Main Article Content
Abstract
Article Details
References
- Amstrong, Mischael, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Sofyan dan Haryanto. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
- Boles J, Madupalli R, Rutherford, B dan Wood JA. 2007. The Relationship of Facets of Salesperson Job Satisfaction With Affective Organizational Commitment. Journal of Business & Industrial Marketing. Vol. 22, No. 5, pp. 311–321
- Ciptodihardjo, I. 2014. Dampak Kepemimpinan, Motivasi, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Organisasional dan Kinerja Karyawan pada Karyawan PT. Smartfren,Tbk di Surabaya. Artikel Penelitian. pp. 1-10
- Direktoral Pembina Widyaiswara. 2009. Pedoman dan Peraturan. LAN
- Dorothea W. A. 2012. Leader-Member Exchanges as a Mediator of the Effect of Job Satisfaction on Affective Organizational Commitment: An Empirical Test. International Journal of Management. Vol. 29 No. 1 Part 1. Pp. 46-56.
- Dwiyanto, A. 1994. Proses Kebijakan Publik. Fisipol – UGM, Yogyakarta.
- Elmeida, Mamun S dan Wirakusumah. 2013. Dampak Kualitas Implementasi Kurikulum Praktik pada Kepuasan Lulusan dan Dampaknya pada Kinerja Bidan (Suatu Upaya Penelusuran Alumni D-3 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung). Jurnal Gaster. Vol. 10 No. 1 Februari 2013. Hal. 7-19
- Engko, C. 2008. Dampak Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual dengan Self Esteem dan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 10, No. 1, April 2008, 1 – 12
- Fadli U, Dadan A.F, dan Yohana K. 2012. Dampak Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Kerja pada PT PLN (Persero) Rayon Rengasdengklok. Jurnal Manajemen Vol.09 No.2 Januari 2012. Hlm. 577-589.
- Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). BP UNDIP. Semarang.
- Greenberg, J dan Baron, RA. 1997. Behavior in Organizations – Understanding and Managing The Human Side of Work, sixth edition, New Jersey : Prentice Hall, pp 560-563.
- Gunlu E, Aksarayli, M dan Percin N.S. 2009. Job Satisfaction and Organizational Commitment of Hotel Managers in Turkey. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol. 22 No. 5, 2010. pp. 693-717
- Harsono, B. 2009. Dampak Pendidikan dan Pelatihan, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kinerja Organisasi Sebagai Variabel Intervening pada Secretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar. Jurnal manajemen. Vol. 1 No. 2 September 2009. Hlm. 75-96
- Hiryanto. 2004. Optimalisasi Penerapan Konsep Andragogi dalam Diklat Aparatur Pemerintah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel. Dosen PLS FIP Universitas Negeri Jogjakarta.
- Irfan, Muhlis dkk., 2008. Analisis Implementasi Kebijakan Diklat Kepemimpinan bagi Pegawai Negeri Sipil. Pusaat Analisis Kebijakan Manajemen dan Bantuan Hukum, Badan Kepegawaian Negara, Jakarta.
- Kadir, A. 2012. Kompetensi Widyaiswara dalam Perspektif Personal, Propesional, Sosial dalam Peningkatan Kinerja Aparatur. Artikel. BKPP Pemerintahan Aceh. Hlm. 1-15.
- Kanwar Y.P.S, Singh A.K. dan Amitabh D. K. 2012. A Study of Job Satisfaction, Organizational Commitment and Turnover Intent among the IT and ITES Sector Employees. Article. Vol. 16, No. 1, pp 27–35.
- Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.
- Megalia R. 2011. Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur: Studi tentang Implementasi Kebijakan Reformasi Sumber Daya Manusia pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Indonesia. Sosiohumanika, Vol. 4, No. 2, hlm. 259-286.
- Ming, T.T dan Chun C.H. 2007. The Relationship among Ethical Climate Types, Facets of Job Satisfaction, and the Three Components of Organizational Commitment: A Study of Nurses in Taiwan. Journal of Business Ethics. Vol. 80. Pp. 565–581
- Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta. Mowday, R.T., Porter, L.W., dan Steers, R.M. 1982. Employee-Organization Linkages The
- Psychology of Commitment, Absenteeism and Turnover. New York : Academic
- Press.
- Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia I. Penerbit LepKhair.
- Oliva, P F. 1991. Developing the Curriculum, third edition. Harper Collins Publishers. New York.
- Parwita, GBS. 2013. Dampak Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi Pada Dosen Yayasan Universitas Mahasaraswati Denpasar). Tesis. Tidak Diterbitkan. Program pascasarjana. Universitas udayana. Denpasar.
- Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Lembaga Administrasi Negara.
- Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 11 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II. Lembaga Administrasi Negara.
- Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III. Lembaga Administrasi Negara.
- Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV. Lembaga Administrasi Negara.
