Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Peran Kepala Sekolah di Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Komering Ilir

Main Article Content

Ratna Hustati

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk menjelaskan dampak jangka pendek implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 6 Tahun 2018. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk menguatkan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan instrument Evaluasi Diri Sekolah, karya tulis pengembangan mutu pendidikan dan data sekunder lainnya sebagai bahan analisis. Sampel penelitian sebanyak dua unit Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambutan Kabupaten Banyuasin dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lempuing Kabupaten Ogan Komering Iliryang masing-masing kepala sekolahnya telah mengikuti pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolahsebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 6 Tahun 2018. Temuan penelitian menunjukkan relatif belum ada perubahan yang cukup berarti dari peningkatan kompetensi manajerial kepala sekolah. Secara normatifoutput yang diinginkan dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 6 Tahun 2018 dapat tercapai tetapi tidak memberikan dampak yang cukup berarti.Penelitian menyarankan untuk meningkatkan kompetensi kultural selain manajerial. Kata kunci:evaluasi diri sekolah, manajerial kepala sekolah, pengembangan mutu pendidikan

Article Details

Section
Articles

References

BNSP. 2019a. Standar Nasional Pendidikan (diakses dari http://bsnp-indonesia.org/standar-nasional-pendidikan/).

BNSP. 2019b. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (http://bsnp-indonesia.org/standar-pendidikan-dan-tenaga-kependidikan/).

C.P. Hales. 1986. What do Manager do? A Critical Review of the Eviden. Journal of Management Studies 23(1). doi: 10.1111/j.1467-6486.1986.tb00936.x.

Dadang Suhardan. 2007. Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. Educationist Vol. 1 No. 1 2007, ISSN 1907-8838.

Ester Manik dan Kamal Bustoni. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship Vol. 5 No. 2 2011, ISSN 2443-0633.

H.E. Mulyasa. 2017. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT. Bumi Aksara. ISBN 978-602-217-000-6.

Hendarman dan Rohanim. 2018. Kepala Sekolah sebagai Manajer: Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya. ISBN 978-602-446-266-6.

KBBI. 2019. Manajer (diakses dari https://kbbi.web.id/manajer).

Leigh, Andrew & Mead, Sara. 2005. Lifting Teacher Performance: Policy Report 2005. Australia: Progressive Policy Institute.

Mazmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. 1983. Implementation and Public Policy. Scott Foresman and Company, USA.

Pigozzi, Mary Joy. 2007. Quality in Education Defines ESD. Journal of Education for Sustainable Development. 1(1). hlm. 27-35.

Puslatbang KHAN. 2015. Pengembangan Sosio Kultural Bagi Pegawai ASN di Daerah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Biaya Operasi Nonpersonalia Tahun 2009 untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Supriyadi, Oding. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Layanan Terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6(2). hlm. 98-111.

Sallis, Edward. 2005. Total Quality Management in Education. London Taylor & Francis e-Library.

Sa’ud, Udin, S. 2008. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Rosda

Scheerens, Jaap. dkk. 2011. Perspectives on Educational Quality. New York: Springer

Supardi. 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syamsuddin Makmun, Abin. 1999. Pengembangan Profesi dan Kinerja Tenaga Kependidikan. Bandung: PPS IKIP (Program Pasca Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung.

Wahab, Solichin A. 1991. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Bumi Aksara Jakarta.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Media Pressindo: Yogyakarta