Main Article Content

Abstract

Pemerintah dalam rangka memperlihatkan cerminan yang baik di mata masyarakat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mengayomi masyarakatnya. Guna memberikan kesejahteraan masyarakat maka pelayanan kesehatan dinilai sangat penting karena hal tersebut sudah menjadi dasar dari kebutuhan masyarakat. Terdapat berbagai keluhan terkait pemberian pelayanan kesehatan khususnya di Poliklinik Gigi RS Labuang Baji, fakta tersebut didasarkan dari ulasan pengguna layanan yang terdapat pada Google Review RS Labuang Baji. RS Labuang Baji merupakan salah satu rumah sakit yang berada di Kota Makassar dengan menyediakan pelayanan Kesehatan poliklinik salah satunya Poliklinik Gigi. Poliklinik Gigi RS Labuang Baji memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan pelayanan kesehatan poliklinik gigi yang tersedia di rumah sakit atau klinik lain yaitu dengan memberikan pelayanan terhadap kesehatan yang ada pada bagian gigi dan mulut. Penelitian ini menggunakan metode mixed method atau penggabungan dua metode yaitu kualitatif dan kuantitatif dalam dilakukannya sebuah riset demi tercapainya hasil yang lebih lengkap atau komprehensif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap sembilan unsur pelayanan yang diberikan, Poliklinik Gigi RS Labuang Baji memperoleh predikat baik dengan nilai 80,6. Namun, masih terdapat unsur dengan nilai pelayanan yang buruk sehingga Poliklinik Gigi RS Labuang Baji perlu melakukan berbaikan dan peningkatan terhadap pelayanan kesehatan demi tercapainya kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Suvey Kepuasan Pasien, IKM, Kepuasan Masyarakat, RSUD, Poli Gigi

Article Details

References

  1. Aulia, Ridha, Rosihan Adhani, Irham Taufiqurrahman, dan Hatta Isnur. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Di Layanan Primer Banjarmasin.” DENTINO Jurnal Kedokteran Gigi 2(1): 95–100.
  2. Cahya, Kadek, and Susila Wibawa. 2019. “Urgensi Keterbukaan Informasi Dalam Pelayanan Publik Sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.” Administrative Law and Governance Journal 2(2): 218–34.
  3. Hakim, Alimul. 2017. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Ince Abdul Moeis Samarinda.” Jurnal Paradigma 4(3): 151–62.
  4. Hamim, Sulfian, Lolita Vianda, and Sella Pitaloka. 2020. “Penerapan Prinsip Prinsip Pelayanan Publik Di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dan Catatan Sipil Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru.” PUBLIKA?: Jurnal Ilmu Administrasi Publik 6(1): 1–10.
  5. Kementrian Kesehatan RI. 2009. UU No. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Undang-Undang Republik Indonesia.
  6. Machmud, Rizanda. 2008. “Manajemen Mutu Pelayanan.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas 2(2): 186.
  7. Mahsyar, Abdul. 2011. “Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik.” Otoritas?: Jurnal Ilmu Pemerintahan 1(2): 81–90.
  8. Rangkuti, Nurul Hikmah, Umar Zein, and Tri Ningsih Utami. 2021. “Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Kabupaten Aceh.” Jurnal AKRAB JUARA 6(1): 175–84.
  9. Ratnamiasih, Ina. 2012. “Kompetensi SDM Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit.” Trikonomika 11(1): 50.
  10. Rivai, Fridawaty et al. 2019. “Peningkatan Pengetahuan Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar Pasca Pelatihan Pelayanan Prima.” JURNAL TEPAT?: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services 2(1): 37–42.
  11. Rosita, Riska. 2017. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap.” IJMS - Indonesian Journal on Medical Science 4(1): 80–87.
  12. Samsu. 2017. Metode Penelitian. 2nd Ed. Edited by Rusmini. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
  13. Sandiata, Stefany B. 2013. “No TitlePerlindungan Hukum Hak Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pemerintah.” Lex Administratum 1(2): 187–94.
  14. Suandi. 2019. “View of Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.” Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan(JIASK) 1(2): 13–22.
  15. Syarif, Lin Hariati, PH Tasnim, and La Ode Kamalia. 2020. “Hambatan Kinerja Dokter Gigi Sebagai Provider Dalam Melakukan Pelayanan Gigi Dan Mulut Di Kabupaten Konawe: Studi Fenomenologi.” Jurnal Kesehatan Maasyarakat 13(1): 177–86.
  16. Taufiq, Muhammad, Samsualan, and Andi Surahman Batara. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasar Parepare.” Journal of Muslim Community Health (JMCH) 3(1): 83–92.
  17. Ulum, M. 2018. “Public Service: Tinjauan Teoretis Dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik.” In UB Press.