Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan dalam Penggunaan Jasa Pos Reguler pada PT Pos Indonesia (Persero) KCU Jakarta Premier

Authors

  • Rizka Nur Fahira Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Nurmita Sari Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Analisis dilakukan terkait rendahnya angka penggunaan jasa yang disebabkan oleh harga yang belum sesuai dan kualitas pelayanan yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan dalam penggunaan jasa pos reguler pada PT Pos Indonesia Jakarta Premier. Variabel independen mencakup harga (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2), serta variabel dependen keputusan pelanggan (Y). Penelitian ini melibatkan data primer 100 responden dengan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi berganda. Hasil uji T menunjukkan bahwa harga t = 4.255 > 1.661, sig = 0.000 < 0.05 dan kualitas pelayanan t = 5.895 > 1.661, sig = 0.000 < 0.05 berpengaruh signifikan. Uji F menunjukkan signifikansi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan F = 48.238 > 3.089. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan mempengaruhi 49,9% keputusan pelanggan. Kata Kunci: keputusan pelanggan ; harga ; kualitas pelayanan ; PT Pos Indonesia  

References

Arifah, N., Siswanto, A., & Rahayu, T. (2023). Manajemen Layanan Perpustakaan Di Madrasah. Jurnal Prodi Mpi Idaaratul Ulum, Vol 5 No.1, 29–46.

Danadipa Aji, A., Nurasa, H., & Weti Isnawaty, N. (2023). Kinerja Pegawai Pelayanan Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Asia Afrika Bandung. Dalam Jurnal Administrasi Negara), Februari (Vol. 14, Nomor 2).

Devina, B., Rokhyadi2, A., Manajemen, J., Mercu Buana, U., Jalan, Y., Km, W., & 10, Y. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Leasing Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, 11(1), 56–64. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmanajemen

Dewi, M., & Novridayani, Z. (2019). Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kesulitan Keuangan Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2017. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8.

Ekonomi, F., Bisnis, D., Hayati, D. P., Hariyani, S., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2021). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba) 3. Https://Www.Topbrand-Award.Com/

Ghotbabadi, A. R., Feiz, S., & Baharun, R. (2015). Service Quality Measurements: A Review. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 5(2). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V5-I2/1484

Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome (Vol. 2).

Ismail, T., Yusuf, R., & Piksi Ganesha, P. (T.T.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. 5(3), 2021.

Johar, Di. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Iklan Online (Survei Pada Pembeli Di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol. 26.

Jusriadi, E. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Layanan Pos Express Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Makassar. Dalam Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 3). Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Profitability

Kasus, S., & Paket, P. (T.T.). Pengaruh Harga Dan Layanan Prima Terhadap Keputusan Konsumen Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Jambi.

Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Bengkulu Nori Dwi Apriandi, T., Soleh, A., & Irwanto, T. (2023). The Effect Of Application Of Aida (Attention, Interest, Desire And Action) On Telkomsel Card Purchase Decisions In Bengkulu City Pengaruh Penerapan Aida (Attention, Interest, Desire Dan Action) (Vol. 2, Nomor 2). Www.Telkomsel.Com

Marnovita. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan. Psikoborneo, 8(1), 100–106.

Maulida, I., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Proses Pengambilan Keputusan Dalam Menggunakan Gojek (Studi Kasus Pada Santriwati Pondok Pesantren Al-Husna Jember). 16(1). Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V16i1.24399

Mukti, A., Tinggi, S., Bima, I. E., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kirani Coffee (Vol. 10, Nomor 1).

Naini, N. F., Sugeng Santoso, Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah. (2022). The Effect Of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction On Customer Loyalty. Journal Of Consumer Sciences, 7(1), 34–50. Https://Doi.Org/10.29244/Jcs.7.1.34-50

Prasilowati, S. L., Suyanto, S., Safitri, J., & Wardani, M. K. (2021). The Impact Of Service Quality On Customer Satisfaction: The Role Of Price. Journal Of Asian Finance, Economics And Business, 8(1), 451–455. Https://Doi.Org/10.13106/Jafeb.2021.Vol8.No1.451

Pratiwi Sitorus Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Al-Ulum Terpadu Medan Jl Tuasan No, A., & Utara, S. (2022). Attanmiyah?: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Mekanisme Penetapan Harga (Price) Dan Kebijakan Penentuan Keuntungan (Profit) Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Vol. 1, Nomor 1). Https://Creativecommons.Org/Licenses/By-Sa/4.0/

Regina Mamesah Program Studi Administrasi Bisnis, P. E., & Ilmu Administrasi, J. (T.T.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Lucky Inn Manado.

Rezky Pangeran Syafar Arsyad, M. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mirai Management, 8(2), 183–197.

Septiani Patmala, H., Candra Fatihah, D., & Piksi Ganesha, P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ukm Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1155–1172.

She, Y., & Dharasta, M. A. (2017). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket (Studi Kasus Pada Jasa Travel Agent Di Wilayah Yogyakarta). Dalam Jurnal Manajemen Dirgantara (Vol. 10, Nomor 2).

Trisnowati, D. K., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bengkel Pt. Astra International Tbk-Daihatsu Majapahit Semarang. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Fahira, R. N. ., & Sari, N. . (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pelanggan dalam Penggunaan Jasa Pos Reguler pada PT Pos Indonesia (Persero) KCU Jakarta Premier. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 6(2), 71–78. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/844

Issue

Section

Articles