Strategi Implementasi Kebijakan Partisipasi Masyarakat Dalam Pelayanan Publik (PermenPANRB nomor 16 tahun 2017)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Forum Konsultasi Publik merupakan bentuk pelibatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik melalui dialog dua arah antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat dalam rangka merancang kebijakan, menetapkan kebijakan , dampak dari kebijakan dan evalausi dari kebijakan serta permasalahan lain yang terkait penyelenggaraan. Meskipun kebijakan ini telah ada sejak tahun 2017, implementasinya masih belum optimal sehingga diperlukan langkah-langkah strategis untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa factor dan kendala yang di hadapi dalam implementasi kebijakan ini adalah dari sisi anggaran, sumber daya manusia dan komitmen dari penyelenggara pelayanan publik itu sendiri, sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara masiv, dukungan perencanaan anggaran yang cukup untuk pelaksanaan kegiatan forum konsultasi publik dan meningkatan kompentasi serta kapasitar sumebr daya manusia pada unit penyelenggara pelayanan publik
Kata Kunci: Pelayanan Publik; Partisipasi Masyarakat; Forum Konsultasi Publik, Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
Kata Kunci: Pelayanan Publik; Partisipasi Masyarakat; Forum Konsultasi Publik, Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Aquino, P.G., & Jalagat, R.C. (eds). (2022). Effective Public Administration Strategies for Global New Normal. Singapore: Springer Naturee Singapoire Pte Ltd.
- Cooper, D.R., & Schindler, P.SW. (2014). Business Research Methods. Twelfth edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.
- Creswell, J.W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.. Fifth edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
- Dye, T.R. (2017). Understanding Public Policy. Fifteenth edition. Florida: Florida State University. & Pearson Education Inc.
- Grindle, M. (2017). Politics and policy implementation in the Third World. Princetin Univesity Press.
- Kehs, S. (2023). Public Administration for Planners: Leadership and Responsibilities in Theory and Practice. New York: Routledge.
- Lincoln, Y.S., & Guba, E.G. (1985). Naturalistic Inquiry. California: SAGE Publications.
- Miles, M.B., Hubeman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Arizona: SAGE Publications, Inc.
- Sekaran, U., & Bougiee, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Seveneth edition. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.
- Supraja, G., & Budi, P. (2019). Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran melalui e-Government. Seminar Nasional Industri Dan Teknologi (SNIT), 212–236. www.jpip.or.id
- Yin, R.K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. Third edition. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:
- Adriwati, Adriwati. 2021. “Readiness of Indonesia Telecommunication Business Incumbent in Facing Disruption Era.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18(08): 2476–87. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/9177.
- Agustin, E. D., Sholihah, N. M., Ardiana, S. A., Ardiansyah, S. F., & Balgies, S. (2022). Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasi Pada Pemadam Kebakaran Di Kabupaten Sidoarjo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(3), 573–585. https://doi.org/10.37606/publik.v9i3.278
- Anggraeni, F., & Saleh, S. A. (2020). Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung ) The Influence of Performance Based Budget Implementation on Performance Accountability of Government. Indonesian Accounting Research Journal, 1(1), 36–44.
- Dini, A., Latif; & Vferdania, D. (2019). Factors inhibiting public participation in corruption prevention through e-government application in Indonesia. Global Business & Management Research, 11(1), 81-86.
- Erunke, C.E. (2022). Nature and Scope of Public Administration. Researchgate, https://www.researhgate.net/publication/360977686.
- Fajriansyah, Y., Elim, I., & Walandouw, S. K. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kota Bitung Tahun Anggaran 2016-2017. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 4465–4474.
- Fanggidae, H. C., Mesri, 1, & Manafe, W. N. (2019). Evaluasi Anggaran Belanja Sebagai Alat Pengendalian Kebijakan Pembangunan Pada Pemerintah Daerah Expenditures Budget Evaluation: Control Tools for Development Policy on Local Government. EKOPEM ?Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 2503–3093.
