DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK

Authors

  • Eljihad Akbari Syukriah Mathory Polytechnic STIA LAN Makassar
  • Syahna Syahna Polytechnic STIA LAN Makassar

Abstract

Video promosi merupakan bentuk penayangan informasi yang bersifat audio visual sehingga menjadi kunci mengenai suatu merek atau membagikan informasi kepada konsumen. Perkembangan Informasi dan Teknologi (TIK) sangat mengevolusi perkembangan industri pariwisata secara cepat. Bahkan berbagai tempat wisata saat ini berlomba-lomba membangun persaingan brand destination di media sosial. Dewi Sri Waterpark merupakan tempat wisata yang cukup estetik. Karena tempat wisata ini merupakan satu-satunya kolam renang pertama yang mengusung tema indoor terbesar di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Maka penelitian ini membantu perusahaan Dewi Sri Waterpark membuat suatu video promosi yang dikemas dengan menarik untuk meningkatkan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan dan data sekunder dari hasil lapangan dan literatur yang terkait. Informan dalam penelitian ini dilakukan secara langsung kepada pihak internal yaitu 1 orang Manajer Dewi Sri Waterpark dan 1 orang Tim Media Sosial Dewi Sri Waterpark. Serta informan berasal dari pihak eksternal yaitu 1 orang praktisi dalam hal pembuatan video promosi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak video promosi dengan meningkatnya jumlah pengunjung di Dewi Sri Waterpark 2 kali lipat dalam sebulan. Data tersebut di uji dengan hasil kuesioner yang dibagikan dengan mendapat skor 90% atau 0,90. Mengacu pada Skala Guttman angka tersebut berada pada high association (strong association) up to perfect association artinya sangat memberikan dampak terhadap peningkatan pengunjung di Dewi Sri Waterpark. Kata kunci : Video Promosi, Media Sosial, Dampak Video Promosi

References

Alfajri, Fitra, dan Viranda Adhiazni. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran.1.

Arifin, Zainal. (2018). Perancangan Video Promosi Batik Samin Jatiwangi Sebagai Upaya Mengenalkan Batik Kabupaten Blora. Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya.

Astrama, I Made, dan Mahayasa, Gede Aryana. (2021). Kajian Strategi Pemasaran Obyek Wisata Gunung Kawi Tampaksiring Kabupaten Gianyar Ditinjau Dari Persepsi Wisatawan. 39–44.

Kemp, Simon. (2022). Digital 2022 Indonesia. Data Reportal. 2022. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip Pemasaran Manajemen. Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

———. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. 2 ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustandi, Cecep, dan Sutjipto, Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor. Ghalia Indonesia.

Larichy, Riandy. (2020). Perancangan Video Promosi Desa Wisata Conto Sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Jurnal Ilmiah. 7-8.

Lukitaningsih, Ambar. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. 121-122.

Mahesti, Novia Dyah. (2020). Perancangan Video Promosi Destinasi Wisata Kabupaten Rembang. Universitas Negeri Semarang.

Nurjanah. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. 40.

Rayinda, Maria Anasthasia, dan Irwansyah. (2019). Pengaruh User Generated Content Terhadap Perilaku Para Foodie Pengguna Media Sosial. 117–120.

Rosdi, Moh. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. 49–54.

Rulita, Utari Eka. (2021). Manajemen Pemasaran. Warung Pintar. 2021. https://warungpintar.co.id/blog/manajemen-pemasaran/.

Sanusi, Achmad. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Stanton, W.J. (2001). Prinsip Pemasaran. 1 ed. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tasruddin, Ramsiah. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. 107–112.

Yulia, Lia, dan Setianingsih, Wiwin. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya). 350-352.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Mathory, E. A. S., & Syahna, S. (2022). DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 4(2), 105–119. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/522

Issue

Section

Articles