Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berfokus pada eksplorasi lebih lanjut mengenai kinerja dari pemanfaatan mesin ADM sebagai bentuk pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif dan analisis, dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 18 informan. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kinerja mesin ADM sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan pencetakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat berdasarkan indikator Model Service Quality. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu gangguan jaringan listrik, ketidakstabilan koneksi internet, proses aktivasi memakan waktu lama, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, kurangnya SDM yang berfokus pada pelayanan mesin ADM, kendala teknis pada printer KIA, serta kurangnya pencatatan penggunaan mesin ADM oleh beberapa instansi. Hambatan pelayanan juga terjadi karena lambatnya teknisi Disdukcapil dalam menangani permasalahan atau perbaikan pada mesin ADM. Oleh karena itu, perlu adanya upaya peningkatan kinerja mesin ADM, seperti perbaikan infrastruktur, peningkatan kualitas jaringan internet, penyederhanaan proses aktivasi, intensifikasi sosialisasi, perawatan berkala pada perangkat keras, serta peningkatan sistem pelaporan dan koordinasi ke Disdukcapil. Sehingga penelitian ini menemukan bahwa kondisi fisik dan dan kualitas pelayanan melalui mesin ADM membutuhkan perhatian dan pemeliharaan berkala agar dapat mengoptimalkan kinerja pelayanan publik.
Kata kunci: kinerja; mesin ADM; pelayanan publik; digitalisasi

Article Details

References

  1. Adlini, M. N., & dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 974.
  2. Adryani, V. Y. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Pada Layanan Administrasi Kependudukan. Journal Prosiding Seminar Nasional, 239-251.
  3. Aji, N. W., & dkk. (2023). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 64.
  4. Ananda, T., & dkk. (2024). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Kapanewon Nganglik. Jurnal Dinamika, 1-2.
  5. Bakar, A. (2020). Hakekat Pelayanan Publik. Jurnal Perspektif, 84-87.
  6. Christover, D., & dkk. (2023). Penerapan Konsep-Konsep Digitalisasi dalam Pelayanan Publik di Kantor Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 200.
  7. Denpasar, P. K. (2020, February 27). Pertama di Bali, Pemkot Denpasar Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri. Retrieved from denpasarkota.go.id: https://www.denpasarkota.go.id/berita/pertama-di-bali-pemkot-denpasar-luncurkan-anjungan-dukcapil-mandiri
  8. Dewi, F. C., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Penerapan Electronic Government Melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) (Studi Kasus pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan). Publika, 637.
  9. Engkus, & dkk. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 42.
  10. Fatimatuzzahro, Q., & dkk. (2024). Analisis Efektivitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Udicious: Journal of Management, 62.
  11. Kilas, A. (2021, April 30). Miliki 3 Mesin ADM, Warga Denpasar Lebih Senang Urus Administrasi ke Disdukcapil. Retrieved from kilasbali.com: https://www.kilasbali.com/2021/04/30/miliki-3-mesin-adm-warga-denpasar-lebih-senang-urus-administrasi-ke-disdukcapil/
  12. Latipah, & dkk. (2024). Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 343-346.
  13. Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 34-35.
  14. Lestari, R. A., & Santoso, S. A. (2022). Pelayanan Publik dalam Good Governance. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JUISPOL), 46.
  15. Nv. (2022, September 03). Desa Tegal Harum Kini Miliki ADM Sendiri. Retrieved from nusabali.com: https://www.nusabali.com/berita/124460/desa-tegal-harum-kini-miliki-adm-sendiri
  16. Pujowati, Y. (2021). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Kebersihan di Kota Kediri. Journal of Urban Sociology, 34.
  17. Rahayu, D., & Agus, N. F. (2022). Inovasi Pekan Sagu dan Moment of Truth Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seluma di Era Vuca. Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial dan Politik, 241.
  18. Rahmadana, M. F., & dkk. (2020). Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
  19. Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 2446.
  20. Ruzaqila, K. A., & dkk. (2024). Implementasi Inovasi Pelayanan Publik Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jepara. Journal of Politic and Government Studies, 3.
  21. Sim, E. N., & Atong, P. (2023). Kinerja Pelayanan Publik. Fokus, 20-27.
  22. Statistik, B. P. (2024, March 21). Jumlah Desa/Kelurahan Menurut Kecamatan di Kota Denpasar. Retrieved from bps kota denpasar: https://denpasarkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTc4IzI=/jumlah-desa-kelurahan-menurut-kecamatan-di-kota-denpasar.html
  23. Suciati, O. D., & dkk. (2022). Analisis Kinerja Pegawai dalam Memberikan Pelayanan Administrasi di Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 166.
  24. Suparta, I. K. (2020, February 28). Pertama di Bali, Pemkot Denpasar Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri. Retrieved from bali.antaranews.com: https://bali.antaranews.com/amp/berita/182190/pertama-di-bali-pemkot-denpasar-luncurkan-anjungan-dukcapil-mandiri
  25. Tca. (2024, August 27). Pencetakan KTP di Mesin ADM Sudah Dihapus. Retrieved from nusabali.com: https://www.nusabali.com/berita/174509/pencetakan-ktp-di-mesin-adm-sudah-dihapus
  26. Titania, M. Y., & Nursadi, H. (2023). Kualitas dan Kepatuhan Pelayanan Publik Oleh Pemerintah di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 282.
  27. Wawuru, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2898.
  28. Witri, M. G. (2022). Digitalisasi Pelayanan: Adopsi Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Berbasis Website. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1813.