Pengaruh Ketersediaan Informasi KRL Access dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek

Authors

  • Donna Azzahra Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Budi Priyono Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Peneliti memutuskan untuk menggunakan KRL Commuter Line sebagai bahan penelitian disebabkan KRL Commuter Line merupakan salah satu transportasi yang digunakan dalam melakukan commuting. Tidak hanya itu, penulispun melihat masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh perusahaan dalam segi kualitas sarana maupun prasarana, salah satunya yaitu eskalator yang terkadang tidak dapat digunakan dan kegagalan pada saat memasuki aplikasi KRL Access. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Selain itu, peneliti melakukan penyebaran kuesioner untuk mencari data yang dibutuhkan, penyebaran kuesioner dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menyebarkan link gform pada sosial media dan mencari responden sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna KRL Commuter Line sedangkan sampel yang digunakan ialah pengguna KRL Commuter Line di Jabodetabek dengan jumlah sampel 105 responden. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang ada pada penelitian yaitu Ketersediaan Informasi berpengaruh secara positif terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan, dan yang terakhir Ketersediaan Informasi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.Kata Kunci: ketersediaan informasi; kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan

References

Along, A. 2020. Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP).

Aswiputri, M. 2022. LITERATURE REVIEW DETERMINASI SISTEM INFORMASI MAJAEMEN: DATABASE, CCTV DAN BRAINWARE. JURNAL EKONOMI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI (JEMSI), 3(3).

Badan Pusat Statistik. 2021. STATISTIK MOBILITAS PENDUDUK DAN TENAGA KERJA 2021. Badan Pusat Statistik/BPS-Statistics Indonesia.

Badan Pusat Statistik. 2022. Jumlah Penumpang Kereta Api (Ribu Orang), 2018-2022. Retrieved from https://www.bps.go.id/indicator/17/72/4/jumlah-penumpang-kereta-api.html

Basuki, Shalahuddin, & Khoirunnisa, S. 2023. Pengaruh Mutu Layanan, Persepsi Harga, Faktor Emosional dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api DAOP VI Yogyakarta. Journal Management, Business, and Accounting, 75.

Indrasari, M. 2019. PEMASARAN & KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.

Marginingsih, R., Susilowati, I., & Widiyanti, W. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Melalui Pelayanan Informasi Pada Aplikasi KRL Acces. Jurnal Ecodemica, 4.

Nur Hidayah, Y. 2023. PENGARUH E-SERVICE QUALITY, KEMUDAHAN PENGGUNAAN VENDING MACHINE DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KERETA REL LISTRIK (KRL) YOGYAKARTA-PALUR. 12.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. 2023. Mendagri Terbitkan Instruksi Pengendalian Pencemaran Udara di Jabodetabek. Retrieved from https://setkab.go.id/mendagri-terbitkan-instruksi-pengendalian-pencemaran-udara-di-jabodetabek/

Sodikin, D., & Ganda. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 3, 2.

Supriatno, D., & Romadhon, I. 2017. PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PELAJAR. Jurnal Paradigma Madani, 4.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Azzahra, D. ., & Priyono, B. . (2023). Pengaruh Ketersediaan Informasi KRL Access dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 5(2), 93–102. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/709

Issue

Section

Articles