Strategi Pemasaran Wisma Handayani
Abstract
Pemanfaatan Wisma Handayani sebagai barang milik negara yang dapat disewakan kepada masyarakat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penerimaan negara bukan pajak. Namun, tingkat hunian kamar di Wisma Handayani masih rendah jika dibandingkan dengan hotel bintang di sekitarnya. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah perlu mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan hunian kamar Wisma Handayani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Wisma Handayani Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penelaahan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Wisma Handayani masih belum cukup baik. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah aspek promosi. Aktivitas pemasaran yang minim, hanya menggunakan brosur, menyebabkan terbatasnya informasi tentang Wisma Handayani dan rendahnya kesadaran masyarakat tentang keberadaannya. Oleh karena itu, disarankan untuk merekrut petugas pemasaran dan memanfaatkan media sosial dalam melakukan promosi. Selain itu, aspek price khususnya metode pembayaran juga perlu diperbarui. Metode pembayaran yang belum mengikuti perkembangan zaman menjadi salah satu kekurangan yang perlu diperhatikan. Disarankan untuk menyediakan metode pembayaran yang lebih beragam, seperti QRIS dari dompet digital selain DANA. Dalam hal produk, Wisma Handayani telah memenuhi ekspektasi pelanggan dengan rating bintang 4,5 dari 5 berdasarkan ulasan Google. Namun, aspek place atau saluran distribusi masih memiliki kekurangan. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa kekurangan dari saluran distribusi langsung yang diterapkan oleh Wisma Handayani. Dalam rangka meningkatkan hunian kamar Wisma Handayani, perlu melakukan perbaikan pada aspek-aspek yang telah disebutkan di atas. Dengan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan optimal, diharapkan Wisma Handayani dapat meningkatkan penerimaan negara bukan pajak dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi negara. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Wisma HandayaniReferences
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:
Ayu, dkk (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pada Hotel di Era New Normal. Journal of Research Business and Tourism Volume 2, Nomor 1, June 2022. Diakses 14 September 2023, dari Institut Komunikasi dan LSPR, Jakarta, Indonesia.
Atmoko (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation Volume 1, Nomor 2, Oktober 2018. Diakses 14 September 2023, dari Akademi Pariwisata Yogyakarta.
Maisah, dkk (2020). Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Informasi Volume 1, Issue 4, March 2020. Diakses 17 September 2023, dari https://dinastirev.org.
Maya Ida, dkk (2018). Strategi Pemasaran Hotel-Budget Dalam Meningkatkan Occupancy Rate Sebagai Hotel Strat-Up Di Kota Surabaya (Studi Kasus Pada Hotel Oriza). Media Mahardika Vol. 16 No. 2 Januari 2018. Diakses 14 September 2023, dari STIE Mahardika Surabaya.
Pustaka yang berupa judul buku:
A. Muri Yusuf. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Anggoro, Toha. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Anwar, Sanusi. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.
Armstrong, Kotler (2016). Marketing An Introduction, Edisi 13. USA: Pearson Education.
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. edisi revisi, Penerbit : Rajawali Pers. Jakarta.
Febriani, Nufian S & Wayan Weda Asmara Dewi. (2018). Teori dan Praktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research Dilengkapi Contoh, Proses Hasil 6 Pendekatan Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Indonesia.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ibrahim, A., Alang, A.H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Cetakan I. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Irawan, Handi. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Kotler Philip, dan Gary Armstrong. (2018). Principles of Marketing, Global Edition, 17th Edition. Pearson Education.
Morrison, A. M. (2022). Tourism Marketing in the Age of the Consumer. New York: Routledge.
Murniati & Bawono, Suryaning. (2020). Marketing Strategy For Hotel Business: The Secret Of Improving Hotel Marketing Performance in the Tourism Industry. Banyuwangi: PT Frost Yunior.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2016). Service Quality dan Satisfaction, Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi.
Utama, R.E., Gani, N.A., Jaharuddin, & Priharta, A. (2019). Manajemen Operasi. UM Jakarta Press.
Wilson, A., Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2021). Services Marketing (4th ed.). McGraw Hill..
Peraturan Perundang-Undangan:
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Tentang Pemanfaatan Barang Milik Negara (Permenkeu Nomor 115/PMK.6/2020 Tahun 2020). Jakarta, DKI:Peneliti. Diakses dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id
Website:
Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Bintang di DKI Jakarta. Diakses pada 10 September 2023, dari https://www.bps.go.id/indicator/16/122/6/tingkat-hunian-kamar-pada-hotel-bintang.html
Google Review. (2023). Review Summary Wisma Handayani. Diakses dari https//www.google.com/reviewsummary/wisma-handayani
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.