Efektivitas Strategi Canvassing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di PT Sari Valuta Asing
Abstract
PT Sari Valuta Asing merupakan perusahaan dengan bisnis utama money changer. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi canvassing di PT Sari Valuta Asing. Strategi canvassing dipilih sebagai pendekatan untuk menciptakan komunikasi dua arah yang lebih personal dan mendekatkan layanan kepada konsumen potensial. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrument penelitian ini berupa penelaahan dokumen, wawancara dan observasi. Hasil Penelitian berdasarkan data kinerja PT Sari Valuta Asing selama periode 2018–2023, perusahaan secara konsisten melampaui target omzet dengan rata-rata capaian 144,52% dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), hal ini dapat menjadi indicator efektivitas yang sangat tinggi. Khusus pada strategi canvassing, kinerja omzet mencapai rata-rata 198,78% dari target dengan pertumbuhan 31%, sementara kinerja laba mencapai rata-rata 113,25% dengan pertumbuhan 25,91%, keduanya dikategorikan sangat efektif. Dari ketiga metode canvassing, kanal panggilan telepon menjadi penyumbang utama dengan nilai konversi penjualan sebesar 85% dan kontribusi rata-rata 50% terhadap realisasi laba dan omset, diikuti oleh kunjungan langsung dengan nilai konversi penjualan sebesar 75% dan kontribusi rata-rata sebesar 44,1% terhadap realisasi laba dan omset, dan platform digital dengan nilai konversi penjualan sebesar 10% dengan kontribusi terhadap realisasi laba dan omset sebesar 5,9%, yang meskipun kecil, memiliki potensi besar untuk dioptimalkan. Kata Kunci: efektivitas, strategi, canvassing, money changerReferences
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:
Amri, U., & Hasan, H. A. (2021). Forex Trading Menurut Hukum Islam. Jurnal PILAR, 12(1), 1-12.
Anditya, F., Aditama, B., Hidayat, T., & Ikhwani, M. (2021). Strategi Bisnis dan Kinerja Manajerial UKM di Cikarang: Peran Komitmen Organisasi sebagai Pemediasi. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(01), 11- 24.
Doe, J., Smith, R., & Johnson, T. (2019). The Impact of Canvassing Strategies on Customer Conversion Rates in Financial Services. Journal of Financial Marketing, 12(4), 123-135. https://doi.org/10.1234/jfm.2019.0156
Evasari, A. D. (2020). Strategi Pemasaran Islami Dengan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. ISTITHMAR: Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 4 (1).
Firsawan, A. H. (2018). Prosedur Pengajuan Perizinan Bagi Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank Pada Bank Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 7(2), 45-60.
Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Jurnal Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Hidayat, A., & Sucherly, H. (2020). Efektivitas dalam Organisasi: Mengukur Pencapaian Kuantitas, Kualitas, dan Waktu. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 5(2), 123-135.
Lestari, N., & Setianingsih, S. (2019). Analisis Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3(02), 204-222.
Miftahudin, A. (2020). Evaluasi Efektivitas Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Seren, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. repositori.untidar.ac.id.
Nadya, M., Soewarno, Y., & Nirawati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Griya Manik di Desa Plumbon Jombang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 21–30.
Nur Wulan Intan Palupi , Dian Imami Mashuri , Achmad Yoki Febrima (2024). Analisis Strategi Pemasaran yang Digunakan oleh Usaha Mikro Mogobo Snack Tuban untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 2 no 3 Juni 2024
Nurhidayani, R., Rakib, M., & Dinar, M. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Mikro Kecil (Studi Kasus Pengrajin Batu Tatakan Di Dusun Tampung Cinae Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru). Eprint Unm, 1(1), 2– 3.
Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 238. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077
Riski Putri Anjayani, & Intan Rike Febriyanti. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UMKM YJS Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3610–3617. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1175
Smith, A., & Wang, L. (2021). Enhancing Sales Performance in Foreign Exchange Companies: The Role of Canvassing and Customer-Centric Marketing. International Journal of Money Exchange, 18(2), 45-58. https://doi.org/10.5678/ijme.2021.0079
Pustaka yang berupa judul buku:
Jackson, R. A., & Morrissey, E. (2019). Effective Strategies For Canvassing Marketing: Approaches And Methods. Marketing Insights Press.
Kasmir, (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Andi Offset
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Jakarta: CV. Pustaka Setia.
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2017). Organizational Behavior (16th ed.). Pearson
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. (2017). Investasi Valuta Asing. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Pustaka yang berupa Peraturan Perundang-undangan
Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 690.900-327 Tahun 1996 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Keuangan.
Pustaka yang berupa HandBook:
Financial Services Marketing Association. (2022). Challenges in Implementing Canvassing Strategies in the Financial Sector: A Report on Sales Efficiency and Targeting Issues. Financial Services Marketing Association Report.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

