Main Article Content

Abstract

Corporate University (Corpu) adalah bentuk penyelenggaraan pelatihan dengan tujuan utama pencapaian tujuan organisasi pembelajaran dari organisasi tersebut. Di Indonesia, istilah Corpu bukan saja diterapkan pada konteks lembaga pelatihan swasta saja namun juga lembaga pelatihan pemerintah, Walaupun lembaga pelatihan pemerintah antusias dalam mentransformasi diri menjadi Corpu, namun masih belum tersedia model pengembangan Corpu untuk lembaga pelatihan pemerintah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menyelidiki bagaimana model pengembangan Corpu yang cocok untuk lembaga pelatihan pemerintah di Indonesia menggunakan studi kasus dari dalam dan luar negeri. Dalam penelitian ini, studi kasus dari tiga Corpu lokal dan Corpu dari Italia, Cina, Ukraina, dan Amerika Serikat digunakan sebagai landasan percontohan dan perbandingan. Model yang dihasilkan mencakup empat tahapan pengembangan mulai dari rencana strategis (Resntra), arsitektur, manajemen, hingga budaya. Termasuk di dalam renstra adalah pengembangan kurikulum, desain dan model pembelajaran, serta evaluasi program yang bersifat pembelajaran kolaboratif dengan para stakeholder terkait. Teknologi digunakan sebagai alat bantu manajemen sekaligus sebagai jembatan menuju tujuan jangka panjang dalam menciptakan organisasi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat bertindak sebagai panduan bagi penelitian selanjutnya maupun bagi lembaga pelatihan yang ingin berkembang menjadi Corpu.
Kata kunci: Corpu, organisasi pembelajaran, pembelajaran kolaboratif

Article Details

References

  1. Abel, A. L., & Li, J. 2012. Exploring the Corpu phenomenon: Development and implementation of a comprehensive survey. Human Resource Development Quarterly, 23(1), 103–128. https://doi.org/10.1002/hrdq.21122
  2. Andriushchenko, K., Liezina, A., Kuchai, O., & Petukhova, H. 2022. Corpu as a Business Accelerator in the Field of Education. World, 3(3), 657–671. https://doi.org/10.3390/world3030036
  3. Chen, Y., Xu, Y., & Zhai, Q. 2019. The knowledge management functions of Corpu and their evolution: Case studies of two Chinese corporate universities. Journal of Knowledge Management, 23(10), 2086–2112. https://doi.org/10.1108/JKM-04-2018-0228
  4. Chin, T., Yang, Y., Zhang, P., Yu, X., & Cao, L. 2019. Co-creation of Social Innovation: Corporate Universities as Innovative Strategies for Chinese Firms to Engage with Society. Sustainability, 11(5), 1438. https://doi.org/10.3390/su11051438
  5. Eccles, G. 2004. Marketing the Corpu or enterprise academy. Journal of Workplace Learning, 16(7), 410–418. https://doi.org/10.1108/13665620410558305
  6. Guerci, M., Bartezzaghi, E., & Solari, L. 2010. Training evaluation in Italian corporate universities: A stakeholder-based analysis: Stakeholder-based evaluation of Italian corporate universities. International Journal of Training and Development, 14(4), 291–308. https://doi.org/10.1111/j.1468-2419.2010.00359.x
  7. Jatmiko, A. 2023. ATR/BPN CorpU. Peran Strategis Widyaiswara dalam Implementasi Corpu (CorpU) pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Pusat dan Daerah.
  8. Kartikawati, H. 2023. Implementasi Corpu di Kementerian Keuangan. Peran Strategis Widyaiswara dalam Implementasi Corpu (CorpU) pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Pusat dan Daerah.
  9. Kure, N., Nørreklit, H., & Røge, K. M. 2021. Objective and results?based management of universities: Constructing reality or illusions? Financial Accountability & Management, 37(2), 204–230. https://doi.org/10.1111/faam.12251
  10. Lissillour, R., & Rodriguez-Escobar, J. A. 2023. Organizational ambidexterity and the learning organization: The strategic role of a Corpu. The Learning Organization, 30(1), 55–75. https://doi.org/10.1108/TLO-01-2021-0011
  11. Meister, J. C. 1998. Ten steps to creating a Corpu. Training & Development, 52(11), 38–44.
  12. Nicholson, K. P. 2019. Time, New Public Management, and Canadian Academic Librarians’ Scholarship and Service. Canadian Journal of Academic Librarianship, 5, 1–29. https://doi.org/10.33137/cjal-rcbu.v5.29888
  13. Ross, C., Stewart, J., Nichol, L., Elliott, C., & Sambrook, S. 2022. Sustaining the critical in CHRD in higher education institutions: The impact of new public management and implications for HRD. Human Resource Development International, 1–22. https://doi.org/10.1080/13678868.2022.2121016
  14. Setiawati, A. 2022. Pendorong dan Penghambat Kesuksesan Pelaksanaan Corpu Di Lembaga Pemerintah Indonesia. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 25(1), 21. https://doi.org/10.31845/jwk.v25i1.723
  15. Singh, V., Verma, S., & Chaurasia, S. S. 2020. Mapping the themes and intellectual structure of Corpu: Co-citation and cluster analyses. Scientometrics, 122(3), 1275–1302. https://doi.org/10.1007/s11192-019-03328-0
  16. Suharsono, A. 2023. Desain Pengembangan Kompetensi Pegawai Provinsi Jawa Tengah Melalui Implementasi Jateng Corpu. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 20(2), 179–193. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v20i2.934
  17. Wahyudi, H. 2022. Jatim Corpu Creative Collaboration Model in Competence Development of the State Civil Apparatus in Indonesia. Proceeding 2nd International Conference on Business & Social Sciences (ICOBUSS), 557–566.
  18. Weinberg, A. M., & Graham-Smith, G. 2012. Collegiality: Can it survive the Corpu? 1. Social Dynamics, 38(1), 68–86. https://doi.org/10.1080/02533952.2012.700181
  19. Wibowo, M. 2023. BRI Corpu. Peran Strategis Widyaiswara dalam Implementasi Corpu (CorpU) pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Pusat dan Daerah.