Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Mie Instan Indomie pada Gen-Z di Jakarta Utara

Authors

  • Chintya Maharani Salsabila Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Heny Handayani Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

PT Indofood Sukses Makmur memperkenalkan produk mie instan pertama di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan makanan dan minuman dalam kemasan dengan nilai penjualan retail terbesar di Indonesia pada tahun 2022. Kepopuleran Indomie tidak hanya sebatas pada pasar domestik Indonesia melainkan juga telah mencapai pasar internasional sebagai merek terpopuler di dunia pada tahun 2022. Walaupun harus bersaing ketat dengan berbagai merek mie instan, Indomie berhasil mempertahankan dominasinya di pasar dari tahun 2020 hingga 2024 namun rata-rata konsumsi perminggu perkapita di masyarakat Jakarta Utara hanya sebesar 1,287 atau dibulatkan menjadi 1 bungkus perminggu.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk mie instan terhadap loyalitas pelanggan pada generasi Z di Jakarta Utara. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode sampling non-probabilitas dengan menggunakan teknik sampling purposive. Sampel disebarkan kepada 110 responden di Jakarta Utara. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26 dan dianalisis melalui uji regresi linier berganda serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan secara parsial melalui Uji T dengan nilai 5,208 dan 5,537 > dari 1,659 (t hitiung > t tabiel). Lalu melalui Uji F dengan nilai signifikansi (Sig) siebiesar 0,000 < 0,01 yang artinya variabel citra merek dan kualitas produk secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan secara simultan. Kata Kunci: citra merek; kualitas produk; loyalitas pelanggan

References

Adwimurti, Y., & Sumarhadi. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. Https://Journal.Moestopo.Ac.Id/Index.Php/Jmb/

Agustina, A., Suwandewi, A., Tunggal, T., Daiyah, I., Muhammadiyah Banjarmasin, U., Kesehatan Banjarmasin, P., & Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Persada Banjarmasin, S. (2022). Di Kalimantan Selatan. Jis?: Journal Islamic Studies Tahun 2022, 1(1).

Agustina, T. (2014). Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan Dan Dampaknya Pada Kesehatan (Vol. 1, Issue 1).

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek. Cv. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm

Spss 26 (9th Ed.). Semarang: Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. (2008). Manajemen Pemasaran Dan Marketing. Bandung : Cv.

Alfabeta

Ilahi, A. A. A., Fahimi, M., Hasan, H., & Alimuddin, F. (2022). Influence Of Product Quality, Price And Digital Marketing Against Decision Purchase Motorcycle Yamaha In Mayaraya Motor Makassar. Ilmiah Multidisiplin Amsir.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V9i1.212

Novertiza, E. C. K., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Bengkel Las Sinar Baru Di Jepara. Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–13.

Patimah, E., & Nurfauzan, M. I. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Alfamart Banjaran Kabupaten Majalengka. Ilmiah Multi Disiplin, 2.

Rizal, A., Fanani, D., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Nike Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol, 41(1).

Sari, C.P., Puji, L. dan R., & Ekonomi Manajemen, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk ( Studi Kasus Pada Industri Tahu Dadi Jaya Di Boyolali Tahun 2020 ). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 2020.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2011). Metode Penelitian Survei (Cet.4) Jakarta: LP3ES. ISBN 979-8015-47-9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:

Cv. Alfabeta.

Supriyatna, Yu. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon). Jurnal Sains Manajemen, 6.

Tukidi, Romadhon, P., & Adhani, I. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Calmic Indonesia Di Area Jakarta. Management Reseach And Business, 1.

Downloads

Published

2025-12-08

How to Cite

Salsabila, C. M., & Handayani, H. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Mie Instan Indomie pada Gen-Z di Jakarta Utara. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 7(1), 1–14. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/974

Issue

Section

Articles