ANALISIS PEMANFAATAN HASIL PENILAIAN KOMPETENSI JABATAN FUNGSIONAL PEMERIKSA PADA AUDITORAT UTAMA KEUANGAN NEGARA V BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novi Priyana
Bambang Giyanto
Ridwan Rajab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan hasil penilaian kompetensi pejabat fungsional pemeriksa di Auditorat Utama Keuangan Negara V, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Studi ini mengungkap bagaimana hasil penilaian kompetensi digunakan dalam pengembangan karir, peningkatan kompetensi, dan penugasan pejabat fungsional pemeriksa di BPK. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan dari pengelola bidang SDM, pejabat struktural di satuan kerja teknis pemeriksaan, dan pemangku jabatan fungsional pemeriksa. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya permasalahan dalam implementasi penilaian kompetensi yang disebabkan oleh beberapa faktor baik personal pegawai maupun kebijakan instansi. Hasil penilaian kompetensi digunakan untuk pengembangan karir, peningkatan kompetensi yang terarah, dan sebagai pedoman dalam penugasan pejabat fungsional, dengan tujuan memberikan pengalaman kerja dan meningkatkan profesionalisme serta kompetensi mereka. Meskipun terdapat hambatan dalam pelaksanaannya, tim di Biro SDM telah mengembangkan strategi khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam wacana pemanfaatan penilaian kompetensi sebagai bagian dari manajemen talenta di BPK, terutama dalam pengelolaan jabatan fungsional. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan penilaian kompetensi sebagai instrumen pendukung dalam pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan karir dan manajemen SDM di lembaga pemerintah.
Kata Kunci: penilaian kompetensi, jabatan fungsional, manajemen SDM

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Alvin, Lum. (2005). Assessment Center- Simulator for Organisation Talent, Singapore: Eazi Printing PTE LTd.
  2. Boyatzis, R. E. (1982). The Competent Manager: A Model for Effective Performance. New York: John Wiley.
  3. Bray, Douglas. W. (1982). The Assessment Center and the study of lives. American Psychologist, 37(2), 180–189. DOI: 10.1037/0003-066X.37.2.180
  4. Brewer, G. A., Kellough, J. E., & Rainey, H. G. (2022). The Importance of Merit Principles for Civil Service Systems: Evidence from the U.S. Federal Sector. Review of Public Personnel Administration, 42(4), 686–708. DOI: 10.1177/0734371X211026008
  5. Daryanto, A. (2007). Merit System Dalam Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Kebijakan dan Manajemen PNS IV, 1–13. Diunduh dari https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/13/40
  6. Dessler, G. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Human Resources Jilid 2. Jakarta: Prenhalindo.
  7. DuBrin, Andrew J. (2005). Essentials of Management (9th edition). USA: South Western Cengage Learning.
  8. Gonczi, A., Hager, P. & Athanasou, J. (1993) A Guide to the Development of Competency-based Assessment Strategies for the Professions, Research Paper AGPS, Canberra.
  9. Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  10. Muhadjir, Noeng. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin
  11. Phillips, Hiram.S. (1986). Development Administration and the Alliance of Progress. International Review of the Administrative Science, Vol. XXIX, 1968.
  12. Simamora, Henry. (2005). Membuat Karyawan Lebih Produktif Dalam Jangka Panjang. (Manajemen SDM). Yogyakarta: STIE YKPN.
  13. Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. (1993). Competence at Work, Models For Superior Performance. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
  14. Stahl, O. G. (1971). Public Personnel Administration. New York: Harper & Row.
  15. Tjokroamidjojo, Bintoro. (1995). Pengantar Administrasi Pembangunan. Jakarta: Pustaka LP3ES.
  16. Weidner, E. W. (1962). Development Administration: A New Focus for Research. In: F. Heady & S. L. Stokes (Eds), Papers in Comparative Public Administration. Ann Arbor: University of Michigan.
  17. Woodruffe, C. (1992). What is Meant by a Competency. In R. Boam & P. Sparrow (Eds.), Designing and Achieving Competenc