Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Perumda Dharma Jaya Provinsi DKI Jakarta
Abstract
Perubahan era dari pemasaran tradisional menjadi pemasaran digital harus diikuti oleh perusahaan agar mampu beradaptasi dengan perubahan, dan dapat menjadikan peluang bagi perusahaan. Dengan adanya pemasaran digital mempermudah perusahaan dalam memasarkan produk dan memberikan kesadaran merek kepada calon konsumen. Kesadaran merek yang baik akan memberikan peluang yang besar bagi sebuah produk untuk menjadi alternatif utama pada proses keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada produk Perumda Dharma Jaya Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menetapkan jumlah responden sebanyak 110 orang yang pernah membeli produk Perumda Dharma Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing dan brand awareness memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Perumda Dharma Jaya. Digital marketing memiliki pengaruh sebesar 49,0% terhadap keputusan pembelian, brand awareness memiliki pengaruh sebesar 61,2% terhadap keputusan pembelian. Lalu secara bersama-sama digital marketing dan brand awareness memiliki pengaruh sebesar 64,2% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 35,8% ditentukan oleh varibel lain yang tidak ikut dihitung dalam penelitian ini. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya ialah menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, seperti brand image, brand trust, word of mouth (WOM) dan lainnya. Kata Kunci: digital marketing; brand awareness; keputusan pembelianReferences
Amelfdi, F. J., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 473–483. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suadana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. EkuITAS?: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 6(2), 243–270. https://doi.org/https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Lohonusa, A. I., & Mandagie, Y. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu “ Converse” Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi Manado. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 511–520. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36372
Lombok, E. V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953–964. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Mawardi, M. K., Fanani, D., Supriono, S., & Rifky, M. (2022). Strategi Pemasaran UMKM?: Membangun brand awareness umkm kuliner melalui digital marketing. Deepublish.
Naruliza, E., & Suseno, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Kota Palembang. JEMASI?: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 97–108. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v17i1.338
Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.32663/crmj.v5i2.3096
Pebrianti, W., Arweni, A., & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(1), 48–56. https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2848
Purnamasari, I. A., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Online Store Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Generasi Milenial Pengguna Shopee Selama Pandemi Covid-19 di Kota Madiun). SIMBA?: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 4. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3441/0
Ramadani, N., Zelfia, Z., & Hadawiah, H. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Clothing Erigo Pada Remaja Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 3(3), 183–187. https://doi.org/https://doi.org/10.33096/respon.v3i3.120
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057
Sari, S., Syamsudin, S., Syahrul, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37–48. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. In BMC Public Health. PT Fajar Interpratama Mandiri. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis, 1(2), 827–837.
Winadi, J. S. (2017). Hubungan Word Of Mouth Dengan Brand Awareness Teh Kotak. 5(1), 1–14. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6159
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.