Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Kedoya Selatan Kota Jakarta Barat

Authors

  • Hannisha Hamzah Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Budi Priyono Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Persaingan bisnis antara pasar modern seperti minimarket dengan UMKM warung kelontong menjadi topik yang semakin relevan di Indonesia. Warung kelontong, sebagai salah satu bentuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menghadapi tantangan besar dalam berkompetisi dengan minimarket yang dikelola oleh jaringan ritel modern pemodal besar. Minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan lainnya menawarkan kenyamanan, kebersihan, dan pilihan produk yang lebih banyak, serta program promosi yang menarik. Hal ini seringkali menarik konsumen, terutama di daerah perkotaan atau pinggiran kota yang dimana mobilitas dan aksesibilitas menjadi faktor penting. Di Kelurahan Kedoya Selatan, banyak penelitian yang secara khusus menganalisis perilaku konsumen pada Warung Kelontong Madura, terutama di tingkat lokal seperti Kelurahan Kedoya Selatan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan memahami preferensi mereka terhadap Warung Kelontong Madura di Kelurahan Kedoya Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumen pada warung madura cenderung dipengaruhi oleh harga, lokasi, dan nilai sosial budaya lokal sehingga pemilik warung perlu memastikan bahwa produk-produk yang dibutuhkan konsumen selalu tersedia dan mudah diakses. Selain itu, kualitas produk harus dijaga untuk memenuhi harapan konsumen. Layanan yang memuaskan juga penting dalam menciptakan pengalaman belanja yang positif. Kata Kunci:  Perilaku Konsumen; UMKM; Warung Kelontong Madura

References

Ainun, N., Maming, R., & Altri Wahida. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah.https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/967/544

Ambarwati, N., & Susilo, A. (2022). Pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan konsumen di warung tradisional pedesaan. Jurnal Ekonomi Rakyat, hal 45-57.

Anastasya, A. (8 Juli 2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. UKM Indonesia: https://ukmindonesia.id/

Andriyanti, R., & Dodi Wahab. (2019). Preferensi Konsumen Generasi Z Terhadap Konsumsi Produk Dalam Negeri. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/download/4694/pdf

Assael, H. (2015). Consumer behavior and marketing action (8th ed.). Cengage Learning.

East, R., Singh, J., Wright, M., & Vanhuele, M. (2017). Consumer behavior: Applications in marketing. SAGE Publications.

Elena, M. (18 Januari 2021). Kemenkop: Dari 64 Juta UMKM, Baru 10 Juta Terhubung dengan Platform Digital. Ekonomi Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2018). Consumer Behavior (8th ed.). Fort Worth: Dryden Press.

Fahmi, R., et al. (2021). Faktor Penentu Loyalitas Konsumen di Warung Kelontong: Studi Kasus di Wilayah Pedesaan. Jurnal Perilaku Konsumen Indonesia, 4(1), 60-72.

Handoko, S. (2020). Pengaruh Faktor Sosial dan Ekonomi pada Keputusan Pembelian di Warung Kelontong di Daerah Pedesaan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Rakyat, 3(3), hal 34-47.

Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2020). Consumer behavior: Building marketing strategy (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Hoyer, W. D., MacInnis, D. J., & Pieters, R. (2018). Consumer behavior (7th ed.). Cengage Learning.

Jefri Putri Nuraa, M. S., Dian Alfia, S. K. M., Dr. aira Sinulingga, S.E., M. M., & Umi Rojiati, M. K. I. (2021). Teori Perilaku Konsumen (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Kardes, F. R., Cronley, M. L., & Cline, T. W. (2019). Consumer behavior: Science and practice (2nd ed.). Cambridge University Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Limanseto, H. (05 May 2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Web site: https://ekon.go.id/

Limanseto, H. (8 Maret 2022). Dukung UMKM Naik Kelas, Pemerintah Dorong Transformasi Ekonomi Berbasis Digital dan Tingkatkan Dukungan Pembiayaan. www.ekon.go.id: https://ekon.go.id/

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134/698

Medhy, A., Hidayat, I., Dzulkarnain, I., & Kristina, A. (2023). Kemandirian Sosial-Ekonomi “Warung Madura” dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Madura (Hanita Ayu (ed.)). Samudra Biru. https://www.researchgate.net

Mulia, R., & Hamdani, H. (2017). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Tempat Belanja di Wilayah Rural. Jurnal Studi Konsumen dan Pemasaran, 10(2), 120-131.

Nasruddin, H., et al. (2018). Perilaku Konsumen pada Acara Keagamaan di Daerah Pedesaan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Sosial Budaya. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Nurjanah, P., & Ikhsan, N. El. (2022). Pengaruh Fanatisme dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Kpop (Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Grup Kpop SVT Di DKI Jakarta). Jurnal Administrasi Bisnis, hal 449–460. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/download/2516/1138

Puji Lestari, D. (2019). Pola Konsumsi Masyarakat Pedesaan Jawa Timur. Jurnal Sosial Ekonomi dan Budaya, 7(1), hal 82-95.

Rizki, A., & Kurniawan, D. (2018). Pengaruh Pengalaman Belanja terhadap Loyalitas Konsumen di Warung Tradisional. Jurnal Ekonomi Pedesaan, 12(2), hal 56-67.

Saputra, M., & Dewi, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pencarian Informasi Produk di Warung Tradisional. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Digital. Universitas Teknologi Indonesia.

Sari, P. et al. (2019). Analisis Pengalaman Belanja dan Loyalitas Konsumen di Warung Kelontong. Jurnal Riset Pemasaran Indonesia, 8(3), hal 133-145.

Satriaji Vinatra. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1.https://journal.widyakarya.ac.id

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen (7th ed.). Pearson Education.

Setiawan, B., et al. (2016). Studi Perilaku Konsumen di Daerah Pedesaan dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Kewirausahaan. Universitas Padjadjaran.

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen Strategi dan Teori. Ios Publisher.

Sofjan, A. (2022). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.

Solomon, M. R., Bamossy, G., Askegaard, S., & Hogg, M. K. (2019). Consumer behavior: A European perspective (7th ed.). Pearson Education.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6. https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/627/400

Tjiptono, Fandy, & Chandra, Gregorius. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, N., & Saputra, A. (2020). Kepuasan Konsumen pada Stabilitas Harga di Warung Kelontong Pedesaan. Jurnal Manajemen Konsumen, 5(2), 98-110.

Yuniarti, D., & Aditya, M. (2018). Analisis Loyalitas Konsumen pada Warung Kelontong di Pedesaan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Rakyat, 7(1), 41-53.

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Hamzah, H. ., & Priyono, B. (2025). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Kedoya Selatan Kota Jakarta Barat . Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 7(1), 15–26. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/975

Issue

Section

Articles