DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK
Abstract
Video promosi merupakan bentuk penayangan informasi yang bersifat audio visual sehingga menjadi kunci mengenai suatu merek atau membagikan informasi kepada konsumen. Perkembangan Informasi dan Teknologi (TIK) sangat mengevolusi perkembangan industri pariwisata secara cepat. Bahkan berbagai tempat wisata saat ini berlomba-lomba membangun persaingan brand destination di media sosial. Dewi Sri Waterpark merupakan tempat wisata yang cukup estetik. Karena tempat wisata ini merupakan satu-satunya kolam renang pertama yang mengusung tema indoor terbesar di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Maka penelitian ini membantu perusahaan Dewi Sri Waterpark membuat suatu video promosi yang dikemas dengan menarik untuk meningkatkan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan dan data sekunder dari hasil lapangan dan literatur yang terkait. Informan dalam penelitian ini dilakukan secara langsung kepada pihak internal yaitu 1 orang Manajer Dewi Sri Waterpark dan 1 orang Tim Media Sosial Dewi Sri Waterpark. Serta informan berasal dari pihak eksternal yaitu 1 orang praktisi dalam hal pembuatan video promosi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak video promosi dengan meningkatnya jumlah pengunjung di Dewi Sri Waterpark 2 kali lipat dalam sebulan. Data tersebut di uji dengan hasil kuesioner yang dibagikan dengan mendapat skor 90% atau 0,90. Mengacu pada Skala Guttman angka tersebut berada pada high association (strong association) up to perfect association artinya sangat memberikan dampak terhadap peningkatan pengunjung di Dewi Sri Waterpark. Kata kunci : Video Promosi, Media Sosial, Dampak Video PromosiReferences
Alfajri, Fitra, dan Viranda Adhiazni. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran.1.
Arifin, Zainal. (2018). Perancangan Video Promosi Batik Samin Jatiwangi Sebagai Upaya Mengenalkan Batik Kabupaten Blora. Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya.
Astrama, I Made, dan Mahayasa, Gede Aryana. (2021). Kajian Strategi Pemasaran Obyek Wisata Gunung Kawi Tampaksiring Kabupaten Gianyar Ditinjau Dari Persepsi Wisatawan. 39–44.
Kemp, Simon. (2022). Digital 2022 Indonesia. Data Reportal. 2022. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.
Kotler, Philip. 2000. Prinsip Pemasaran Manajemen. Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
———. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. 2 ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kustandi, Cecep, dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor. Ghalia Indonesia.
Larichy, Riandy. (2020). Perancangan Video Promosi Desa Wisata Conto Sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmiah. 7-8.
Lukitaningsih, Ambar. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. 121-122.
Mahesti, Novia Dyah. (2020). Perancangan Video Promosi Destinasi Wisata Kabupaten Rembang. Universitas Negeri Semarang.
Nurjanah. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. 40.
Rayinda, Maria Anasthasia, dan Irwansyah. (2019). Pengaruh User Generated Content Terhadap Perilaku Para Foodie Pengguna Media Sosial. 117–120.
Rosdi, Moh. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. 49–54.
Rulita, Utari Eka. (2021). Manajemen Pemasaran. Warung Pintar. 2021. https://warungpintar.co.id/blog/manajemen-pemasaran/.
Sanusi, Achmad. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Stanton, W.J. (2001). Prinsip Pemasaran. 1 ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tasruddin, Ramsiah. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. 107–112.
Yulia, Lia, dan Setianingsih, Wiwin. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). 350-352.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
JBEST is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.