Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM Pasar Bunga Rawa Belong
Abstract
Di era globalisasi yang terus berkembang, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada analisis bauran pemasaran yang diterapkan oleh pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, terutama dalam menghadapi tantangan dan dinamika pasar yang terus berubah. Berdasarkan observasi awal dan data pra wawancara, ditemukan bahwa volume penjualan bunga di pasar ini mengalami penurunan signifikan, yang salah satunya disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) yang diterapkan oleh pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong dan mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek produk, para pedagang menawarkan bunga segar berkualitas tinggi dengan desain yang unik dan kreatif serta memberikan layanan tambahan seperti penyesuaian desain bunga sesuai permintaan pelanggan. Dari segi harga, mereka menerapkan strategi penetapan harga berbasis biaya dan diversifikasi harga untuk berbagai segmen pembeli, sehingga mampu mencapai keseimbangan antara profitabilitas dan daya saing. Dalam hal tempat, pemilihan lokasi kios yang strategis di pasar menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan pelanggan, sementara layanan pengiriman juga dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak bisa datang langsung ke pasar. Pada aspek promosi, pedagang menggabungkan strategi promosi tradisional seperti penggunaan katalog dan interaksi langsung, serta memanfaatkan event dan musim tertentu untuk meningkatkan eksposur produk. Kata Kunci: UMKM; Bauran Pemasaran; Pasar Bunga Rawa BelongReferences
Abdurohim, D. (2021). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM) (Rachmi, Ed.). PT Refika Aditama.
Assauri, S. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN (Dasar, Konsep & Strategi) (17th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Dewi, R. P., & Fransiska. (2023). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI RESTORAN ZUSHIODA CIREBON. JIP - Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3).
Esnir, R. (2023). Jelang Hari Valentine, Pasar Bunga Rawa Belong Sepi Pembeli. Okezone Foto.
Gita Anggraini, Dina Amalia, Ferry Hermawan, & Ismiyati. (2017). STANDAR REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL DI KOTA SEMARANG). JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL, 6(1), 12–22.
Gunawan, G. L. C. (2020). BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(2).
Limanseto, H. (2023, August 24). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. Siaran Pers?: KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA.
Masdaini, E., & Dewi Hemayani, A. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang Buying Decision Analysis on Nilang Coffee Shop Consumers. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, 2(1), 2746–4229. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtiemb
Suwandi, Sibarani Wardah Sahrani, Sibarani Lola Amalia, & Halawa Syafitri. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 116–127.
Vavi Arlin, D., Imantoro, J., kunci, K., Pelanggan, K., Harga, K., & Harga, P. (2021). Pengaruh Kewajaran Harga dan Perkembangan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion pada Dealer Lautan Teduh di Purbolinggo. In Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (Vol. 1, Issue 2). www.aisi.or.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

