Main Article Content

Abstract

Puspeka Kemendikbudristek pada bulan September tahun 2021 telah meluncurkan sebuah inovasi LKPK untuk menyemarakkan kampanye penguatan karakter melalui pelibatan ekosistem pendidikan. Untuk meningkatkan penyebaran dan pelibatan penggunaan, inovasi LKPK telah melibatkan agen perubahan yang disebut APK dan juga menambahkan aspek gamifikasi dalam inovasinya. Dalam penelitian ini dilakukan studi untuk mengetahui apakah tingkat fleksibilitas (keleluasaan dalam menggunakan sumber daya), keluasan jaringan sosial, dan komitmen agen perubahan, serta aspek elemen gamifikasi LKPK berpengaruh kepada keberhasilan pada tahap awal penyebaran inovasi LKPK. Penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui survei yang dilakukan pada 15 hingga 26 November 2021, menggunakan instrumen skala likert, dengan melibatkan responden 72 orang APK dari 23 provinsi di Indonesia. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel fleksibilitas dan jaringan sosial tidak berpengaruh pada keberhasilan tahap awal penyebaran inovasi. Sebaliknya komitmen agen perubahan serta elemen gamifikasi dari inovasi merupakan variabel yang menunjukan pengaruh signifikan pada keberhasilan tahap awal penyebaran inovasi LKPK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa agen perubahan merupakan individu berprestasi yang telah memiliki fleksibilitas dan jejaring yang kuat. Akan tetapi, jika dilihat dari keberhasilan inovasi yang ditentukan dari jumlah praktik baik yang dipublikasikan di dalam LKPK maka hal tersebut dipengaruhi oleh besarnya komitmen agen perubahan untuk aktif melakukan dan mengunggah praktik baik ke dalam LKPK untuk dapat dilihat oleh para pengunjung portal. Selain itu, penerapan gamifikasi yang dianggap agen perubahan sebagai hal yang bermanfaat, juga menjadi faktor pendorong dalam keberhasilan inovasi. Penelitian ini merekomendasikan agar Puspeka Kemendikbudristek memberikan dorongan kepada agen perubahan untuk meningkatkan komitmen dalam menggunakan dan menyebarluaskan inovasi. Elemen gamifikasi dalam LKPK juga perlu secara bertahap dikembangkan mengikuti tren di media sosial untuk meningkatkan intensitas penggunaan dan menarik pengguna baru aplikasi. Selain itu diperlukan adanya penelitian untuk mengkaji lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen pengguna dalam penggunaan aplikasi LKPKKata Kunci: inovasi pemerintah, agen perubahan, fleksibilitas, jaringan sosial, komitmen, gamifikasi, penguatan karakter.

