Implementasi Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SiOLA) Kementerian Dalam Negeri

Main Article Content

Enjang Muhidin
R. N. Afsdy Saksono
Bambang Giyanto

Abstract

Implementasi dari sebuah kebijakan adalah penting. Bahkan dikatakan lebih penting dari sebuah perencanaan dalam sistem manajemen. SiOLA merupakan salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) untuk mengatasi berbagai persoalan dalam berkomunikasi dengan public terkait pelayanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab belum optimalnya implementasi Sistem Informasi Layanan Administrasi Online (SiOLA) Kemendagri. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan telaahan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor penyebab belum optimalnya implementasi SiOLA sebagai bentuk penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government. Teori yang digunakan adalah Van Meter Van Horn yang menganalisis factor-faktor yang belum optimal yaitu Pertama, Faktor Sumber Daya (Manusia), berupa masih ada pejabat berwenang yang menangani tema konsultasi pada Unit Kerja terkait, belum sepenuhnya melaksanakan SOP (Tidak melakukan update progress layanan, sehingga tidak bisa di-tracking. Kedua, Faktor Karakteristik Sikap dan Perilaku, berupa hasil Laporan Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2023, yang telah di-ekspos, masih ada pendapat responden pengguna layanan yang menilai implementasi SiOLA masih terdapat kelemahan dalam pengelolaannya. Ketiga, Faktor Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Politik (Ekonomi), berupa adanya peningkatan jumlah kunjungan, yang disebabkan adanya keyakinan layanan langsung lebih  meyakinkan; daya tarik Kota Jakarta dan adanya kompensasi perjalanan dinas.
Kata Kunci :  Implementasi, Kebijakan Publik, SiOLA.

Article Details

References

  1. Buku :
  2. AG. Subarsono, (2015). Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi. Cetakan VII. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  3. Agustino, Leo. 2006. Dasar-dasar Kebijaksanaan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.
  4. Ahmad Jamaluddin, 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.
  5. Akdon, 2011. Strategic Management For Educational Management (Manajemen. Strategik untuk Manajemen Pendidikan), Bandung: Alfabeta
  6. Amir, Taufiq. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Pers.
  7. Anggara, Sahya (2014). Kebijakan Publik, CV Pustaka Setia, Bandung.
  8. Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
  9. Budiharto, Widodo. 2010. Robotika – Teori dan Implementasinya. Yogyakarta : Penerbit Andi
  10. Budi Winarno, (2016), Kebijakan Publik era Globalisasi: Teori, Proses, dan Studi Kasus Komparatif, (Yogyakarta: CAPS,)
  11. Daradjat Kartawidjaja (2011), Konsep dan Eektivitas Implementasi Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Madani Publishing : Jakarta.
  12. Dunn,William N. 2000. Pengantar Analisa Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press
  13. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
  14. Handayaningrat Soewarno, (2008), Pelayanan Publik, Jakarta, Gunung Jati, 2011.
  15. Hasan Alwi - Dendy Sugono (2002)Kamus Besar Bahasa Indonesia ; Penulis,; Penerbit, Balai Pustaka.,
  16. Husein, Umar. 2005. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  17. Lubis & Husain, 2007. Efektivitas Pelayanan Publik, Pustaka Binaman Presindo. Jakarta
  18. Mahmudi, 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Penerbit UUP STIM YKPN,. Yogakarta
  19. Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
  20. Nazir, Moh. 2017. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
  21. Nurdin Usman,(2004) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo Publisher. Jakarta.
  22. Purwadarminta, W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2006
  23. Richard M. Steers, 2015, Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga.
  24. Subagyo,Rokhmat,2017.Metode Penelitian Ekonomi Islam,Jakarta : Alim’s Publishing.
  25. Sugiyono.(2016). Metode Penlitian, Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung:Alfabeta
  26. Solichin Abdul Wahab (2017 : 131) Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Penyusunan Model, PT Bumi Aksara, Jakarta.
  27. Sutrisno, Edy, Manajemen Sumberdaya Manusia, Jakarta, Kencana, 2007.
  28. Suwitri, Sri, 2008. Konsep Dasar Kebijakan Publik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
  29. Winarno, Budi (2014) Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus), Jakarta: CAPS.
  30. Yamit, Zulian, (2003) Manajemen Produksi dan Operasi Edisi 2, Ekonisia, Yogyakarta,
  31. Perundang-Undangan :
  32. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  33. Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
  34. Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
  35. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 061-3755 Tahun 2014 tentang Pembentukan Unit Layanan Administrasi di Kemendagri
  36. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 43 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Dalam Negeri
  37. Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 555.4/2727/SJ Tanggal 1 April 2019 Hal Penerapan dan Pemanfaatan Aplikasi SiOLA di Unit Layanan Administrasi Kemendagri yang ditujukan kepada Pejabat Eselon I di lingkungan Kemendagri
  38. Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 061/1249/SJ Tanggal 10 Februari 2020 Hal Penerapan dan Pemanfaatan Layanan Online Aplikasi SiOLA yang ditujukan kepada Gubernur/Bupati/Walikota seluruh Indonesia;
  39. Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 061/4620/SJ Tanggal 14 Agustus 2020 Tentang Optimalisasi Penggunaan Aplikasi SiOLA Kementerian Dalam Negeri
  40. Media Online :
  41. https://mediaindonesia.com/teknologi/461342/maksimalkan-digitalisasi-pelayanan-publik
  42. Kota Surabaya :https://kemensos.go.id/benchmarking-pelayanan-terpadu-di-kota-surabaya
  43. Kabupaten Bone :https://bone.go.id/2020/02/19/penerapan-dan-pemanfaatan-layanan-online-di-aplikasi-siola/
  44. Provinsi Aceh :https://dlhk.acehprov.go.id/2020/02/info-penerapan-dan-pemanfaatan-layanan-online-di-aplikasi-siola/
  45. Provinsi Banten :https://biropemotda.bantenprov.go.id/index.php?/post/bimtek-aplikasi-simpel