- Ferdinandito, A., & Haryani, T. N. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Wacana Publik, 1(1), 190. https://doi.org/10.20961/wp.v1i1.53145
- Karunia, R. L. (2023). West Lombok Towards Smart Government (Case Study of E-Government Implementation at the Population and Civil Registration Services Office). Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 8(1), 63-90. https://doi.org/10.15294/ipsr.v8i1.43084
- Karunia, R. Luki et al. 2023. “Analysis of the Factors That Affect the Implementation of E-Government in Indonesia.” International Journal of Membrane Science and Technology 10(3): 46–54.
- Karunia, R. L., Darmawansyah, D., Dewi, K. S., & Prasetyo, J. H. (2023). The importance of good governance in the government organization. HighTech and Innovation Journal, 4(1), 75-89. https://doi.org/10.28991/HIJ-2023-04-01-06
- Lanak, B. (2021). Peran Perangkat Desa dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Gajahrejo, Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan …, 1(1), 16–24.
- Matemilola, S., & Sijjuade, T. (2021). Public Participation. In Idowu et al (eds). (2021) Encyclopedia of Sustainable Management. Switzerland: Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-030-02006-4 515-1.
- Mubarok, S., Zauhar, S., Setyowati, E., Suryadi. (2020). Policy implementation analysis: Exploration of George Edward III, Marilee S. Grindle, and Mazmanian and Sabatier Theories in the Policy Analysis Triangle Framework. Journal of Public Administration Studies, 5(1), 33-38.
- Nadilla, N. (2019). Pelokalan Hak Asasi Manusia Melalui Partisipasi Publik dalam Kebijakan Berbasis Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM, 10(1), 85- 98.
- Nugroho, A. A., & Rahayu, N. S. (2020). Transformation of Innovation Values and Culture: Innovation Analysis of Regional Planning System in Special Region of Yogyakarta, Indonesia. Transformation, 11(4), 680-692.
- Nurmandi, A., Muhammad Lutfi, Sumardi, S., & Zuly Qodir. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Melalui Pendekatan Model Demokrasi pada Era Otonomi Daerah. Journal of Government Insight, 1(1), 49–61. https://doi.org/10.47030/jgi.v1i1.253
- Patadjenu, S., Silitonga, M. S., & Asropi, A. (2023). Tata Kelola Kolaboratif Pengembangan Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 17(1), 23–48. https://doi.org/10.47608/jki.v17i12023.23-48
- Perera, R (2017). The PESTLE Analysis. International Kindle paperwhite
- Rachman, T., Napitupulu, D. (2020). The quality of public participation in e-government through citizen acceptance factors. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(5), 340- 351.
- Rahayu, Neneng Sri, Muhammad Hasan Dhiaullah, and Alvita Marsha. 2023. “Utilizing E-Learning and User Loyalty with User Satisfaction as Mediating Variable in Public Sector Context.” International Journal of Data and Network Science 7(3): 1341–48.
- Rahma, I. (2019). Partisipasi Publik dan Keterbukaan Informasi dalam Penyusunan Kebijakan (Studi Kasus Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Selatan). Jurnal Hukum Samudera Keadilan, 14(1), 80-95.
- Ruhana, A.S. (2019). Democratizing public participation in maintaining religious harmony. Dialog, 42(2), 124- 133).
- Sabir, R., Mustanir, A., Yasin, A., Firman, F., & Sofyan, W. (2022). Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Anggaran Dana Desa Di Desa Talawe. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(1), 49–54. https://doi.org/10.55678/prj.v10i1.576
- Spicker, P. (2009). The nature of a public service. International Journal of Public Administration, 32(11), 970-991.
- Suryanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Improving Public Participation in Innovation Management of Village-Owned Enterprise: Lesson Learned from the Best Village-Owned Enterprise in Indonesia. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(4), 2072-2082.
- Suryanto, Adi, M. Firdaus, A. Aswi, and F. A. Tamsir. (2023). “The Challenges and Opportunities in the Implementation of E-Learning for Competence Development of State Civil Apparatus.” Information Sciences Letters 12(5): 2165–75.
- Van Meter, D.S., & Van Horn, C.E. (1075). The policy implementation process: a conceptual framework. Administration & Society, 6(4), 446- 488.
- Perundang-undangan
- Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Forum Konsultasi Politik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.