STRATEGI PELAYANAN PRIMA GUNA MEWUJUDKAN KEPUASAN PELANGGAN ANGGOTA PRIMER KOPERASI KARTIKA DAYA MANDIRI DETASEMEN MARKAS BESAR ANGKATAN DARAT (DENMABESAD)

Main Article Content

Tri Yulia Yulia Wati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan prima guna mewujudkan kepuasan pelanggan anggota primer koperasi Kartika Daya Mandiri Detasemen Markas Besar Angkatan Darat (Denmabesad). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek penelitian berdasarkan konsep A6 yang terdiri dari: (1) kemampuan (Ability) (2). sikap (Attitude), (3) penampilan (Appearance), (4) perhatian (Attention), (5) tindakan (Action), dan (6) Tanggungjawab (Accountability). Hasil penelitian berdasarkan hasil evaluasi wawancara bahwa strategi pelayanan prima, yaitu: 1) memiliki kemampuan dasar: (a) melakukan komunikasi yang efektif, (b) memiliki pengetahuan. (c) memahami SOP untuk menangani keluhan. (e) memiliki kemampuan untuk memotivasi dirinya. 2) melayani pengunjung berdasarkan penampilan, berpikiran yang positif dan sikap menghargai, 3) penampilan rapi dan baik tidak berlebihan, akan memberikan kesan, sehingga akan timbul rasa kagum, simpati, dan hormat. 4) berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan atau kepuasan dan keinginan, 5) selalu merespon dengan cepat, tepat dan selalu berupaya memenuhi kebutuhan anggota primer, tidak memilih-milih, juga tidak pernah menyatakan sibuk dalam melayani, 6) memberikan kemudahan dalam melakukan pengaduan, dimulai dari awal transaksi sampai berakhirnya masalah yang dihadapi. Untuk itu penulis menyarankan untuk memberikan pelayanan terhadap anggota primer koperasi Kartika Daya Mandiri diperlukan upaya peningkatan pelayanan prima dari berbagai aspek yakni: kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab. Selain itu diperlukan pelayanan secara cepat, tepat, dan memadai serta penyampaian komunikasi yang baik, dan juga perlu disediakannya peralatan yang mendukung kegiatan pelayanan, serta  Melakukan sosialisasi strategi pelayanan prima, berupa a) strategi pelayanan sarana dan prasarana, b) strategi pelayanan brosur atau promosi, c) strategi pelayanan jemput bola, agar semakin dikenal melalui berbagai strategi pemasaran produk-produk koperasi dengan tepat sasaran guna terciptanya kepuasan anggota primer koperasi.Kata kunci : Strategi Pelayanan Prima, Kepuasan Pelangga

Article Details

Section
Articles

References

Barata, Atep Adya, (2022), Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, Jakarta, Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Creswell, John W. (2010). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Penerbit Pustaka pelajar

Daryanto, & Ismanto Setyobudi, (2022). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit: Gava Media

Denim, Sudarwan (2013), Menjadi Peneliti Kualitatif, Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa dan Peneliti Pemula Bidang Ilmu-Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, Bandung; Penerbit CV. Pustaka Setia.

Gunawan, Imam (2016), Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta, Penerbit: Bumi Aksara

Hardiyansyah, (2011), Kualitas Pelayanan Publik. Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hutasoit, (2011), Pelayanan Publik Teori dan Aplikasi. Jakarta. Magna Script Publishing.

Irawan, (2004), Pengantar Ekonomi Perusahaan, Yogyakarta: Penerbit BPFE-UGM

Jatmiko, Rahmad Dwi. (2003), Manajemen Stratejik, Edisi Pertama.

Malang: UMM Press.

Kasmir, (2011), Etika Customer Service. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Lembaga Administrasi Negara-RI, (2003), Penyusunan Standar Pelayanan Publik.

Jakarta, Lembaga Administrasi Negara;

Lukman, Sampara, (2004), Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta. STIA- LAN Press.

Moleong, Lexy J. (2016), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi Bandung, Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

____________ (2013), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi Bandung, Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nasution M. Nur, (2001) Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management (Edisi 3) Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia BIndonesia.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Mehods (3 ed.). California: Sage Publishing.

Pasolong, Harbani (2017), Teori Administrasi Publik, Bandung, Penerbit Alpabeta.

Priansa, Doni Joni, (2017), Manajemen Pelayanan Prima, Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Pembelotan dan Membangun Cutomer Loyality, yang dilengkapi contoh-contoh kuesioner penilaian pelayanan, studi kasus, tips serta kiat pelayanan bagi petugas dan pelaku bisnis, Yogyakarta, Penerbit Graha Ilmu.

____________, (2013). Manajemen Pelayanan Prima.Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Rangkuti Freddy, (2003), Measuring Customer Satisfaction Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Solihin Ismail, (2012), Manajemen Stratejik, Jakarta, Penerbit Erlangga. Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung. Penerbit, Alfabeta

_____________, (2015), Metode Penelitian Metode Komperhensif, Bandung: Penerbit Alfabeta, Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia (2015), Pelanggan Puas? Tak Cukup! Edisi Pertama, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy (a), (2014), Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Penerbit CV. Andi Offset.

_____________(b), (2005), Strategi Pemasaran I, Edisi Kedua, Yogyakarta

Penerbit Andi Offset.

Triton, PB, (2011), Manajemen Strategis Terapan Perusahaan dan Bisnis,

Jakarta, Penerbit Oryza.

Usman. Husaini.2009. Metodologi Penelitiam Sosial. Jakarta: Penerbit

Bumi Aksara.Winarsih, Septi, Atik, & Ratminto, (2014). Manajemen Pelayanan.

Pengembangan Model Konseptual Penerapan Citizen’s Charter dan

Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Peraturan Perundang-Undangan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Publik