Analisis Penerapan Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kinerja Dosen Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)

Main Article Content

Shyfa Fauziyah
Porman Lumban Gaol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Knowledge Management pada model SECI (Socialization, Eksternalization, Combination dan Internalization) sebagai salah satu strategi sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam hal ini pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh dosen di Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk membahas permasalahan penelitian secara mendalam. Penelitian ini menganalisis penerapan knowledge management melalui model SECI untuk dapat memperoleh informasi terkait dengan penerapan knowledge management dalam proses penciptaan pengetahuan. berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan knowledge management pada bagian proses socialization terdapat sistem attachment dan diskusi kasus yang dilaksanakan secara online dan offline namun rapat rutin divisi hampir tidak pernah dilaksanakan kembali dikarenakan lemahnya kebijakan pimpinan dan beban kerja yang berlebih. Pada model Eksternalization semua kegiatan diskusi dirangkum kedalam sebuah notulensi rapat namun belum terdokumentasi dengan baik untuk kegiatan lainnya. Pada model Combination terdapat kegiatan rutin nephrology meeting dan journal reading yang sudah difasilitasi media komunikasi digital. Dan pada model Internalization dosen memiliki hambatan dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi karena beban kerja yang berlebih.
Kata Kunci : Knowledge Management, Model SECI, Tridharma Perguruan Tingg

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo

Abell, Angela dan Nigel Oxbrow. 2001. Computing with Knowledge: The Information Professional in the Knowledge Management Age. Library Association Publication, London.

Bambang Guritno dan waridin (2005) Guritno,. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja. JRBI. Vol 1. No 1. Hal: 63-74

Carillo et al. 2004. Knowledge Management System Performance Measure Index. Pergamon Press, Inc. Tarrytown, NY, USA.

Davidson, Carl, Philip, Voss. 2002. Knowledge Manegement An Introduction to Creating Competitive Advantage From Intellectual Capital. New Zealand: Tandem Press

Douglas, Emery. dan John, Finnerty. 1997. Corporate Financial Management, International Edition. New Jersey: Prentice Hall

Emery, D. R., dan J. D. Finnerty. 1997. Corporate Financial Management. Prentice Hall Inc.

Faruq, Mochamad Ammar, dan Indrianawati Usman. "Penyusunan strategi bisnis dan strategi operasi usaha kecil dan menengah pada perusahaan konveksi scissors di surabaya." Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 7:3 (Desember 2014): 173-197.

Guritno, Bambang, Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja. Jakarta: JRBI.

Hasibuan, E.A & Afrizal. 2019. Analisis Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 5(1). 22-41.

Nonaka, I., Ichijo, K. 2007. Knowledge Creation and Management: New Challenges for Managers. Oxford University press (Ed). Pustaka Utama.

Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.: Alfabeta. Bandung.

Honeycutt, J. 2002. Knowledge management strategies; Strategi manajemen

pengetahuan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Muhammad Rosyihan Hendrawan. 2020. Manajemen Pengetahuan. UB

Press.Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Megantoro, R. G., M. Miyasto, dan M. Rahardjo. (2014). “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Knowledge management Sebagai Variabel Mediating (Studi Empiris Pada Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (Bpkp))”. Diponegoro University.

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Prawirosentono, Suyadi. 1999. Manajemen sumber Daya Manusia ( Kebijakan Kinerja Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Nazir, Mohammad,Ph.D. 2011. Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2006. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rivai, Veithzal. 2005. Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta, CV.

Tiwana, Amrit. 2002. The Knowledge Management Toolkit : Orchestrating IT,Strategy and Knowledge Platform 2nd edition. Upper Saddle River: Prentice Hall.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012).