Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Mie Instan Indomie pada Gen-Z di Jakarta Utara
Abstract
PT Indofood Sukses Makmur memperkenalkan produk mie instan pertama di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan makanan dan minuman dalam kemasan dengan nilai penjualan retail terbesar di Indonesia pada tahun 2022. Kepopuleran Indomie tidak hanya sebatas pada pasar domestik Indonesia melainkan juga telah mencapai pasar internasional sebagai merek terpopuler di dunia pada tahun 2022. Walaupun harus bersaing ketat dengan berbagai merek mie instan, Indomie berhasil mempertahankan dominasinya di pasar dari tahun 2020 hingga 2024 namun rata-rata konsumsi perminggu perkapita di masyarakat Jakarta Utara hanya sebesar 1,287 atau dibulatkan menjadi 1 bungkus perminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk mie instan terhadap loyalitas pelanggan pada generasi Z di Jakarta Utara. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode sampling non-probabilitas dengan menggunakan teknik sampling purposive. Sampel disebarkan kepada 110 responden di Jakarta Utara. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26 dan dianalisis melalui uji regresi linier berganda serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan secara parsial melalui Uji T dengan nilai 5,208 dan 5,537 > dari 1,659 (t hitiung > t tabiel). Lalu melalui Uji F dengan nilai signifikansi (Sig) siebiesar 0,000 < 0,01 yang artinya variabel citra merek dan kualitas produk secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan secara simultan. Kata Kunci: citra merek; kualitas produk; loyalitas pelangganReferences
Adwimurti, Y., & Sumarhadi. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. Https://Journal.Moestopo.Ac.Id/Index.Php/Jmb/
Agustina, A., Suwandewi, A., Tunggal, T., Daiyah, I., Muhammadiyah Banjarmasin, U., Kesehatan Banjarmasin, P., & Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin, S. (2022). Di Kalimantan Selatan. Jis?: Journal Islamic Studies Tahun 2022, 1(1).
Agustina, T. (2014). Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan Dan Dampaknya Pada Kesehatan (Vol. 1, Issue 1).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek. Cv. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm
Spss 26 (9th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro
Hasan, Ali. (2008). Manajemen Pemasaran Dan Marketing. Bandung : Cv.
Alfabeta
Ilahi, A. A. A., Fahimi, M., Hasan, H., & Alimuddin, F. (2022). Influence Of Product Quality, Price And Digital Marketing Against Decision Purchase Motorcycle Yamaha In Mayaraya Motor Makassar. Ilmiah Multidisiplin Amsir.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V9i1.212
Novertiza, E. C. K., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Las Sinar Baru Di Jepara. Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–13.
Patimah, E., & Nurfauzan, M. I. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Alfamart Banjaran Kabupaten Majalengka. Ilmiah Multi Disiplin, 2.
Rizal, A., Fanani, D., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Nike Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol, 41(1).
Sari, C.P., Puji, L. dan R., & Ekonomi Manajemen, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk ( Studi Kasus Pada Industri Tahu Dadi Jaya Di Boyolali Tahun 2020 ). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 2020.
Singarimbun, M. & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survei (Cet.4) Jakarta: LP3ES. ISBN 979-8015-47-9.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:
Cv. Alfabeta.
Supriyatna, Yu. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Jurnal Sains Manajemen, 6.
Tukidi, Romadhon, P., & Adhani, I. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Calmic Indonesia Di Area Jakarta. Management Reseach And Business, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

