Evaluasi Program Beasiswa Bagi Anak Pelaku Utama Tidak Mampu (Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Pengolah Hasil Perikanan) di Politeknik AUP Jakarta Tahun 2021-2022
Main Article Content
Abstract
Program pemberian beasiswa di Politeknik AUP merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan pendidikan anak pelaku utama tidak mampu. Terkait hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah program pemberian beasiswa tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan tujuannya. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan key informan dan dari dokumen yang terkait dengan program pemberian beasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme dan kriteria pemberian beasiswa telah sesuai dengan ketentuan yaitu beasiswa diberikan bagi anak pelaku utama tidak mampu. Namun masih terdapat aspek yang belum sesuai yaitu belum adanya petunjuk teknis pemberian beasiswa, belum dapat diberikannya biaya pendaftaran dan biaya seleksi penerimaan peserta didik baru serta belum sepenuhnya penerima beasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya.
Kata kunci: evaluasi; program; beasiswa; nelayan; miskin.
Kata kunci: evaluasi; program; beasiswa; nelayan; miskin.
Article Details
References
- Arifin, Z. (2010). Model-Model Evaluasi Program. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 2.
- Arikunto, S., & Jabar, C, S, A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.
- Asropi, Erfanti, M., & Timur, A. (2023). Community Empowerment Effectiveness In Waste Management With Maggot Bsf Bioconversion In Tangerang City. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(1), 88–100.
- Atmanegara, F. D. S., Putri, R. R. M., & Sutrisno. (2017). Implementasi Metode Profile Matching untuk Seleksi Penerimaan Anggota Asisten Praktikum ( Studi Kasus?: Laboratorium Pembelajaran Kelompok Praktikum Basis Data FILKOM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12), 1804–1812.
- BPS. (2018). Statistik Potensi Desa Indonesia Tahun 2018.
- Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Seri 5: Pendidikan Bagi Anak Nelayan.
- Doaly, T. (2023). Outlook KNTI: 80% Nelayan Kecil Berpendidikan di bawah SMP. Mongabay. https://www.mongabay.co.id/2023/02/17/outlook-knti-80-nelayan-kecil-berpendidikan-di-bawah-smp/
- Fajar, C., & Sadewi, P. Z. A. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi IAIN Surakarta Angkatan 2017. Journal of Multidisciplinary Studies, 4(1), 81–98.
- Hajaroh, M. (2019). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan dan Program (Metode, Nilai dan Menilai, Penggunaan). Foundasia, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26149
- Hapsari, D. T., Harini, & Nugroho, J. A. (2018). Pengaruh Beasiswa PPA dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP UNS Penerima Beasiswa PPA Periode Januari – Juni 2017. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1–15.
- Hawignya. (2015). Evaluasi Program Beasiswa Unggulan Pada Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 9(1), 1–27.
- Humaedi, M. A. (2012). Kemiskinan Nelayan: Studi Kasus Penyebab Eksternal dan Upaya Revitalisasi Tradisi Pengentasannya di Kaliori, Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 7(2), 193. https://doi.org/10.15578/jsekp.v7i2.5685
- Lahinta, A. (2009). Konsep Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kanidat Penerima Beasiswa (Studi Kasus Pada TPSDM 9 Profinsi Gorontalo) Prasetia. Graha Ilmu.
- Maifizar, A. (2016). Karakteristik dan Fenomena Kemiskinan Keluarga Miskin Pedesaan di Aceh. Community, 2, 298–314.
- Mastiyah, I. (2017). Evaluasi Program Bantuan Beasiswa Evaluation of Scholarship Program for Santri of High Achievement ( Pbsb ) At Pesantren. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(1), 91–107.
- Mesiono. (2017). Dalam Tinjauan Evaluasi Program. Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 4(2), 1–22. http://repository.uinsu.ac.id/3485/1/evaluasi program.pdf
- Murniasih, E. (2009). Buku Pintar Beasiswa: Panduan Komplet Meraih Beasiswa di Dalam maupun Luar Negeri. Gagah Media.
- Mutmainna, S. T., & Rasmika, I. (2020). Efektivitas Kebijakan Program Beasiswa Bidikmisi Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Jurnal Mappesona, Vol.3 No.2. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/1798
- Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
- Pusdik. (2023). Renstra Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2020-2024.
- Putra, A., & Hardiyanti, D. Y. (2011). Enentuan Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decission Making. Information, 3(1), 286–293.
- Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
- Suharyanto, A., Siagian, A. D., Juanda, Panjaitan, S. P., Tanjung, S., & Situmorang, T. S. (2017). Anthropos?: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya Persepsi Masyarakat Nelayan mengenai Pendidikan di Desa Paluh. Antropologi Sosial Dan Budaya, 3(1), 11–18.
- Susanto, R., & Pangesti, I. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 340. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4183
- Timur, A., Busthomi, M., & Masduki, E. (2023). Implementation Of Slum Areas With Development Of Thematic Villages In Tangerang City. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(1).
- Todaro & Smith. (2015). Economic Development (Twelfth Edition).
- Uriyalita, F., Syahrodi, J., & Sumanta. (2020). Evaluasi Program Indonesia Pintar (Pip) Telaah Tentang Aksesibilitas, Pencegahan Dan Penanggulangan Anak Putus Sekolah Di Wilayah Urban Fringe Harjamukti, Cirebon. Edum Journal, 3(2).
- Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (Cetakan 4). Kencana (Divisi dari Prenadamedia Group).
- Zebua, Y., Wildani, K. P., Lasefa, A., & Rahmad, R. (2017). Faktor Penyebab Rendahnya Tingka Kesejahteraan Nelayan Pesisir Pantai Sri Mersing Desa Kuala Lama Kabupaten Serdang Bedagai Sumateri Utara. Jurnal Geografi, 9(1), 88–98.