Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Raa Cha Suki & BBQ Mall Plaza Atrium
Abstract
Permasalahan pada Restoran Raa Cha Suki & BBQ Mall Plaza Atrium diketahui sejak tahun 2023 dengan adanya penurunan pengunjung yang disebabkan akibat ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Raa Cha Suki & BBQ Mall Plaza Atrium. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian asosiatif kausal. Sumber data dengan mencakup data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dari 100 responden Restoran Raa Cha Suki & BBQ Mall Plaza Atrium data sekunder berupa mengumpulkan data-data dari laporan penelitian, buku ilmiah, artikel, jurnal yang berkaitan dengan penelitian, dan laporan keuangan pada Restoran Raa Cha Suki & BBQ Mall Plaza Atrium, serta metode pengolahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian uji parsial, variabel kualitas pelayanan menunjukkan bahwa thitung 2,134 > ttabel 1,66088 dan sig 0,035 < 0,1 artinya secara parsial memiliki pengaruh signifikan positif, variabel harga menunjukkan bahwa thitung 1,274 < ttabel 1,66088 dan sig 0,206 > 0,1 artinya secara parsial memiliki pengaruh signifikan negatif, variabel kepercayaan menunjukkan bahwa thitung 1,863 > ttabel 1,66088 dan sig 0,065 < 0,1 artinya secara parsial memiliki pengaruh signifikan positif. Hasil uji simultan tiga variabel independen menunjukkan bahwa fhitung 6,469 > ftabel 2,70 artinya secara simultan kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: petunjuk penulisan; jurnal good governance; template artikelReferences
Amahorseja, A. R., & Aidi, B. H. (2018). Uji Kelayakan Konsumsi Ikan Salmon (Oncorhynchus Masou) Mentah Pada Restoran Kuliner Jepang, Jakarta Selatan. Bunga Rampai Saintifika FK UKI, 6, 17–21.
Anita Yeni. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Persfektif Ekonomi Islam (Studi Pada Bisnis Online Shop: Shopee,Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada di Kota Pekanbaru). In Uin Suska Riau.
Febri, E., Sudarwanto, T., & Prio Santoso, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Bakso Mama 1 Jombang. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 164–180. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.100
Hilmi, R., & Karsudjono, A. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen PT. Kaltrabu Indah Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 523–537. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i4.362
Keisha, D. S., Inggriantara, A., & Camila, B. (2022). Usulan Strategi Penetrasi Untuk Kokei Sebagai Bisnis Start-Up Di Kota Bekasi. 79–95.
Kusnandar, V. B. (2022). Industri Makanan dan Minuman Nasional Mulai Bangkit dari Pandemi Covid-19. Katadata, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/31/industri-makanan-dan-minuman-nasional-mulai-bangkit-dari-pandemi-covid-19
Lampengan, P., Massie, J. D. D., & Roring, F. (2019). Pengaruh Motivasi Kepercayaan dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Pengguna Online Shop Zalora Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT Manado. 7(4).
Mandira, D. ajeng, Suliyanto, & Alisatri, N. (2018). The Influence Customer Trust, Service Quality, and Perceived Price on Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Journal of Research in Management, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.32424/jorim.v1i1.16
Meliana, U., Tati, H., & Pusporini. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Loyalitas Nasabah. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(2), 77. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i2.377
Muhammad, F., Maskan, S. E., & Bida, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Brotta Suki Dan Bbq-Jakarta Pusat. Jurna IKRAITH, 4(1), 75–83. http://repository.upi-yai.ac.id/2909/
Pariwisata, R. O., Anggika, L. K., & Marisa, M. (2018). PELAYANAN RESTORAN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN: Studi Pengendalian Mutu di Restoran D’Ayam Crispy Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 1(01), 11–22.
Polgan, J. M., Gozali, G., & Balikpapan, P. N. (2021). 12586-Article Text-12167-2-10-20230622. 12, 45–52.
Pujayanti, A. (2017). Gastrodiplomasi – Upaya Memperkuat Diplomasi Indonesia. Jurnal DPR RI, 8(1), 325–332.
Rooroh, C., Moniharapon, S., & Loindong, S. (2020). Pengaruh Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Cafe Casa De Wanea Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 130–139.
Septiana, M. D. G., & Zaim, I. A. (2023). Dampak Servicescape Terhadap Intensi Kunjungan Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Restoran Selaras. 1(2), 266–274. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb
Siburian, E. S., Gosal, R., & Monintja, D. K. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat di Kantor Kelurahan Sinaksak Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Jurnal Governance, 1(1), 1–10.
Srisusilawati, P., Burhanuddin, J., Trenggana, A. F. M., & Anto, M. A. (2023). Loyalitas Pelanggan. In Widina Bhakti Persada Bandung (1st ed.). Widina Bhakti Persada.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan (1st ed.). Andi.
Yunsepa, Y., Anwar, Y., & Triyudi, E. (2020). Pengaruh Harga Kopi Terhadap Pendapatan Petani Pada Distributor Al-Azaam di Kecamatan Sungai Are Kabupaten Oku Selatan. Kolegial, 8(1), 1–11.
Sari, A. N. (2022). Kementerian Keuangan. Diambil kembali dari Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan-Minuman-di-Indonesia.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.