Main Article Content

Abstract

Servant leadership atau kepemimpinan yang melayani, sebagai suatu pendekatan kepemimpinan berfokus pada pelayanan kepada anggota tim, diyakini sesuai untuk diimplementasikan dalam organisasi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyelidiki karakteristik servant leadership pada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) berindeks profesionalitas (IP) aparatur sipil negara (ASN) relatif rendah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; dan 2) mengkaji model kepemimpinan yang melayani sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi kerja dan profesionalitas pegawai pemerintah daerah. Menggunakan teori servant leadership dari Greenleaf (1977), dalam versi yang sudah dikembangkan oleh Spears (2010), penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dalam bentuk survei kepada 10 OPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik servant leadership sangat beragam pada kesepuluh OPD. Komitmen pertumbuhan merupakan karakter dengan nilai terendah pada organisasi dengan IP ASN paling rendah dari kesepuluh OPD yang diteliti, sedangkan karakter tersebut justru mendapat nilai tinggi bahkan paripurna pada beberapa organisasi lain. Secara keseluruhan, karakter mendengarkan, empati dan kejelian menjadi karakter kepemimpinan melayani yang menonjol, sementara karakter penyembuhan, persuasi, kepedulian, dan membangun komunitas tergolong paling lemah.
Kata kunci: servant leadership, kepemimpinan, organisasi perangkat daerah

Article Details

References

  1. Afrianty, T. W., Kusumaningtias, A., & Sulistyo, M. C. W. (2020). Implementasi Servant Leadership Serta Dampaknya Terhadap Sikap Kerja Karyawan. Niagawan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/niaga.v9i2.19040
  2. Badan Kepegawaian Negara, D. (2022). Buku Saku Digital (e-book) Indeks Profesionalitas ASN. Badan Kepegawaian Negara.
  3. Cortellazzo, L., Bruni, E., & Zampieri, R. (2019). The Role of Leadership in a Digitalized World: A Review. Frontiers in Psychology, 10, 1–21. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01938
  4. Dahliyanti, D., & Adriani, Z. (2023). Peran Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(01), Article 01. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i01.17895
  5. Dani, A. R., & Mujanah, S. (2021). Pengaruh Servant Leadership, Beban Kerja dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Perhubungan Kabupaten Bangkalan Madura dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Media Mahardhika, 19(3), 434–445. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i3.269
  6. Dumatubun, N. F. M. L. (2021). Servant Leadership, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan dan Komitmen Organisasi. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, 12(1), 60–70. https://doi.org/10.35724/jies.v12i1.3461
  7. Dwijayanto, F., & Priyono, B. S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan yang Melayani dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja dengan Budaya Organisasi Sebagai Moderasi (Studi Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pati). Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 16(1), Article 1. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/view/7876
  8. Ebener, D. R., & O’Connell, D. J. (2010). How might servant leadership work? Nonprofit Management and Leadership, 20(3), 315–335. https://doi.org/10.1002/nml.256
  9. Greenleaf, R. K. (1977). Servant leadership: A journey into the nature of legitimate power and greatness. Paulist Press.
  10. Hogan, R., & Kaiser, R. B. (2005). What we know about Leadership. Review of General Psychology, 9(2), 169–180. https://doi.org/10.1037/1089-2680.9.2.169
  11. Irfan, A., Irwan, A., & Alim, A. (2021). Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maros. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1272
  12. Li, L. C., Grimshaw, J. M., Nielsen, C., Judd, M., Coyte, P. C., & Graham, I. D. (2009). Evolution of Wenger’s concept of community of practice. Implementation Science, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/1748-5908-4-11
  13. Mittal, R., & Dorfman, P. W. (2012). Servant leadership across cultures. Journal of World Business, 47(4), 555–570. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2012.01.009
  14. Purwanto, A., Purba, J. T., Bernarto, I., & Sijabat, R. (2021). Pengaruh Servant, Digital dan Green Leadership terhadap Kinerja Industri Manufaktur Melalui Mediasi Komitmen Organisasi. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.174
  15. Sendjaya, S., Sarros, J. C., & Santora, J. C. (2008). Defining and Measuring Servant Leadership Behaviour in Organizations: Servant Leadership Behaviour in Organizations. Journal of Management Studies, 45(2), 402–424. https://doi.org/10.1111/j.1467-6486.2007.00761.x
  16. Setiawan, I., & Ekhsan, M. (2021). Peran Mediasi Kepercayaan pada Pengaruh Kepemimpinan Melayani Terhadap Kinerja Karyawan PT Nesinak. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.314
  17. Setiawan, R., Sumantri, S., Iskandar, Tb. Z., & Sulastiana, M. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Pelayan dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kota Bekasi. Indonesian Journal of Applied Sciences, 5(3). https://doi.org/10.24198/ijas.v5i3.15060
  18. Setiyono, B. (2017). Suatu Tinjauan tentang Proses Rekrutmen Anggota Polri Polda Sulawesi Tengah yang Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis (Betah) Ke Arah Kelestarian Governans. Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(1), Article 1.
  19. Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif (5th ed.). Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1222566
  20. Solikin, A., Fatchurahman, M., & Supardi, S. (2017). Pemimpin yang Melayani dalam Membangun Bangsa yang Mandiri: A Serving Leader In Developing Independent Nation. Anterior Jurnal, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.33084/anterior.v16i2.41
  21. Spears, L. C. (2010). Servant leadership and Robert K. Greenleaf’s legacy. Servant Leadership: Developments in Theory and Research, 11–24.
  22. Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/
  23. Susilo, E. (2016). Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.33366/jisip.v5i1.212
  24. Triatna, C. (2015). Membangun Komunitas Belajar Profesional untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5918
  25. Van Dierendonck, D. (2011). Servant Leadership: A Review and Synthesis. Journal of Management, 37(4), 1228–1261. https://doi.org/10.1177/0149206310380462
  26. Van Dierendonck, D., & Nuijten, I. (2011). The Servant Leadership Survey: Development and Validation of a Multidimensional Measure. Journal of Business and Psychology, 26(3), 249–267. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9194-1
  27. Winston, B. E., & Patterson, K. (2006). An integrative definition of leadership. International Journal of Leadership Studies, 1(2), 6–66.