Article Details

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Almeida, F. and Simoes, J., 2019. The role of serious games, gamification and Industry 4.0 tools in the Education 4.0 paradigm. Contemporary Educational Technology, 10(2), hal 120-136.
  3. Arsenjijevic, J., Pazic, J., Andevski, M. 2011. Knowledge Sharing Information System in Education. Proceedings of EDULEARN11 Conference.
  4. Asram, N. 2008 Reward System for Implementing Knowledge Sharing. ISECS International Colloquium on Computing, Communication, Control, and Management.
  5. Bankins, S., Denness, B., Kriz, A., & Molloy, C. (2017). Innovation agents in the public sector: Applying champion and promotor theory to explore innovation in the Australian Public Service. Australian Journal of Public Administration, 76(1), hal 122–137.
  6. Deterding, S., Dixon, D., Khaled, R. and Nacke, L. (2011) From game design elements to gamefulness: defining gamification, Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments Ed.) ACM, hal 9-15.
  7. Goh, E. and Sigala, M., 2020. Integrating Information & Communication Technologies (ICT) into classroom instruction: teaching tips for hospitality educators from a diffusion of innovation approach. Journal of Teaching in Travel & Tourism, 20(2), hal 156-165.
  8. Janitzek, D.B. and Christensen, L.B., 2012. Gamification: The What and Why Not (Doctoral dissertation, Master’s Thesis. Copenhagen, Denmark: Copenhagen Business School, Department of Innovation and Organizational Economics).
  9. Javed, A., Anas M., Abbas, M., Khan, A.I. 2017. Flexible Human Resource Management And Firm Innovativeness: The Mediating Role Of Innovative Work Behavior. Journal of Human Resources
  10. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudqayaan, Riset, dan Teknologi.
  11. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2021. Kemendikbudristek Luncurkan Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter [Online]. Dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/kemendikbudristek-luncurkan-portal-praktik-baik-liga-kampanye-penguatan-karakter. [Diakses pada 1 Oktober 2021].
  12. Kusumawardhany, P.A. 2018. Pengaruh Kapasitas Absorptif dan Situs Jejaring Sosial Terhadap Kinerja Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 11 (1), hal 71-88.
  13. Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  14. Maitri, L., Purba, D.E. 2018. Hubungan antara Fleksibilitas Sumber Daya, Modal Psikologis dan Perilaku Kerja Inovatif. Jurnal Psikologi 14 (1), hal 86-94.
  15. Matahelumual, N.P. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi 7 (1), hal 641-650.
  16. McKee, Neil. 1992. Social Mobilization & Social Marketing (Lessons for Communicator). Southbound Penang.
  17. Mowday, R. T., Steers, R.M., Potter, L.W. 1979. The Measurement of Organizational Commitment. Journal of Vocational Behavior 7 (2), hal 224-247.
  18. Asram, N. 2008 Reward System for Implementing Knowledge Sharing. ISECS International Colloquium on Computing, Communication, Control, and Management.
  19. Ofosu-Ampong, K., Boateng, R., Anning-Dorson, T. and Kolog, E.A., 2020. Are we ready for Gamification? An exploratory analysis in a developing country. Education and Information Technologies, 25(3), hal 1723-1742.
  20. Perez, G., Popadiuk, S. and Cesar, A.M.R.V.C., 2017. Internal factors that favor the adoption of technological innovation defined by information systems: a study of the electronic health record. RAI Revista de Administração e Inovação, 14(1), hal 67-78.
  21. Prayudhawati, Bondan Ndaru. Peningkatan Perilaku Inovatif Melalui Budaya Organisasi. Jurnal EKOBIS 15 (2), hal 19-32.
  22. Prasad, J.V., Alexander, J. and Misra, S., 2019. Gamification and Employees’ Perception: An Empirical Evaluation Using Gamification Effectiveness Scale. International Journal Management Business Research.
  23. Rogers, E. (2003). Diffusion of Innovations. Fifth edition. Free Press: New York.
  24. Rogers, E.M. 1995. Diffusion of Innovations. 4th. Ed. Sydney: The Free Press.
  25. Roth, S., Schneckenberg, D. and Tsai, C.W., 2015. The ludic drive as innovation driver: Introduction to the gamification of innovation. Creativity and Innovation Management, 24(2), hal 300-306.
  26. Sanchez,A., Vela-Jimenez, M.J., Perez-Perez, M. dan de-Luis-Carnicer, P. 2011. The Dynamics of Labour Flexibility: Relationship between employment type and innovativeness. Journal of Management Studies 48 (4), hal 715-736.
  27. Sawan, Fransiskus, Dr Suryadi, Dr. Nurhattati, M.Pd, Prof. Dr. Dra. Neti Karnati, MPd, Knowledge Sharing: Strategi Penguatan Perilaku Berbagi Pengetahuan dalam Perspektif Servant Leadership. Nas Media Pustaka, Yogyakarta: 2021
  28. Van Baalen, P., Bloemhof-Ruwaard, J. and Van Heck, E., 2005. Knowledge Sharing in an Emerging Network of Practice: The Role of a Knowledge Portal. European Management Journal, 23(3), hal 300-314.
  29. Wawantoro. 2020. Kontribusi Komitmen dan Motivasi Kerja Guru terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada Pondok Pesantren Al-Ishlah di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Tesis, UIN Raden Fatah Palembang.
  30. Ye, C., Jha, S. and Desouza, K.C., 2015. Communicating the business value of innovation. International journal of innovation science.
  31. Zhou, K.Z. and Wu, F., 2010. Technological capability, strategic flexibility, and product innovation. Strategic Management Journal, 31(5), hal 547-561.