STUDI IMPLEMENTASI GOVERNMENT MARKETING UNTUK MENINGKATKAN EFFEKTIVITAS TRANSIT-ORIENTED DEVELOPMENT (TOD)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurbin Tumbur Togar PH
Nurliah Nurdin
Firman Hadi Rivai

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan government marketing dalam pelaksanaan Transit-Oriented Development (TOD) di DKI Jakarta, khususnya di kawasan Dukuh Atas. TOD merupakan pendekatan tata kota yang berfokus pada pengembangan kawasan yang terintegrasi dengan moda transportasi umum, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Dengan latar belakang tingginya kemacetan dan polusi di Jakarta, konsep TOD diadopsi untuk menciptakan kota yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode campuran, dengan survei dan wawancara mendalam untuk menilai persepsi masyarakat serta mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran pemerintah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan pemerintah telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat tentang TOD, namun tantangan masih muncul terkait perubahan perilaku masyarakat pengguna kendaraan pribadi. Selain itu, insentif yang diberikan pemerintah, seperti pengurangan pajak, dinilai kurang optimal dalam menarik partisipasi masyarakat yang lebih luas. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan strategi pemasaran yang lebih inklusif dan relevan, serta pengembangan kebijakan insentif yang menarik bagi masyarakat, guna mendukung keberhasilan implementasi TOD di Jakarta.
Kata Kunci: Government Marketing; TOD; Transportasi; Kebijakan
 
 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Asfarinal, N., Barus, L. S., & Djaja, B. M. (2022). Strategi Pengembangan Sistem Transportasi dengan Pendekatan Transit Oriented Development (TOD) pada Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Riset Jakarta, 15(2), 97-106.
  2. BPS. (2016). Provinsi DKI Jakarta dalam Angka Tahun 2015. https://jakarta.bps.go.id/id/publication/2016/02/29/bafeb8e753144624121e6123/provinsi-dki-jakarta-dalam-angka-2015.html.
  3. Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research: SAGE publications.
  4. Creswell, J. W. (2024). My 35 Years in Mixed Methods Research. Journal of Mixed Methods Research, 15586898241253892.
  5. Farendy, M. F., & Akbar, R. N. (2024). Analisis Strategi Pemerintah Provinsi dalam Membangun Konsep Smart City: Studi Kasus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 537-548.
  6. Guetterman, T. C., Fàbregues, S., & Sakakibara, R. (2021). Visuals in joint displays to represent integration in mixed methods research: A methodological review. Methods in Psychology, 5, 100080.
  7. Hakim, I. D. K. (2024). Perancangan Mall DI DKI Jakarta dengan Pendekatan Arsitektur Tropis. Universitas Mercu Buana Jakarta,
  8. Hirose, M., & Creswell, J. W. (2023). Applying core quality criteria of mixed methods research to an empirical study. Journal of Mixed Methods Research, 17(1), 12-28.
  9. Jain, N. (2021). Survey versus interviews: Comparing data collection tools for exploratory research. The Qualitative Report, 26(2), 541-554.
  10. Juliana, A., Senopati, A. A., & Diana, L. (2021). Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) di Kawasan Plaza Indonesia, Jakarta. Architecture Innovation, 5(1), 1-24.
  11. Kompas. (2019). Tantangan Integrasi Transportasi Publik Ibu Kota (2-habis). https://Kompas.Id/.
  12. Kotler, P. (2011). Philip Kotler's contributions to marketing theory and practice. In Review of Marketing Research: Special Issue–Marketing Legends (pp. 87-120): Emerald Group Publishing Limited.
  13. Lapuente, V., & Van de Walle, S. (2020). The effects of new public management on the quality of public services. Governance, 33(3), 461-475.
  14. PERGUB. (2019). Peraturan Gubernur Provisnsi DKI Jakarta No. 67 Tahun 2019. https://peraturan.bpk.go.id/Details/131642/pergub-prov-dki-jakarta-no-67-tahun-2019.
  15. Qiang, L. (2024). Report on the Work of the Government. Paper presented at the Delivered at the Second Session of the 14th National People’s Congress of the People’s Republic of China on March.
  16. Radnor, Z., Osborne, S., & Glennon, R. (2022). Public management theory. In Handbook on theories of governance (pp. 43-56): Edward Elgar Publishing.
  17. Self, P. (2021). Government by the market?: the politics of public choice: Routledge.
  18. Su, S., Zhang, H., Wang, M., Weng, M., & Kang, M. (2021). Transit-oriented development (TOD) typologies around metro station areas in urban China: A comparative analysis of five typical megacities for planning implications. Journal of transport geography, 90, 102939.
  19. Van De Walle, D. G. S. (2006). Marketing government reforms. In Current Issues in Political Marketing (pp. 154-171): Routledge.
  20. Wang, K.-L., Zhao, B., Ding, L.-L., & Miao, Z. (2021). Government intervention, market development, and pollution emission efficiency: Evidence from China. Science of the Total Environment, 757, 143738.
  21. Wicaksono, A. (2019). Tempo.co. https://metro.tempo.co/read/1074322/anies-baswedan-canangkan-pembangunan-area-transit-mrt-dukuh-atas.
  22. Yu, Z., Zhu, X., & Liu, X. (2022). Characterizing metro stations via urban function: Thematic evidence from transit-oriented development (TOD) in Hong Kong. Journal of transport geography, 99, 103299.