Pengelolaan Arsip Aktif dalam Mendukung Layanan Arsip pada Biro Umum-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fahmy Ardiasni
Bambang Suhartono

Abstract

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) merupakan lembaga pemerintah yang menyelenggarakan tugas di bidang pencarian dan pertolongan. Penelitian ini dilakukan pada Biro Umum- BASARNAS menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa pengelolaan arsip aktif di BASARNAS khususnya pada Biro Umum telah didukung oleh aturan dan prosedur yang berlaku. Namun pengelolaan arsip aktif belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, seperti pada tahap penciptaan arsip diketahui bahwa, belum seluruh  naskah dinas  yang  tercipta  sesuai  dengan  tata  naskah  dinas  dan  proses pengendalian pada kegiatan pendistribusian belum sepenuhnya sesuai dengan prosedur (SOP). Pada Tahap pemeliharaan arsip aktif diketahui bahwa belum seluruh arsip aktif dikelola melalui kegiatan pemberkasan dan penyimpanan arsip, namun seluruh Arsiparis dan/atau Pengelola Arsip mulai berkomitmen untuk konsisten melaksanakannya. Sedangkan pada tahap penggunaan arsip permasalahan yang ditemukan adalah pada kegiatan layanan arsip aktif atau layanan internal, belum seluruh bagian/substansi melakukan sesuai prosedur seperti belum dibuatkan out indicator dan formulir peminjaman arsip. Melihat permasalahan yang ada, dapat menyebabkan resiko rusak/hilangnya suatu arsip dan layanan arsip tidak berjalan dengan maksimal karena lokasi arsip yang sulit ditemukan. Sehubungan dengan hal tersebut dukungan dari para pimpinan dan komitmen dari seluruh Arsiparis dan/atau pengelola arsip sangat diperlukan, untuk mengoptimalkan pengelolaan arsip aktif dalam mendukukung layanan arsip pada Biro Umum-BASARNAS.Kata kunci: Pengelolaan arsip dinamis, Pengelolaan Arsip Aktif di Central File, Layanan Arsip Dinamis

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Agustina, F, et.al. 2019. Analisis Implementasi Tata Naskah Dinas dalammPembuatan Surat Dinas di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM). Khazanah:Jurnal Pengembangan Kearsipan, 12 (2). Diperoleh dari https://jurnal.ugm.ac.id/khazanah/article/view/ 48091/pdf
  2. Diamond, S.Z. 1995. Record Management: A Practical Approach (third edition). New York: Amacom Books.
  3. Morissan. 2019. Riset Kualitatif. Prenadamedia Group.
  4. Musliichah. 2016. Bunga Rampai Kearsipan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  5. Penn, I.A. et.al. 1994. Record Management Handbook (second edition). England: Gower Publishing Limited.
  6. Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Standar Kualitas Hasil Kerja Pejabat Fungsional Arsiparis.
  7. Peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.
  8. Peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Kearsipan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 3 Tahun 2018 tentang Kode Klasifikasi Arsip di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.
  9. Pedoman Arsip Vital di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor: PED-6 Tahun 2016.
  10. Rahmawati, D. (2018). Penerapan Layanan Arsip Peraturan Pemerintah sebagai Arsip Dinamis Inaktif Berdasarkan Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Diplomatika Jurnal Kearsipan Teapan. 1 (2). Diperoleh dari https://jurnal.ugm.ac.id/diplomatika/article/view/35175/20843
  11. Read, J and Ginn, M.L. (2008). Records Management 9th Edition. USA: South-Western Cengage Learning.
  12. Rosalin, S. (2017). Manajemen Arsip Dinamis. Malang : UB Press.
  13. Smith, K. (2007). Public Sector Records Management A Practical Guide. England: Ashgate Publishing Limited.