Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta pelatihan metode pembelajaran e-learning pada Balai Diklat Geospasial – Badan Informasi Geospasial. Kajian ini dilakukan pada tahun 2021 dengan sasaran alumni Balai Diklat Geospasial periode akhir tahun 2020-2021. Instrumen pengambilan sampel adalah kuisioner google form dengan lima tingkat skala Likert. Metode penentuan sampel adalah sampel acak sederhana dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis asosiatif kausal variable bebas terhadap variable terikat dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda. Data responden yang sudah lolos uji normalitas, validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik, maka diperoleh persamaan regresi linier berganda variabel bebas terhadap variabel terikat. Dengan uji statistik, ditemukan bahwa variable bebas kualitas pelayanan (tampilan-tampak, keandalan, daya tanggap, empati dan jaminan) secara simultan berpengaruh terhadap variable terikat kepuasan peserta pelatihan. Pada pemilihan model regresi linier berganda terbaik, bahwa metode backward elimination menyatakan bahwa aspek daya tanggap tidak berpengaruh terhadap kepuasan peserta pelatihan. Hal ini  dibuktikan dengan uji statistik dimana aspek daya tanggap nilai signifikansinya melemapaui nilai-p. Kata kunci: Kualitas pelayanan; kepuasan peserta pelatihan; e-learning

Article Details

References

  1. Hasbi, M., Pendidikan, M., Fakultas, I., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Raden, U., & Palembang, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 87–109. https://doi.org/10.14421/Manageria.2018.31-05
  2. Kusjono, G., & Sudjiani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 83–94. https://doi.org/10.32493/FB.V1I1.2019.83-94.2269
  3. Prabandari, F., Stikes, S., & Gombong, M. (2020). Pengaruh Persepsi E-Learning Terhadap Kepuasan Mahasiswa Kebidanan Dalam Masa Pandemik Di Stikes Muhammadiyah Gombong. Ejournal.Stikesmuhgombong.Ac.Id, 16(1), 44–52. https://doi.org/10.26753/jikk.v16i1.401
  4. Rokhani, S., Ratna Marlianingrum, P., & Muhammadiyah Jakarta, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(3), 291–310. https://doi.org/10.35508/JOM.V14I3.5054
  5. Yuliani, E. (2018). Penentuan Model Matematika Terbaik Dengan Metode. http://repository.radenintan.ac.id/3784/1/Skripsi Endah.pdf
  6. Zulkarnain, Z. (2014). Spesifikasi Model Regresi Pengaruh Rasio Hutang, Pembayarandividen, Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham-Saham Idx 30 Di Indonesia.
  7. Fariha, Naela Faza dan Subekti, R. (2018). Pemilihan Model Regresi Terbaik Dalam Kasus Pengaruh Premi, Klaim, Hasil Investasi Dan Hasil Underwriting Terhadap Laba Asuransi Jiwa (Studi Kasus Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero)). Knpmp 3 2018, 15(2), 1–23. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/10151/Prosiding Knpmp 3 2018-775p ok_p013-775_p674-684.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  8. Arikunto, S. (2008). Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.
  9. Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
  10. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Koran, J. (2001). Aplikasi E-learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah-Sekolah Malaysia. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/33223186/Aplikasi_E-Learning_Dalam_Pengajaran_Dan_Pembelajaran_Di_Sek.pdf
  12. Laut Mertha Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata - I Made Laut Mertha Jaya - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yz8KEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA216&dq=definisi+penelitian+kuantitatif+&ots=snA6ZOBP4S&sig=E__Jzp3L3VT_oRff7svCeXQl-LM&redir_esc=y#v=onepage&q=definisi penelitian kuantitatif&f=false
  13. Naidu, S. (2006). E-Learning A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. In E-learning.
  14. Purwohedi, U. (2022). Metode Penelitian Prinsip dan Praktik (Tim RAS (ed.)). Raih Asa Sukses.
  15. Suartama, I. K. (2014). E-learning: Konsep dan Aplikasinya. Paper Presented in Balitbang Depdiknas Seminar ,18 Februari 2017, November, 1–200.
  16. Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfa Beta.
  17. Sujarweni, Wiratna & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk Penelitian (Pertama). Graha Ilmu.
  18. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality dan Customer Satisfaction. In Language (Vol. 20, Issue 436). http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12967
  19. Undang-Undang nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial, 11 Uud 1 (2011). http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.pdf
  20. Undang Undang Nomor 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik, (2008).
  21. Menpan RB. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. In Rule: Vol. (Issue).
  22. Keputusan Kepala Badan Informasi Geospasial nomor 64, (2020).
  23. Balai Diklat Geospasial. (2021). Laporan internal Balai Diklat Geospasial – BIG.