Implementasi Bauran Pemasaran 7p pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Perwira Bekasi Utara

Authors

  • Silfiana Diaz Saputri Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Budi Priyono Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Ritel tradisional semakin berkurang seiring meningkatnya jumlah ritel modern. Hal ini terjadi karena kalah bersaingnya antara ritel modern dan ritel tradisional. Saat ini minimarket dengan warung kelontong sudah menjadi hal yang lumrah dengan jarak yang berdekatan, sehingga industri ritel menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bauran pemasaran 7P yang diterapkan warung kelontong madura sebagai upaya dalam menghadapi persaingan usaha di Kelurahan Perwira Bekasi Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama dari warung kelontong madura terletak pada kelengkapan produk. Harga produk cenderung lebih murah. Lokasinya strategis mudah di jangkau dan mudah diakses. Warung kelontong madura tidak memaksimalkan promosi dan online sosial media marketing. Mayoritas pemilik dari warung kelontong madura berada di Madura, sebagian besar pengelola atau penjaga warung satu keluarga berpasangan suami istri ataupun kakak beradik. Jam operasional warung buka sampai 24 jam, sebagian besar warung kelontong madura tidak melayani pesan antar dan hanya menerima pembayaran tunai, dan  pengelola warung kelontong madura cenderung dinilai kurang ramah terhadap konsumennya. Bukti fisik penyajian produk ditata rapih menggunakan rak kayu berwarna hijau. Kata Kunci: strategi pemasaran; bauran pemasaran; warung  kelontong madura

References

Astuti, H., Wijaya, S., & Agustina, M. (2023). Implementasi Marketing Mix 7P Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/ref.v10i2.4416

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta:Deepublish.

Fitriyani, A. (2022). Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha. https://eskripsi.usm.ac.id/.

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayati, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Bandung:Media Sains Indonesia.

Katadata.co.id. (2023). Jumlah Toko Retail di Indonesia Sebanyak 3,98 Juta pada 2022. Jumlah Gerai Indomaret dan Alfamart Terus Bertambah sampai 2022 (katadata.co.id). Diakses pada tanggal 2 Februari 2024 pukul 19.25

Kholidah, & Ardyansyah, F. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Bank Syariah Indonesia Lamongan untuk Meningkatkan Nasabah dalam Prespektif Pemasaran Syariah. Jurnal Manajemen Dan Perbanan Syariah, 5(2), 121–132. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/banco.v5i2

Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Menguji Marketing Mix 7P terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Sukoharjo. Jurnal Manajemen, 7(1), 81–94. https://doi.org/https://maker.ac.id/

Raiyan, R. (2023). Analisis Dampak Keberadaan Ritel Modern bagi UMKM di Kota Banda Aceh dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ar-Raniry.Ac.Id.

Ruliq Suryaningsih. (2020). Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ferdi Putra Grosir. Iainponorogo.Ac.Id.

Salma, Y. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Produk Bumbu Masak Meurasa di Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/

Wiryaatmadja, G. S. P. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Warung Madura dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pengelola Warung di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan. Repository.Uinjkt.Ac.Id

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Diaz Saputri, S. ., & Priyono, B. (2024). Implementasi Bauran Pemasaran 7p pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Perwira Bekasi Utara. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 6(1), 43–50. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/776

Issue

Section

Articles