Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM Pasar Bunga Rawa Belong

Authors

  • Muhammad Daud Ibrahim Anwar Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Muhammad Rizki Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Di era globalisasi yang terus berkembang, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada analisis bauran pemasaran yang diterapkan oleh pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong, terutama dalam menghadapi tantangan dan dinamika pasar yang terus berubah. Berdasarkan observasi awal dan data pra wawancara, ditemukan bahwa volume penjualan bunga di pasar ini mengalami penurunan signifikan, yang salah satunya disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) yang diterapkan oleh pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong dan mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek produk, para pedagang menawarkan bunga segar berkualitas tinggi dengan desain yang unik dan kreatif serta memberikan layanan tambahan seperti penyesuaian desain bunga sesuai permintaan pelanggan. Dari segi harga, mereka menerapkan strategi penetapan harga berbasis biaya dan diversifikasi harga untuk berbagai segmen pembeli, sehingga mampu mencapai keseimbangan antara profitabilitas dan daya saing. Dalam hal tempat, pemilihan lokasi kios yang strategis di pasar menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan pelanggan, sementara layanan pengiriman juga dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tidak bisa datang langsung ke pasar. Pada aspek promosi, pedagang menggabungkan strategi promosi tradisional seperti penggunaan katalog dan interaksi langsung, serta memanfaatkan event dan musim tertentu untuk meningkatkan eksposur produk. Kata Kunci: UMKM; Bauran Pemasaran; Pasar Bunga Rawa Belong

References

Abdurohim, D. (2021). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing, dan Model Bisnis UMKM) (Rachmi, Ed.). PT Refika Aditama.

Assauri, S. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN (Dasar, Konsep & Strategi) (17th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Dewi, R. P., & Fransiska. (2023). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI RESTORAN ZUSHIODA CIREBON. JIP - Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3).

Esnir, R. (2023). Jelang Hari Valentine, Pasar Bunga Rawa Belong Sepi Pembeli. Okezone Foto.

Gita Anggraini, Dina Amalia, Ferry Hermawan, & Ismiyati. (2017). STANDAR REVITALISASI PASAR TRADISIONAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL DI KOTA SEMARANG). JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL, 6(1), 12–22.

Gunawan, G. L. C. (2020). BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(2).

Limanseto, H. (2023, August 24). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. Siaran Pers?: KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA.

Masdaini, E., & Dewi Hemayani, A. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang Buying Decision Analysis on Nilang Coffee Shop Consumers. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, 2(1), 2746–4229. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtiemb

Suwandi, Sibarani Wardah Sahrani, Sibarani Lola Amalia, & Halawa Syafitri. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(4), 116–127.

Vavi Arlin, D., Imantoro, J., kunci, K., Pelanggan, K., Harga, K., & Harga, P. (2021). Pengaruh Kewajaran Harga dan Perkembangan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion pada Dealer Lautan Teduh di Purbolinggo. In Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (Vol. 1, Issue 2). www.aisi.or.id

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Anwar, M. D. I. ., & Rizki, M. (2025). Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM Pasar Bunga Rawa Belong. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 7(1), 47–58. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/978

Issue

Section

Articles