- Peraturan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Fungsional Penjenjangan Penerjemah.
- Prasetyo, H. 2013. Dampak Tingkat Kepuasan Siswa dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Praktek dan Teori pada Mata Diklat Body And Painting di SMK Piri 1 Yogyakarta Tahun 2011/2012. Artikel Pendidikan.
- Pratt, D. 1980. Curriculum : Desain and Development. Harcourt Brace Jovanovich Publishers. San Diego.
- Rageb MA, Eman MAES, Ahmed El-S and Shaimaa F. Organizational Commitment, Job Satisfaction and Job Performance as a mediator between Role Stressors and Turnover Intentions A Study from an Egyptian cultural perspective. International Journal of Business and Economic Development. Vol. 1, Number 1 March 2013. Pp. 34-54.
- Raka J. T. 1992. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta : Konsorsium Ilmu Pendidikan, Ditjen Dikti Depdikbud.
- Ramanaiah NV, Detwiler FR, Byravan A. 1997. Life Satisfaction and The Five Factor Model of Personality. Psychol Rep;80:1208-1210.
- Rivai, Vethzal & Basri. 2005. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia, Jakarta Safruddin C.A. J. 2011. Desain Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi (Pengembangan
- Diklat Sistemik Model ADDIE
- ). Artikel. Disampaikan pada Seminar Penyusunan Draft Desain Kurikulum Diklat Manajemen Perkantoran pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi di Yogyakarta – 25 Mei 2011.
- Sitohang, F M. 2009. Dampak Pelatihan Fungsional dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Tenaga Penyuluh Industri dan Perdagangan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). ISSN 1829 – 9857. Vol. 5 No. 2 – Februari 2009: 205– 225.
- Stith J.S, William H Butterfield, Michael J Strube, Personal, Interpersonal, and Organizational Influences on Student Satisfaction With Clinical Education. Physical Therapy . Volume 78 . Number 6 . June 1998
- Subiyantoro, U. R. 2006. Kebijakan Manajeman Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Eselon III dalam rangka Peningkatan Standar Kompetensi Sesuai dengan Persyaratan Struktural Eselon III di Departemen Agama. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta.
- Sudja, I.N dan Kusmaningtyas A. 2013. Dampak Kompetensi, Kepemimpinan Diri, Sistem Penghargaan,
- Lingkungan Kerja, terhadap Kinerja pada Profesi dan Profesionalisme Guru SMA Negeri di Bali. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen. April 2013, Vol. 9 No.2. hal. 94 – 102.
- Sudjarwo. 2008. Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Progam Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang.
- Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineke Cipta. Jakarta.
References
Amstrong, Mischael, 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Sofyan dan Haryanto. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Boles J, Madupalli R, Rutherford, B dan Wood JA. 2007. The Relationship of Facets of Salesperson Job Satisfaction With Affective Organizational Commitment. Journal of Business & Industrial Marketing. Vol. 22, No. 5, pp. 311–321
Ciptodihardjo, I. 2014. Dampak Kepemimpinan, Motivasi, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Organisasional dan Kinerja Karyawan pada Karyawan PT. Smartfren,Tbk di Surabaya. Artikel Penelitian. pp. 1-10
Direktoral Pembina Widyaiswara. 2009. Pedoman dan Peraturan. LAN
Dorothea W. A. 2012. Leader-Member Exchanges as a Mediator of the Effect of Job Satisfaction on Affective Organizational Commitment: An Empirical Test. International Journal of Management. Vol. 29 No. 1 Part 1. Pp. 46-56.
Dwiyanto, A. 1994. Proses Kebijakan Publik. Fisipol – UGM, Yogyakarta.
Elmeida, Mamun S dan Wirakusumah. 2013. Dampak Kualitas Implementasi Kurikulum Praktik pada Kepuasan Lulusan dan Dampaknya pada Kinerja Bidan (Suatu Upaya Penelusuran Alumni D-3 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung). Jurnal Gaster. Vol. 10 No. 1 Februari 2013. Hal. 7-19
Engko, C. 2008. Dampak Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual dengan Self Esteem dan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 10, No. 1, April 2008, 1 – 12
Fadli U, Dadan A.F, dan Yohana K. 2012. Dampak Kompetensi Karyawan terhadap Kinerja Kerja pada PT PLN (Persero) Rayon Rengasdengklok. Jurnal Manajemen Vol.09 No.2 Januari 2012. Hlm. 577-589.
Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). BP UNDIP. Semarang.
Greenberg, J dan Baron, RA. 1997. Behavior in Organizations – Understanding and Managing The Human Side of Work, sixth edition, New Jersey : Prentice Hall, pp 560-563.
