Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil PTASDP Indonesia Ferry (Persero)

Authors

  • Ananda Amelia Politeknik STIA LAN Jakarta
  • Muhammad Rizki Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstract

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merupakan BUMN yang menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sekitar. Salah satu bentuk CSR yang dimiliki ASDP adaah program PUMK yang mana program ini masih terdapat masalah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pelaku UMKM, yaitu kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan yang membuat masyarakat tidak sepenuhnya merasakan manfaat yang diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana kualitas layanan pada ASDP dilihat dari sudut pandang Survei Kepuasan Masyarakat berdasarkan PERMENPAN RB No. 14 Tahun 2017 yang memiliki sembilan unsur. Analisis penelitian ini menggunakan teori service quality yang memiliki lima dimensi, yaitu; 1) Tangibel (berwujud), 2) Reliability (kehandalan), 3) Responsiviness (ketanggapan), 4) Assurance (jaminan), dan 5) Empathy (Empati). Penelitian ini menunjukkan nilai poisitif dari dimensi service quality pada pelayanan PUMK ini adalah reliability dan responsiveness. Sedangkan dimensi tangibel dan assurance masih perlu perbaikan oleh pihak perusahaan. Kata Kunci: Kualitas Layanan; CSR; Indeks Kepuasan Masyarakat.

References

Agustini, Sri. 2020. “Analisis Indeks Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Perencanaan, Anggaran, Dan Pelaporan.” Jurnal Efisiensi 17(1):1–14. doi: doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30435.

Eko Widodo, Wahyu, Sri Noor Cholidah, Anis Putri Isnaeni, Kamto Tri Wibowo, dan Erick Abriandi. 2019. “Mengukur Kepuasan Masyarakat Pada Program CSR di Desa Kertajaya: Sebuah Analisis Menggunakan Metode Sustainability Compass.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan 3(1):29–52. doi: 10.14421/jpm.2019.031-02.

Hana, Nadiah Nur, dan Arimurti Kriswibowo. 2022. “Keberlanjutan Program CSR Pengelolaan Sampah Organik dengan Black Soldier Fly (BSF) oleh PT Pertamina Gas di.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan 13(2):141–58. doi: 10.23960/administratio.v13i2.313.

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. 2 ed. diedit oleh 1. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Humaedi, Sahadi, Meilanny Budiarti Santoso, dan Luthfiansyah Hadi Ismail. 2021. “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Kualitas Pelayanan Program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella PT Bukit Asam, Tbk. (PTBA).” Share?: Social Work Journal 11(1):62. doi: 10.24198/share.v11i1.34207.

Izmaya, Hedy, dan Dety Purnamasari. 2021. “Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dan Kualitas Data Penginderaan Jauh.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) 6(2):93–98. doi: https://doi.org/10.30591/jpit.v6i2.497.

Nurdin, Ismail. 2019. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. 1 ed. diedit oleh S. H. Lutfiah. Surbaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Putri, Aning Kesuma, Devi Valeriani, Dian Prihardini Wibawa, dan Nanang Wahyudi. 2021. “Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap DPMPTSP dan Naker Kota Pangkalpinang.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 10(1):23–34. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i1.23337.

Rahayu, Amy Y., Vishnu Juwono, dan Krisna Puji Rahmayanti. 2020. Pelayanan Publik dan E-Goverment. 1 ed. diedit oleh Yayat Sri Hayati. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rifky, Imam Prarama. 2021. “Legitimasi Pelayanan Publik Perangkat Kelurahan Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009.” Esensi Hukum 3(2):158–69. doi: 10.35586/esensihukum.v3i2.84.

Silalahi, Andy Frans Leo, Syafruddin Ritonga, dan Beby Masitho Batubara. 2019. “Kualitas Pelayanan Publik dalam Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Quality of Public Services in Granting Building Permits at Integrated Licensing Service Agencies.” Perspektif 8(1):8–14. doi: https://doi.org/10.31289/perspektif.v8i1.2505.

Suandi. 2019. “Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.” Journal PPS UNISTI 1(2):13–22. doi: 10.48093/jiask.v1i2.8.

Taufiqurokhman. 2014. Kebijakan Publik: Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. 1 ed. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers).

Yogia, Moris Adidi, dan Made Devi Wedayanti. 2019. Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ekologi Administrasi Publik. 1 ed. diedit oleh P. S. Prihatin. Riau: Marpoyan Tujuh Publishing.

?

Downloads

Published

2024-11-18

How to Cite

Amelia, A. ., & Rizki, M. (2024). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil PTASDP Indonesia Ferry (Persero). Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 6(2), 51–58. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/842

Issue

Section

Articles