Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran komunikasi dalam pengambilan keputusan strategis pada organisasi publik. Dalam lingkungan yang kompleks dan dinamis, pemangku kepentingan menghadapi tantangan dalam merumuskan keputusan yang optimal. Komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam memperkuat transparansi, membangun kepercayaan, serta meningkatkan partisipasi dari berbagai pihak yang berkepentingan. Dengan pendekatan kajian literatur, penelitian ini mengidentifikasi strategi terbaik dalam manajemen komunikasi yang mendukung pengambilan keputusan yang lebih informatif dan responsif terhadap perubahan lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa komunikasi simetris dua arah, keterbukaan informasi, serta pengelolaan krisis yang strategis berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi keputusan yang diambil. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya strategi komunikasi dalam membangun hubungan yang solid antara organisasi publik dan pemangku kepentingannya, serta bagaimana hal tersebut berpengaruh pada kesuksesan organisasi dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Kata Kunci: Strategi Pengambilan Keputusan, Komunikasi Efektif, Organisasi Publik

Article Details

References

  1. Abdalla, M., Alarabi, L., & Hendawi, A. (2021). Crisis management art from the risks to the control: A review of methods and directions. Information (Switzerland), 12(1), 1–13. https://doi.org/10.3390/info12010018
  2. Acciarini, C., Brunetta, F., & Boccardelli, P. (2020). Cognitive biases and decision-making strategies in times of change: a systematic literature review. Management Decision, 59(3), 638–652. https://doi.org/10.1108/MD-07-2019-1006
  3. Afizha, J., & Kholik, A. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kpknl Jakarta Ii. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 3(3), 111–125.
  4. Alzoubi, H. M., & Aziz, R. (2021). Does emotional intelligence contribute to quality of strategic decisions? The mediating role of open innovation. In Journal of Open Innovation: Technology, Market, and …. Elsevier. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S219985312200899X
  5. Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administasi Kemennterian Agama RI. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285. https://doi.org/10.37817/ikon.v27i3.2615
  6. Azhar, I. N., Laksana, A., Fajarwati, N. K., & Fitrianti, R. (2025). Strategi Komunikasi Korporat: Membangun Loyalitas Karyawan , Citra Perusahaan, Dan Manajemen Krisis. 01(03), 72–75.
  7. Bello, C., Urman, R. D., Andereggen, L., Doll, D., & Luedi, M. M. (2022). Operational and strategic decision making in the perioperative setting: Meeting budgetary challenges and quality of care goals. Best Practice and Research: Clinical Anaesthesiology, 36(2), 265–273. https://doi.org/10.1016/j.bpa.2022.04.003
  8. Effendy, O. U. (2000). Strategi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Faustyna. (2023). Crisis Communications Related to Student Learning Implementation in Public Relations Marketing Event Course. International Journal Reglement & Society (IJRS), 4(Vol 4, No 2 (2023): May-August), 126–133. http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/ijrs/article/view/327/302
  10. Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2015). Managerial Accounting. Buku 1 (Edisi 8). Salemba Empat.
  11. Leiserowitz, A., Roser-Renouf, C., Marlon, J., & Maibach, E. (2021). Global Warming’s Six Americas: a review and recommendations for climate change communication. Current Opinion in Behavioral Sciences, 42, 97–103. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2021.04.007
  12. Li, J. Y., Sun, R., Tao, W., & Lee, Y. (2021). Employee coping with organizational change in the face of a pandemic: The role of transparent internal communication. Public Relations Review, 47(1), 101984. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2020.101984
  13. Maulana, N., Laurens, T., Faiz, H. A., & Patrianti, T. (2024). Manajemen Krisis PT. BSI Tbk Pasca Peretasan Data Nasabah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 8244–8258.
  14. Maylanie, J. T. (2022). Tahapan Pengambilan Keputusan (Kajian Teoritis dari James A. F. Stoner). OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 263–274.
  15. Musheke, M. M., & Phiri, J. (2021). The Effects of Effective Communication on Organizational Performance Based on the Systems Theory. Open Journal of Business and Management, 09(02), 659–671. https://doi.org/10.4236/ojbm.2021.92034
  16. Nababan, S. (2020). Strategi Pelayanan Informasi untuk meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 166. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3694
  17. Nahak, M., & Ellitan, L. (2023). Peran Perencanaan Strategik dan Kepemimpinan Strategik dalam Membangun Kinerja Organisasi Publik. ULIL ALBAB?: Jurnal IlmiahMultidisiplin, 2(9), 3986–3999.
  18. Ndruru, Y., Ndruru, Y., & Lawalata, M. (2024). Berbicara Dengan Logika: Strategi Komunikasi Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran. Harmoni: Jurnal Ilmu …, 2(2), 60–69. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/harmoni-widyakarya/article/view/3049%0Ahttps://journal.widyakarya.ac.id/index.php/harmoni-widyakarya/article/download/3049/2760
  19. Osman, A., & Lew, C. C. (2021). Developing a framework of institutional risk culture for strategic decision-making. Journal of Risk Research, 24(9), 1072–1085. https://doi.org/10.1080/13669877.2020.1801806
  20. Priharsari, D. (2022). Systematic Literature Review Di Bidang Sistem Informasi Dan Systematic Literature Review in Information Systems and Computer Engineering?: a Guideline. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2), 263–268. https://doi.org/10.25126/jtiik.202293884
  21. Salsabila, T. H., Indrawati, T. M., & Fitrie, R. A. (2024). Meningkatkan Efisiensi Pengambilan Keputusan Publik melalui Kecerdasan Buatan. Journal of Internet and Software Engineering, 1(2), 21. https://doi.org/10.47134/pjise.v1i2.2401
  22. Salusu. (2006). Pengambilan Keputusan Strategic?: Organisasi Publik dan Organisasi Non Profi. Grasindo.
  23. Settembre-Blundo, D., González-Sánchez, R., Medina-Salgado, S., & García-Muiña, F. E. (2021). Flexibility and Resilience in Corporate Decision Making: A New Sustainability-Based Risk Management System in Uncertain Times. Global Journal of Flexible Systems Management, 22(December), 107–132. https://doi.org/10.1007/s40171-021-00277-7
  24. Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations Pt. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792
  25. Ulum, I. (2010). Akuntansi Sektor Publik. Graha Ilmu.
  26. Yuanita, D. (2021). Peran key opinion leader dalam strategi public relations pada komunikasi krisis perusahaan. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(1), 23. https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.29693