Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kompetensi pegawai dalam meningkatkan kinerja pada  Bidang TIK PMJ. Hasil analisis yaitu: 1) Kompetensi Pegawai Dalam Meningkatkan Kinerja Bidang TIK Polda Metro Jaya. Aspek yang diteliti: yaitu: (a) Aspek Pengetahuan, (knowledge), yaitu: pengetahuan pegawai sudah cukup baik,  sebagian pegawai telah mengikuti pendidikan dan memiliki sertifikat, (b) Aspek Pemahaman (Understanding), yaitu: bagi pegawai secara aplikatif belum sepenuhnya memahami tugas pekerjaannya secara menyeluruh, (c) Aspek Kemampuan/Keterampilan (skill), yaitu: kemampuan kerja belum sepenuhnya menunjukkan kemampuan karena kurangnya kemampuan mereka. (d) Aspek Sikap (Attitude), yaitu: Secara aplikatif, bahwa sikap pegawai dalam bekerja telah memenuhi kualifikasi Meskipun intensitasnya masih rendah (e) Aspek Minat (Interest), yaitu: Pegawai yang memiliki minat cenderung bersemangat ditunjukkan oleh kesediaan mereka untuk berpartisipasi. 2) Strategi Dalam Meningkat Kinerja Pada Bidang TIK Polda Metro Jaya (a) Komunikasi perlu dilakukan pembenahan, (b) Motivasi sudah berjalan baik, meskipun masih terdapat persepsi informan menyatakan jarang memberi insentif, bonus, uang lelah. Melihat dari kesimpulan di atas, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang diharapkan untuk dipertimbangkan: 1) Kompetensi Pegawai Dalam Meningkatkan Kinerja Bidang TIK Polda Metro Jaya. (a) Diupayakan ruang untuk pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. (b) memfasilitasi pegawai dalam bekerja agar lebih memahaminya (c) Untuk meningkatkan kemampuan untuk dapat menjaga konsistensi pegawai dalam bekerja. (d) Diharapkan bahwa sikap kesetiaan dan kesadaran yang dapat memaksimalkan kinerja. (e) Untuk meningkatkan minat kerja diharapkan untuk dapat memberikan kesempatan pegawai bekerja sesuai dengan minat dan kesempatan untuk bertanggung jawab atas pekerjaannya. 2) Strategi Dalam Meningkat Kinerja Pada Bidang TIK Polda Metro Jaya. (a) Hendaknya atasan lebih meningkatkan komunikasi, dapat mengerti dan paham tentang tugas yang diberikan (b) Diharapkan lebih menerapkan budaya system reward,  agar dapat menjadi motivator bagi pegawai dalam bekerja.
Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Kinerja

Article Details

References

  1. Andika, Muhammad (2023), “Pengembangan Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Merangin Provinsi Jambi”
  2. Azizi, Sayidul Umam (2023), “Pengembangan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen”.
  3. Bintoro dan Daryanto. (2017). “Manajemen Penilaian Kinerja Pegawai”. Cetakan 1. Yogyakarta: Gava Media.
  4. Budiasa. (2021). “Beban Kerja dan Kinerja Sumber Daya Manusia”. Penerbit CV. Pena Persada: Banyumas Jawa Tengah.
  5. Denzin, Norman K & Yvonna S Lincoln. (2007). “Handbook of Qualitative Research”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Dessler, Gary. (2010). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi Kesepuluh. Jilid Satu Jakarta: PT. Indeks
  7. Edison, Emron., dkk. (2016), “Manajemen SDM”. Alfabeta. Bandung
  8. Fatimah, Siti, dkk (2024), “Pengembangan Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat”.
  9. Gunawan, Iman (2016), “Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik”, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara.
  10. Hamali, A. Y. (2018). “Pemahaman Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta: PT Buku Seru.
  11. Handoko, Hani T., (2014), “Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia”, Edisi Kedua, Yogyakarta, BPFE-Yogayakarta Anggota IKAPI.
  12. Hasibuan, H. Malayu S.P. (2016). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara;
  13. Moleong, Lexy J, (2007), “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Moeheriono. (2012). “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  15. Nawawi, Hadari, (1998), “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif”, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  16. Ningsih Eva (2018), “Pengembangan Kompetensi Pegawai Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kutai Barat”.
  17. Pasolong, Harbani, (2017), “Teori Administrasi Publik”, Bandung, Alfabeta
  18. Priansa Juni Doni, (2016), “Perencanaan & Pengembangan SDM”, Bandung, Alfabeta.
  19. Priyono. (2010). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Surabaya: Zifatama Publisher.
  20. Robbins, Stephen P. (2016). “Perilaku Organisasi. Jakarta Selatan: Salemba Empat
  21. Sedarmayanti. (2020). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja”. Bandung: Mandar Maju
  22. Silaen, Novia Ruth S. R. (2021). “Kinerja Pegawai”. Bandung: Widina Bhakti Persada.
  23. Sinambela, Lijan Poltak dan Sarton Sinambela. (2019). “Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran Dan Implikasi Kinerja”. Depok: Rajawali Pers.
  24. Sinambela, L. P. (Prof. D. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. In PT.Bumi Aksara.
  25. Singarimbun, Effendi, (1995), “Metode Penelitian Survey”, Jakarta: Balai Pustaka.
  26. Sudaryo, Yoyo., Agus Aribowo, Nunung ayu Sofiati. (2018). “Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik”. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  27. Sudarmanto, 2014., “Kinerjakadan Pengembangan Kompetensi SDM”, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
  28. Sugiarto, Agung (2018), “Pengembangan Kompetensi Aparatur Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur”.
  29. Sugiyono. (2022). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
  30. Sutrisno, Edy, (2020). “Manajemen SDM”. Kencana Prenada Media Group, Jakarta
  31. Sumendap, Jefri dkk (2022), “Pentingnya Kompetensi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Biro Umum dan Keuangan Universitas Sam Ratulangi Manado”.
  32. Yuniarsih, Tjutju., Suwatno, (2016), “MSDM”, Teori, Aplikasi & Isu Penelitian, Alfabeta, Bandung.
  33. Rismawati, Mattalata. (2018). “Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan”. Makassar: Celebes Media Perkasa.
  34. Rivai, Veithzal, (2019). “MSDM Perusahaan dari Teori untuk Praktik”. Edisi Ketiga: Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
  35. Perundang-Undangan:
  36. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
  37. Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara
  38. PP. No. 46 Tahun 2011, tentang penilaian Prestasi Kerja PNS atau lebih dikenal DP3 (Daftar Penilaian Pelaksanakan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil).
  39. PP. No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
  40. Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  41. Keputusan Kapolri Nomor Pol.: KEP/54/X/2002, tanggal 17 Oktober 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja satuan-satuan organisasi pada tingkat Kepolisian Negara Republik Indonesia Daera