Implementasi Kebijakan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Al Inayah Kabupaten Tangerang (Studi Kasus)
Main Article Content
Abstract
Data kekerasaan kekerasan terhadap anak tahun 2020 sebanyak 12.425 dan tahun 2021 sebanyak 13.813 (Sumber Simfoni KemenPPPA) mengalami peningkatan setiap tahun, untuk mencegah hal tersebut maka Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PP dan PA meluncurkan Kebijakan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA. PUSPAGA adalah unit layanan keluarga untuk memampukan para orang tua untuk bertanggung jawab dan berkewajiban mulai dari mengasuh, mendidik, melindungi anak, menumbuhkembangkan minat bakat anak, mencegah perkawinan usia anak dan membangun karakter dan nilai-nilai budi pekerti, hal ini sesuai dengan amanah Pasal 26 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Saat ini Puspaga sudah terbentuk di 16 Provinsi dan 257 Kabupaten/Kota. Salah satu pelaksana kebijakan yang melaksanakan secara mandiri adalah Puspaga AL Inayah yang beralamat di Rajeg Kabupaten Tangerang. Dengan menggunakan teori implementasi kebijakan Model Van Metter Van Horn penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan PUSPAGA Al Inayah Kabupaten Tangerang dari 6 aspek. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa kendala dalam implementasi kebijakan PUSPAGA Al Inayah Kabupaten Tangerang. Dari aspek sumber daya yaitu kurangnya tenaga psikolog yang melayani klien yang berkunjung ke Puspaga Al Inayah dan kurangnya pelatihan penanganan kasus bagi pengurus, keterbatasan anggaran untuk melaksanakan sosialisasi parenting yang ramah anak ke warga sekitar Puspaga, Aspek komunikasi hanya selintas antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tangerang dengan Ketua Puspaga Al Inayah Tangerang. Sedangkan strategi untuk meningkatkan implementasi kebijakan di Puspaga Al Inayah yaitu berjejaring dengan lintas dinas terkait dan kementerian/lembaga untuk memberikan sosialisasi tentang parenting yang ramah anak serta berjejaring dengan perguruan tinggi yang memiliki program studi psikolog, untuk magang di Puspaga Al Inayah memberikan konsultasi atau pendampingan bagi keluarga yang bermasalah serta mengadakan dialog kinerja dengan Dinas PP dan PA Kab Tangerang.
Kata Kunci : Implementasi; Kebijakan Publik; Konsep PUSPAGA
Kata Kunci : Implementasi; Kebijakan Publik; Konsep PUSPAGA
Article Details
References
- Dye, Thomas R. 2017. Understanding Public Policy Understanding Public Policy.
- Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Jakarta?: PT. Raja Grafindo Persada.
- Grindel, Marilee. 2017. “Politics and Policy Implementation in The Thrid World.” In , 310.
- Husniyah, Azmatul. 2019. “‘Parenting Bagi Orang Tua Muda Di Pusat Pembelajaran Keluarga Surabaya Perspektif Abdullah Nashih `Ulwan.’” Al-Hukama’ 9(1): 172–94. doi:10.15642/alhukama.2019.9.1.172-194.
- Istania, Ratri. 2022. “The Struggling Aristocrats Noble Families’ Diminishing Roles after the Splitting of Tana Toraja Region (1).” Studi Asia Tenggara 11(No. 2): 195–218.
- Karunia, R. Luki, Darmawansyah Darmawansyah, Kurnia Sari Dewi, and Johan Hendri Prasetyo. 2023. “The Importance of Good Governance in the Government Organization.” HighTech and Innovation Journal 4(1): 75–89. doi:10.28991/HIJ-2023-04-01-06.
- Nugroho, Alih Aji, and Neneng Sri Rahayu. 11 International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Transformation of Innovation Values and Culture: Innovation Analysis of Regional Planning System in Special Region of Yogyakarta, Indonesia. www.ijicc.net.
- Nugroho, Riant. 2020. “Public Policy Dinamika Kebijakan Publik, Analisis Kebijakan Publik, Manajemen Politik Kebijakan Oublik, Etika Kebijakan Publik, Kimia Kebijakan Publik.” In Jakarta: Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 898.
- Patadjenu, Syahrifan, Mala Sondang Silitonga, and Asropi Asropi. 2023. “TATA KELOLA KOLABORATIF PENGEMBANGAN PARIWISATA LIKUPANG, KABUPATEN MINAHASA UTARA Tourism Development Collaborative Governance of Likupang, North Minahasa Regency.”
- Rachman, R F. 2019. “‘Implementasi Kebijakan Pusat Konseling Anak Dan Remaja Di Surabaya.’” Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan … 8(2): 77–91.
- Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Bandung?: Alfabeta.
- Susilowati, Muhamad Akbar. 2019. “‘Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanganan Remaja Beresiko Di RW 09 Kebon Pisang Kota Bandung.’” Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerja Sosial 1(2).
- Suwarno, Yogi, and Nila Kurnia Wati. 2020. “E-GOVERNMENT INSTITUTIONAL CAPACITY IN PROVINCIAL GOVERNMENTS OF WEST-JAVA AND EAST-JAVA.” Jurnal Studi Pemerintahan 11(2). doi:10.18196/jgp.112117.
- Wahab, Solichin Abdul. 2017. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Widodo, Joko. 2006. Analisis Kebijakan Publik, Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Malang: Media Nusa Creative.
- Yusuf, Muri. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan.” In Jakarta: Jakarta?: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 480.