Evaluasi Diklat Keahlian Ganda 2 Bagi Guru SMK Menggunakan Metode “CIPP” di PPPPTK Bisnis dan Pariwisata Tahun 2019

Main Article Content

Dwikora Hayuati

Abstract

Evaluasi diklat Keahlian Ganda 2 bagi guru SMK ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan diklat Keahlian Ganda 2 yang diselenggarakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bisnis dan Pariwisata tahun 2019.  Masalah penelitian evaluasi ini adalah : Bagaimana hasil diklat keahlian ganda 2 ditinjau pada 4 aspek komponen diklat, yaitu : contexs, input, process dan product. Metode yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pertimbangan kemanfaatan dan keberlanjutan program diklat keahlian ganda di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada aspek contexs, diperoleh hasil 83,33 % diklat keahlian ganda 2 dinyatakan mendukung upaya peningkatan jumlah dan kompetensi pendidik kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); pada aspek input diperoleh hasil 72,50 % masukan dalam diklat Keahlian Ganda 2 diketahui sangat baik, pada aspek process diperoleh hasil 75,17 % proses pelaksanaan diklat Keahlian Ganda pada setiap tahapannya berjalan dengan baik; dan pada aspek  product diperoleh hasil 99,40 % dimana hasil belajar peserta diklat telah memenuhi standar kelulusan.  Rekomendasi dari hasil evaluasi diklat keahlian ganda ini adalah dapat dilanjutkan sebagai upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas guru kejuruan di SMK,  dengan mempertimbangkan dan memperbaiki komponen diklat sesuai hasil evaluasi, antara lain tenaga pengajar, target pencapaian kompetensi, rekrutmen calon peserta dan waktu pelaksanaannya.Kata Kunci: Contexs, Input, Process, Product

Article Details

References

  1. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kepedidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pedoman Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik Bagi Guru SMK/SMA (Keahlian Ganda) Angkatan 2, Jakarta: 2017
  2. Giat Ridhansyah Syqmanoti. (2013). Penerapan Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelaksanaan TOC di Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY. Yogyakarta: UNY
  3. http://0922143novria.blogspot.com/2012/09/v-behaviorurldefaultvmlo.html
  4. https://123dok.com/document/y4gxjevy-pengertian-pendidikan-dan-pelatihan-diklat.html#pdf-content
  5. https://tepenr06.wordpress.com/2012/10/02/model-model-evaluasi-program/
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2019 : Petunjuk Teknis Program Sertifikasi Keahlian & Sertifikasi Pendidik Bagi guru SMA/SMK (Keahlian Ganda) Angkatan 2
  7. Kirkpatrick, D.L.(2005).Kirkpatrick’s training evaluation model. Diambil pada tanggal 23 Sepember 2005, dari http://www.businessballs. com/ Kirkpatrick learningevaluationmodel.htm
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020. : Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012: Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Jakarta: 2012
  10. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. "Statistik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2016/2017". Jakarta: PDSPK Kemdikbud.
  11. Salinan Intruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016: Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta: 2016
  12. Stufflebeam, D.L., Coryn, Chris L.S.. (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edition). San Fransisco: Jossey-Bass
  13. Tim Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. "Revitalisasi Pendidikan Vokasi". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  14. Wikipedia. Evaluasi. [Online]. Tersedia di : http://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi (13 April 2012)