Main Article Content

Abstract

PT Bank Mega, Tbk sebagai salah satu perusahaan di bidang jasa perbankan. Dalam menghadapi persaingan-persaingan yang semakin besar terutama dari bank-bank besar milik pemerintah, swasta, dan bank asing yang beroperasi di negeri ini, manajemen memerlukan manusia-manusia yang bertanggung jawab, berkualitas, memiliki kesadaran tinggi dan kemampuan kuat untuk mencapai cita-cita dan tujuan perusahaan. Bedasarkan fenomena di lapangan, maka tiga faktor yang dianggap menjadi pendorong maupun penghambat peningkatan prestasi kerja maksimal dari masing-masing individu yang lebih lanjut diketengahkan sebagai prediktor kerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan fenomena prestasi kerja, dapat memprediksi faktor-faktor yang mempengaruhinya dan dapat dijadikan acuan untuk perumusan kebijakan. Hasil uji dengan pendekatan causal step berhasil mengidentifikasi besaran pengaruh kepemimpinan dan kompetensi mengalami kenaikan yang signifikan ketika dikontrol oleh motivasi. Kenaikan tersebut terjadi pada hubungan kepemimpinan terhadap motivasi, dan pada hubungan kompetensi dengan prestasi kerja. Dari dua model mediasi sederhana ini terlihat bahwa model terbaik untuk meningkatkan prestasi kerja adalah melalui kepemimpinan, motivasi, dan prestasi kerja.Kata kunci: Tujuan perusahaan, prestasi kerja, perumusan kebijakan

Article Details

References

  1. Abernaty, W.B. (1996). The sin of Wages. Memphis, TN: Pefsys, Press.
  2. Agnew, J.L . (1998). The establishing operational in organizational behavior management. Journal Of Organizational Behavior Management.
  3. Arnold, Hugh J., Feldman, Daniel C. Organizational Behaviour. New York: McGraw – Hill Book Company, 1998.
  4. Baum, W.M. (1973). The correlation based law effect. Journal of the Experimental Analysis of Behaviour.
  5. Bass, B.M (1990). Bass and Stogdill’s Handbook of Leadership. New York: The Free Press.
  6. Carrel, Michael R., Elbert, Nobert E., And Hatfield, Robert D., 2000. Human Resources Management: Strategis For Managing a Diverse And Global Workforce (Fort Worth: The Dryden Press).
  7. Cascio, Wayne. F. & Awad Elias M., 1981, Human Resource Management and Information System Aproach, Reston Publishing Company, Reston.
  8. Chalos, Peter, Managing Cost in Today’s Manufacturing Environment, Prentice-Hall, New Jersey, 1992.
  9. Dale Yorder, 1981, Personal Management And Industrial Relation, Prentice Hall Of India, New Dehli.
  10. Herzberg, F., 2001, Motivation: One more Time, How Do You Motive Employees?, A Harvard business Review Paperback, Boston
  11. H. Henrick, Industrial Accident Prevention. New York: Mc Graw Hill Book Company; 1987.
  12. Hersey, P., Blanchard, K. Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. New Jersey: Prentice Hall. 1988
  13. Hodgett, Richard M. and Kuratko, Donald F. Management. San Diego: Harcout Brace Jovanovich Publisher, 1988.
  14. Heller, Robert, (2001), Motivating People, Jakarta, PT. Dian Rakyat. Hinrich JR, Human Resources and Personal Management, International Edition, Mc. Grow – Hill, Me, 1988.
  15. Helllriegel and Slocum. Management. Massachusetts: Addison – Wesley Publishing Company, 1989.
  16. Hofstede, G., B. Neuijen, D. Oheyei & G. Sander. 1990. “Measuring Organizational Cultures: A Qualitative and Quantitative Across Twenty Casesâ€. Administrative Science Quartely. Vol. 35.286-316.
  17. Komaki, J.L., Zlotnik, S., and Jensen, M. development of an operant-based taxonomy and observational index of supervisory behaviour. Journal of Applied Psycology.
  18. Luthans, F. and Kreitner, R. (1975). Organizational Behavior Modification. Gleview, IL: Scott-Foresman.
  19. Mawhinney and Ford, J.D. (1977). The path goal theory of leader effectiveness: An opeant interpretation. Academy of Management Review.
  20. Miller, L. M. (1975). Behaviour Management: New Skill for Business and Industry Atlanta, GA:Behavioral Systems, Inc.
  21. Nevin, J.A., Mandell, C., and Atak, J. R. (1983). The analysis of behavioral momentum. Journal of the Experimental Analysis of Behavior.
  22. Scott, W. E. and Podsakoff, P. M. (1982). Leadership, supervision, and behavioral control: Perspectives from an experimental analysis. In L. W. Frederkisen (Ed.), Handbook of organizational behavior management. New York: John Wiley and Sons.
  23. Yuki, Gerry A, Leadership in organization, Second Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey, 1998