Implementasi Bauran Pemasaran 7p pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Perwira Bekasi Utara
Abstract
Ritel tradisional semakin berkurang seiring meningkatnya jumlah ritel modern. Hal ini terjadi karena kalah bersaingnya antara ritel modern dan ritel tradisional. Saat ini minimarket dengan warung kelontong sudah menjadi hal yang lumrah dengan jarak yang berdekatan, sehingga industri ritel menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran 7P yang diterapkan warung kelontong madura sebagai upaya dalam menghadapi persaingan usaha di Kelurahan Perwira Bekasi Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama dari warung kelontong madura terletak pada kelengkapan produk. Harga produk cenderung lebih murah. Lokasinya strategis mudah di jangkau dan mudah diakses. Warung kelontong madura tidak memaksimalkan promosi dan online sosial media marketing. Mayoritas pemilik dari warung kelontong madura berada di Madura, sebagian besar pengelola atau penjaga warung satu keluarga berpasangan suami istri ataupun kakak beradik. Jam operasional warung buka sampai 24 jam, sebagian besar warung kelontong madura tidak melayani pesan antar dan hanya menerima pembayaran tunai, dan pengelola warung kelontong madura cenderung dinilai kurang ramah terhadap konsumennya. Bukti fisik penyajian produk ditata rapih menggunakan rak kayu berwarna hijau. Kata Kunci: strategi pemasaran; bauran pemasaran; warung kelontong maduraReferences
Astuti, H., Wijaya, S., & Agustina, M. (2023). Implementasi Marketing Mix 7P Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/ref.v10i2.4416
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta:Deepublish.
Fitriyani, A. (2022). Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha. https://eskripsi.usm.ac.id/.
Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayati, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Bandung:Media Sains Indonesia.
Katadata.co.id. (2023). Jumlah Toko Retail di Indonesia Sebanyak 3,98 Juta pada 2022. Jumlah Gerai Indomaret dan Alfamart Terus Bertambah sampai 2022 (katadata.co.id). Diakses pada tanggal 2 Februari 2024 pukul 19.25
Kholidah, & Ardyansyah, F. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Lamongan untuk Meningkatkan Nasabah dalam Prespektif Pemasaran Syariah. Jurnal Manajemen Dan Perbanan Syariah, 5(2), 121–132. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/banco.v5i2
Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Menguji Marketing Mix 7P terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Jurnal Manajemen, 7(1), 81–94. https://doi.org/https://maker.ac.id/
Raiyan, R. (2023). Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern bagi UMKM di Kota Banda Aceh dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ar-Raniry.Ac.Id.
Ruliq Suryaningsih. (2020). Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir. Iainponorogo.Ac.Id.
Salma, Y. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Produk Bumbu Masak Meurasa di Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/
Wiryaatmadja, G. S. P. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Warung Madura dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengelola Warung di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan. Repository.Uinjkt.Ac.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.