Analisis Perencanaan Manajemen Strategi PT Japfa Comfeed Indonesia Menggunakan Matriks SWOT dan Matriks BCG (Studi Kasus Penurunan Laba Perusahaan Tahun 2022)

Authors

  • Astrid Dwi Marsetyorini Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Keisha Dinya Solihati Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

Laporan keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk (JPFA) menunjukkan bahwa penjualan pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 9,11% dibandingkan tahun 2021, dengan kontribusi terbesar berasal dari sektor peternakan komersial yang meningkat sebesar 7,73%. Manajemen strategi berasal dari kata "Strategi" yang memiliki akar dalam bahasa Yunani, "strategos," yang berarti komandan militer pada masa demokrasi Athena. Metode BCG, yang dikembangkan oleh Boston Consulting Group, adalah sebuah pendekatan yang digunakan untuk merancang strategi bisnis dengan mengelompokkan potensi keuntungan perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis  SWOT dan matriks BCG (Boston Consulting Group). Berdasarkan perhitungan BCG Matrix diketahui bahwa pangsa pasar relatif dari Japfa Comfeed Indonesia di tahun 2022 sebesar 0,861% atau lebih kecil dibanding 1 yang menunjukan Japfa Comefeed Indonesia memiliki pangsa pasar rendah atau lebih kecil dibanding kompetitornya Charoen Popkhand Indonesia. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Matriks Swot, Boston Consulting Group (BCG)

References

DAFTAR PUSTAKA

Comfeed, J. (2021). Laporan Tahunan 2021 : Merayakan Keberhasilan, merangkul masa depan. Jakarta: Japfa Comeef Indonesia.

Fitri Anggreani, T. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SWOT: STRATEGI PENGEMBANGAN SDM, STRATEGI BISNIS, DAN STRATEGI MSDM (SUATU KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.588

Galih, P. (2022). Analisis matriks BCG dan SWOT. Analisis Perencanaan Manajemen Strategi PT Japfa Comfeed Indonesia, 18-20.

Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). STRATEGI PEMASARAN BAMBUDEN BOULEVARD MANADO: ANALISIS SWOT. Jurnal EMBA, 7(4), 5495–5504.

Indonesia, J. C. (2022). Laporan tahunan 2022: sinergi untuk masa depan yang berkelanjutan. Jakarta: Japfa Comfeed Indonesia.

Putra, Y. S. (2016). Manajemen Strategik. Analisis Boston Consulting Group pada PT Japfa Comfeed Indonesia, 15.

Sukatmadiredja, N. R., & Rosita, W. M. (2019). STRATEGI PEMASARAN MELALUI ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN KOPI LOKAL. Ecopreneur.12, 2(2), 12. https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.497

Setiawati, S. (2023, 03 14). Laba Turun 30% Pada 2022, Valuasi JPFA Juga Masih Mahal. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/research/20230313081535-128-421054/laba-turun-30-pada-2022-valuasi-jpfa-juga-masih-mahal

Solihati, K. D., Inggriantara, A., & Camila, B. (2022). Proposed penetration strategy for Kokei as a start-up business in Bekasi City. *International Journal of Management and Applied Science (IJMAS)*, 8(1), 79-87.

Sudiantini, D., & Samuel, B. (2023). Penerapan Manajemen strategik pada produsen food and beverages. SAMMAJIVA: Jurnal penelitian dan bisnis manajemen, 5-6.

Wian, A. (2024, 04 18). BCG Growth-Share Matrix: How To Use It? Retrieved from Mekari: https://mekari.com/en/blog/bcg-growth-share-matrix/

Wulandari, I. (2022, 09 19). Japfa Terapkan Aplikasi Teknologi untuk Peternakan. Retrieved from Techno Business: https://technobusiness.id/news/2019/09/19/japfa-terapkan-aplikasi-teknologi-untuk-peternakan/

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Marsetyorini, A. D. ., & Solihati, K. D. (2024). Analisis Perencanaan Manajemen Strategi PT Japfa Comfeed Indonesia Menggunakan Matriks SWOT dan Matriks BCG (Studi Kasus Penurunan Laba Perusahaan Tahun 2022). Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 6(2), 59–70. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/843

Issue

Section

Articles