Dampak Pelatihan Teknis Substantif Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Terhadap Perilaku Alumni dan Madrasah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rudi Hermawan

Abstract

Salah satu kesulitan guru di madrasah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 adalah mengolah penilaian hasil belajar siswa dan salah satu upaya meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan penilaian hasil belajar guru adalah dengan mengikuti pelatihan. Balai Diklat Keagamaan Palembang sebagai salah satu lembaga pelatihan mempunyai kewajiban melaksanakan pelatihan para pegawai di wilayah kerjanya dalam upaya mendukung mengembangkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020. Permasalahannya pihak penyelenggara pelatihan yaitu BDK palembang belum mengetahui bagaimana dampak pelatihan terhadap perilaku alumni pelatihan dan bagaimana dampak pelatihan terhadap madrasah pasca pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Dampak pelatihan teknis substantif pengelolaan penilaian hasil belajar terhadap perilaku alumni dalam mengelola penilaian hasil belajar pasca pelatihan, 2) Dampak pelatihan teknis substantif pengelolaan penilaian hasil belajar terhadap madrasah. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan mix method yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan evaluasi Model Kirkpatrick pada level perilaku (behavior) dan hasil (result). Responden penelitian adalah alumni pelatihan substantif pengelolaan penilaian hasil belajar sejumlah 40 orang serta 25 orang teman sejawat alumni dan 24 orang atasan alumni sebagai triangulasi sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan  angket dan wawancara. Hasil analisis data diperoleh bahwa dampak pelatihan terhadap perubahan perilaku alumni yaitu percaya diri, disiplin, kerjasama, teliti, dan tanggungjawab termasuk kategori sangat baik dan dampak hasil pelatihan pengelolaan penilaian hasil belajar terhadap madrasah sudah menunjukan hasil yang baik terlihat dari telah terjalinnya kerjasama antar guru dalam pengelolaan penilaian hasil belajar. Begitu juga dengan keseragaman penulisan kriterian ketuntasan minimal di rapor. Namun dampak penulisan deskripsi di rapor belum terlalu signifikan.Kata kunci : Dampak pelatihan, perilaku alumni, Kirkpatrick level behavior dan result

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Ashari, K. 2015. Kamus Hubungan Internasional. Bandung: Nuansa Cendekia
  3. Atikasari, G., Agoestanto, A., & Winanti, K. 2018. Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis dan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Strategi TTW Berbantuan Kartu Soal Materi Trigonometri SMAN 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 601-607.
  4. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah
  5. Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
  6. Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  7. Johnson, D. W, Dkk. 2012. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Bandung: Penerbit Nusa Media
  8. Kurniasih, Dwi. 2015. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Negeri 2 Sokaraja. Purwokerto : UMP
  9. Lickona, T. 2012. Educating for character: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara
  10. Maasavet, E. T. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Kerja sama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Samarinda. Samarindaâ€. Jurnal Bioedukasi, Volume 2 No. 1
  11. Mahmud. 2014. Kendala Guru Dalam Melakukan Penilaian Pada Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Gugus Delima Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syah Kuala. Vol. 2 No.3
  12. Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
  13. Peraturan Menteri Agama No 43 Tahun 2016 Tentang Sisiem informasi pendidikan dan pelatihan
  14. Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil
  15. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
  16. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan
  17. Priyatno D. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta (ID): Andi Yogyakarta
  18. Sopacua, Evie dan Budijanto, Didik. 2007. Evaluasi 4 Tahap Dari Kirkpatrick Sebagai Alat Dalam Evaluasi Pasca Pelatihan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Volume 10 No. 4
  19. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  20. Sumarno, Adi Wijaya. 2017. Evaluasi Dampak Pendidikan Dan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Matematika Di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 21, No 2
  21. Sumarwoto, Otto. 2005. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  22. Surat Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama No. 62 Tahun 2017 Tentang Kurikulum Pendidikan dan pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
  23. Uno, Hamzah B. dan Lamatenggo, Lina. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
  24. Widodo, Eko Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  25. Yasri. 2017. Evaluasi Pasca Diklat Guru Muda Madrasah Aspek Kompetensi. Andragogi. Volume: V No. 2 : 1-16
  26. Yusnarita, Rina. 2020. Thesis : Model Evaluasi Kirkpatrick Pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah Di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah
  27. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  28. ______. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Indonesia