Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Respons Masyarakat Pengguna Layanan Informasi Direktorat Jenderal Pajak

Authors

  • Anita Anita Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Ade Harsyeno Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Kebijakan dan peraturan terkait perpajakan di Indonesia bersifat dinamis yang dapat berubah mengikuti perkembangan perekonomian dunia. Salah satu perkembangan teknologi yang tengah ramai digunakan masyarakat adalah media sosial. Media sosial menjadi solusi penyampaian informasi yang efektif dan efisien pada saat ini. Selain mudah dijangkau oleh masyarakat, media sosial dapat menjadi sarana komunikasi yang menyenangkan. Direktorat Jenderal Pajak sebagai institusi pemerintah yang bertugas menyusun kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai salah satu kanal penyedia layanan informasi tentang perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media sosial Instagram @ditjenpajakri terhadap respons masyarakat pengguna layanan informasi Direktorat Jenderal Pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Penelitian Kuantitatif. Penelitian menggunakan Teori 4C (Context, Communication, Collaboration, Connection) untuk mengukur media sosial sebagai variabel bebas. Hasilnya indikator  communication memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan indikator lain. Sedangkan untuk mengukur respons masyarakat pengguna layanan informasi Direktorat Jenderal Pajak menggunakan Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hasil menunjukan bahwa indikator  desire memiliki nilai paling rendah dibanding dengan indikator lainnya. Direktorat Jenderal Pajak melalui akun Instagramnya yaitu @ditjenpajakri melakukan sebuah komunikasi dengan wajib pajak dalam memberikan informasi terkait kewajiban maupun informasi pajak lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan media sosial Instagram @ditjenpajakri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap respons masyarakat pengguna  layanan informasi Direktorat Jenderal Pajak. Kata Kunci : media sosial, respons masyarakat, pajak

References

Arenggoasih, W. & Khabibah, I. (2019). Characteristic of Interaction Stimulant Factors Analysis on Social media Instagram Account @ditjenpajakri. Interdiciplinary Journal of Communication.

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita.

Budidharmanto, LP. (2019). Millenials Mind of Tourism. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Cross, Michael. (2014). Social Media Security: Leveraging Social Networking While Mitigating Risk. USA: Syngress is an imprint of Elsevier.

Douglas A. Lind, William G. Marchal, Samuel Adam Wathen. (2008). Statistical Techniques in Bussiness and Economics with Global Data Sets, 13th ed (terjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Ria Estiana, Nurul Giswi Karomah, Teddy Setiady. (2022). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Pada UMKM. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Rahayu, N., Suryanto, A., Andriansyah, A., & Irawati, E. (2022). Measuring the Effectiveness of State Civil Apparatus Training. Research Horizon, 2(5), 543–554.

Rizki, M., & Sri, T. (2020). The Impact of Regional Regulation Changes on Traditional Markets in the Capital City of Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(4), 1259–1272.

Hidayah, N. & Esfandari, DA. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Akun @duniakulinerbdg Terhadap Minat Penggunaan Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner. E-Proceeding of Management : Vol. 6, No. 1.

Joe F. Hair, Mary Celsi, Arthur Money, Phillip Samouel, Michael Page. (2016). Essentials of Bussiness Research Methods Third Edition. New York : Routledge.

Kotler and Keller. (2012). Manajemen Pemasaran: Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mangold, WG. & Faulds, DJ. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix. Article Bussines Horizons.

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Olivia, N. & Rusdi, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosisal @kemendagri Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Publik. Kiwari : Vol.1, No. 1.

Santi Maria Indah Setyawati, Andre Noevi Rahmanto, Ign. Agung Satyawan. (2021). Persuasive Communication of Indonesian Government for Tax Compliance Gaining During the COVID-19 Pandemic: Study on Message Posted at Instagram Account @ditjenpajakri. International Journal of Research an Innovation in Social Science.

Solis, Brian. (2011). Engage!: The Complete Guide for Brands and Bussiness to Build, Cultivate, and Measure Succes in the New Web. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Suryanto, A., Firdaus, M., Aswi, A., & Tamsir, F. A. (2023). The Challenges and Opportunities in the Implementation of E-learning for Competence Development of State Civil Apparatus. Information Sciences Letters, 12(5), 2165–2175. https://doi.org/10.18576/isl/120551

Suryanto, A., Fitriati, R., Natalia, S. I., Oktariani, A., Munawaroh, M., Nurdin, N., & AHN, Y. hoon. (2022). Study of working from home: the impact of ICT anxiety and smartphone addiction on lecturers at NIPA School of Administration on job performance. Heliyon, 8(12), e11980. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11980

Suryanto, A., Nurdin, N., Irawati, E., & Andriansyah. (2023). Digital transformation in enhancing knowledge acquisition of public sector employees. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 117–124. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.11.011

Tri Djoko Sulistiyo, Rina Fitriana, Catherina Lee. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosisal Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Sinta: Jurnal Ekonomi Vol. 21 No. 2.

Supriyanto. & Fitria, NJL. (2022). Menelaah Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan Layanan Informasi Pemerintah Kota Probolinggo Melalui Media Sosial. NeoRespublica : Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 3, No. 2.

Ahmad Syafii, Mira Hastin, Salmiah, Muhammad Fitri Rahmadana, Lora Ekana Nainggolan, Sudung Simatupang, Noni Rozaini, Khairul Azwar, Agus Nurofik. (2020). Ekonomi Mikro. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Nurudin, Adelia Septiani Restanti Tania, Aulia Fitria. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Intrans Publishing Group.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Survei Profil Internet Indonesia 2022. Diakses pada 08 Agustus 2022, dari https://apjii.or.id/survei.

Kemp, Simon. (2022). Digital 2022: Indonesia. Diakses pada 08 Agustus 2022, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Wenas, VV. (2018). Pengaruh Social Media Instagram Sebagai Metode Pemasaran Terhadap Minat Beli. (Skripsi Sarjana, Universitas Brawijaya, 2018). Diakses dari http://repository.ub.ac.id/163518/1/Veshia%20Virginia%20Wenas.pdf.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87/PMK.01/2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 217/PMK.01/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan. Jakarta.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61. Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Anita, A., & Harsyeno, A. . (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Terhadap Respons Masyarakat Pengguna Layanan Informasi Direktorat Jenderal Pajak. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 5(2), 121–132. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/711

Issue

Section

Articles