Implementasi Pembelajaran Aktualisasi Latsar CPNS pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Yamin

Abstract

Salah satu rangkaian penting dalam pelaksanaan Latsar CPNS adalah Pembelajaran Aktualisasi. Tidak semua pembelajaran  yang dilakukan berjalan dengan baik dengan berbagai masalah dalam proses implementasinya. Belum semua wilayah di Sulawesi Selatan terjangkau jaringan internet, sarana dan prasarana pelatihan belum memadai, dan jadwal dan durasi penyelenggaraan pelatihan yang sangat ketat dan padat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan telaah dokumen untuk mengumpulkan data kemudian mengkajinya guna memperoleh deskripsi mengenai obyek yang diteliti sedetail mungkin. Hasil penelitian yang telah dikemukakan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan Pembelajaran Aktualisasi Pelatihan Latsar CPNS BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan mulai dari penetapan isu, pembuatan rancangan aktualisasi, pembimbingan rancangan aktualisasi, seminar rancangan aktualisasi pelaksanaan aktualisasi di tempat kerja, pembimbingan pra seminar rancangan aktualisasi sampai pada seminar aktualisasi telah berjalan. Beberapa hal hal dirasakan menghambat pelaksanaan Latsar CPNS adalah:1) sulitnya mengidentifikasi isu bagi peserta karena tidak cukup waktu dalam mengidentifikasi isu, 2) waktu bimbingan rancangan aktualisasi dan bimbingan seminar aktualisasi sangat tidak memadai, 3) waktu aktualisasi cukup pendek untuk menyelesaikan semua tahapan yang ada, 4) bimbingan jarak jauh baik kepada coach maupun mentor masih terkendala jaringan dan belum memadainya sarana-prasarana kelas pada saat pembimbingan secara massif baik saat rancangan aktualisasi maupun saat menjelang seminar aktualisasi.Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Pembelajaran Aktualisasi, Latsar CPNS

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Ainurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
  2. A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
  3. Blanchard, P. N, and Thacker, J. W. 2010. Effective Training, 4th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
  4. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  6. Djamarah dan Zain. 2010. Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta : Salemba.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
  8. https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatihan_Dasar_Calon_Pegawai_Negeri_Sipil
  9. Jihad Asep & Abdul Haris.2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Presindo
  10. Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing. Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu. Kasanah, Uswatun. 2014.
  11. Keegan, D. 1991. Foundations of distance education. 2nd ed. Routledge, London
  12. Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Penerbit Pembaharuan. Yogyakarta
  13. Lembaga Administrasi Negara 2017 Modul Aktualisasi
  14. Lester, James P. Dan Joseph Stewart. 2000. Public Policy : an Evolutinary Approach (second Edition). Australia : Wadsworth.
  15. LIPI, 2019. Panduan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS.
  16. Mahendra, R. 2016. Pengaruh Dukungan Atasan, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia terhadap Kegunaan Sistem Akuntansi Daerah. Bengkulu.
  17. Miarso,Yusufhadi. 2007 .Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Prenada Media Group.Jakarta.
  18. Miles, Matthew. 1992 . Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia.
  19. Miller, Seller. 1985. Prinsip Dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  20. Moore, M.G. 1973. Toward a theory of independent learning and teaching. Journal of Higher Education, 44, 66-79.
  21. Muhammad Surya. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
  22. Regester, Michael, Judy Larkin. 2003. Risk Issues and Crisis Management in Public Relations. New Delhi: Crest Publishing House.
  23. Rohaini dkk 2019. Evaluasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil dalam Mendukung terwujudnya Sumberdaya Manusia Profesional Berkarakter pada Pusdiklat SDM LHK, Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.1, Januari 2019
  24. Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  25. Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  26. Susanto: Jurnal Sosioreligi; Proses habituasi nilai disiplin Volume 15 Nomor 1, Edisi Maret 2017.
  27. Winarno B. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS
  28. Peraturan Perundang-undangan
  29. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
  30. Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan jabatan Aparatur Sipil Negara (Pegawai Negeri Sipil)
  31. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN
  32. Peraturan LAN No. 24 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan II.
  33. Peraturan LAN No. 25 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III.
  34. Peraturan LAN No 12 tahun 2018. Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon PNS.