE. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Cahya, A. N. I., & Solihati, K. D. (2025). Analisis Epic Model Pada Live Streaming Instagram Dekranasda Jakarta Barat. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 7(1), 59–72. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/979

Issue

Section

Articles