INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK DI DPM PTSP KOTA BANDUNG

Authors

  • Rindri Andewi Gati Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pelayanan berbasis elektronik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tipologi inovasi, pelayanan publik, dan e-government. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian bertempat di DPM-PTSP Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tipologi inovasi dari Muluk, pelayanan perizinan di DPM-PTSP Kota Bandung menunjukkan adanya inovasi pelayanan publik. Dari sisi inovasi produk, pengantaran dokumen sampai ke pemohon merupakan hal baru dan tidak ada dalam prosedur lama. Inovasi proses mengedepankan proses yang minim penggunaan kertas, terintegrasi, dan serba daring. Inovasi metode pelayanan dilihat dari pelayanan berbasis web dan aplikasi gawai yang dapat diakses dengan mudah. Inovasi strategi kebijakan ditunjukkan dengan adanya deregulasi sebagai jaminan perlindungan hukum. Inovasi sistem ditunjukkan dengan adanya penataan ulang dan pemakaian sistem elektronik mmbuat aspek tugas dan tanggung jawab menjadi lebih jelas. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi lesson learned bagi pemerintah daerah lain dalam implementasi SPBE sehingga dapat meningkatkan kualitas implementasi SPBE di pemerintah daerahnya masing-masing.Kata Kunci: inovasi, pelayanan publik, pelayanan perizinan elektronik

References

Bhagavan, M.R dan Virgin, I (2004). Generic Aspects of Institutional Capacity Development in Developing Countries. Stockholm: Stockholm Environment Institute.

Chalid, Pheni. (2005). Keuangan Daerah, Investasi, dan Desentralisasi: Tantangan dan Hambatan. Jakarta: Kemitraan Partnership.

Cheema, G.S. (1980a). Introduction in G.S. Cheema (ed). Institutional Dimensions of Regional Development. Hong Kong: United Nations Center for Regional Development.

Halvorsen, Thomas, et al. (2005). On the Differences between Public and Private Sector Innovations. Publin Report. Oslo.

Hilderbrand, M.E. and Grindle, MS. (1997). Building Sustainable Capacity In The Public Sector: What Can Be Done? In M.S. Grindle (ed), Getting Good Government: Capacity Building In The Public Sectors Of Developing Countries. Harvard University Press. Harvard:30-61.

HukumOnline (2015). PTSP Berikan Kepastian Tenggat Waktu Perizinan. (diakses pada 2 April 2020) (https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt54d7018788f0f/ptsp-berikan-kepastian-tenggat-waktu-perizinan/)

Indrajit, Richardus Eko (2004). Electronic Government, Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Mulgan and Albury, David. (2003). Innovation in the Public Sector. Discussion paper. The Mall. London

Mouw, Erland (2013). Kualitas Pelayanan Publik di Daerah. Jurnal. UNIERA. Vol. 2. No. 2.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Peraturan Menteri Nomor 41/PER/MEN.KOMINFO/11/2007 tahun 2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Schware, Robert and Deane, Arsla (2003) Deploying E-Government Programs: The Strategic Importance of “I†befor “Eâ€. Info. Vol. 5. No. 4. Pp. 10-19. Available in (https://pdfs.semanticscholar.org/4f09/47df4b6df5fe43abe28c7580fe9bb563c73f.pdf)

Simbolon, Corry Margaretha. (2012). Kualitas Pelayanan Perizinan Investasi (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Perizinan Investasi Berdasar Standar Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Universitas Airlangga.

Steer, Liesbet. (2006). Business Licensing and One Stop Shops in Indonesia. Publikasi. The Asia Foundation.

Suwarno, Yogi. (2005). The Emergence of Public Participation in Contemporary Indonesia; Co-production Role of Neighborhood Association in Delivering Public Services. Master Thesis. GSPA-ICU. Tokyo.

Suwarno, Yogi. (2016). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA LAN.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

UNDP (1997). Capacity Development. New York:United Nations Development Programmes.

United Nations (2018) E-Government Survey 2018: E-Government for the Future We Want. Available in (https://publicadministration.un.org/egovkb/Portals/egovkb/Documents/un/2018-Survey/E-Government%20Survey%202018_FINAL%20for%20web.pdf

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Gati, R. A. (2022). INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ELEKTRONIK DI DPM PTSP KOTA BANDUNG. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 4(1), 37–46. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/445

Issue

Section

Articles