Gunlu E, Aksarayli, M dan Percin N.S. 2009. Job Satisfaction and Organizational Commitment of Hotel Managers in Turkey. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol. 22 No. 5, 2010. pp. 693-717
Harsono, B. 2009. Dampak Pendidikan dan Pelatihan, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kinerja Organisasi Sebagai Variabel Intervening pada Secretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar. Jurnal manajemen. Vol. 1 No. 2 September 2009. Hlm. 75-96
Hiryanto. 2004. Optimalisasi Penerapan Konsep Andragogi dalam Diklat Aparatur Pemerintah sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel. Dosen PLS FIP Universitas Negeri Jogjakarta.
Irfan, Muhlis dkk., 2008. Analisis Implementasi Kebijakan Diklat Kepemimpinan bagi Pegawai Negeri Sipil. Pusaat Analisis Kebijakan Manajemen dan Bantuan Hukum, Badan Kepegawaian Negara, Jakarta.
Kadir, A. 2012. Kompetensi Widyaiswara dalam Perspektif Personal, Propesional, Sosial dalam Peningkatan Kinerja Aparatur. Artikel. BKPP Pemerintahan Aceh. Hlm. 1-15.
Kanwar Y.P.S, Singh A.K. dan Amitabh D. K. 2012. A Study of Job Satisfaction, Organizational Commitment and Turnover Intent among the IT and ITES Sector Employees. Article. Vol. 16, No. 1, pp 27–35.
Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.
Megalia R. 2011. Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur: Studi tentang Implementasi Kebijakan Reformasi Sumber Daya Manusia pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Indonesia. Sosiohumanika, Vol. 4, No. 2, hlm. 259-286.
Ming, T.T dan Chun C.H. 2007. The Relationship among Ethical Climate Types, Facets of Job Satisfaction, and the Three Components of Organizational Commitment: A Study of Nurses in Taiwan. Journal of Business Ethics. Vol. 80. Pp. 565–581
Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta. Mowday, R.T., Porter, L.W., dan Steers, R.M. 1982. Employee-Organization Linkages The
Psychology of Commitment, Absenteeism and Turnover. New York : Academic
Press.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosdakarya. Bandung. Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia I. Penerbit LepKhair.
Oliva, P F. 1991. Developing the Curriculum, third edition. Harper Collins Publishers. New York.
Parwita, GBS. 2013. Dampak Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi Pada Dosen Yayasan Universitas Mahasaraswati Denpasar). Tesis. Tidak Diterbitkan. Program pascasarjana. Universitas udayana. Denpasar.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 05 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Lembaga Administrasi Negara.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 11 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II. Lembaga Administrasi Negara.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III. Lembaga Administrasi Negara.
Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV. Lembaga Administrasi Negara.
Peraturan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Fungsional Penjenjangan Penerjemah.
Prasetyo, H. 2013. Dampak Tingkat Kepuasan Siswa dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Praktek dan Teori pada Mata Diklat Body And Painting di SMK Piri 1 Yogyakarta Tahun 2011/2012. Artikel Pendidikan.
Pratt, D. 1980. Curriculum : Desain and Development. Harcourt Brace Jovanovich Publishers. San Diego.
Rageb MA, Eman MAES, Ahmed El-S and Shaimaa F. Organizational Commitment, Job Satisfaction and Job Performance as a mediator between Role Stressors and Turnover Intentions A Study from an Egyptian cultural perspective. International Journal of Business and Economic Development. Vol. 1, Number 1 March 2013. Pp. 34-54.
Raka J. T. 1992. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta : Konsorsium Ilmu Pendidikan, Ditjen Dikti Depdikbud.
Ramanaiah NV, Detwiler FR, Byravan A. 1997. Life Satisfaction and The Five Factor Model of Personality. Psychol Rep;80:1208-1210.
Rivai, Vethzal & Basri. 2005. Peformance Appraisal: Sistem yang tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins, Stephen P., 2006. Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia, Jakarta Safruddin C.A. J. 2011. Desain Kurikulum Pelatihan Berbasis Kompetensi (Pengembangan
Diklat Sistemik Model ADDIE
). Artikel. Disampaikan pada Seminar Penyusunan Draft Desain Kurikulum Diklat Manajemen Perkantoran pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi di Yogyakarta – 25 Mei 2011.
Sitohang, F M. 2009. Dampak Pelatihan Fungsional dan Motivasi Kerja terhadap Kompetensi Tenaga Penyuluh Industri dan Perdagangan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). ISSN 1829 – 9857. Vol. 5 No. 2 – Februari 2009: 205– 225.
Stith J.S, William H Butterfield, Michael J Strube, Personal, Interpersonal, and Organizational Influences on Student Satisfaction With Clinical Education. Physical Therapy . Volume 78 . Number 6 . June 1998
Subiyantoro, U. R. 2006. Kebijakan Manajeman Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Eselon III dalam rangka Peningkatan Standar Kompetensi Sesuai dengan Persyaratan Struktural Eselon III di Departemen Agama. Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta.
Sudja, I.N dan Kusmaningtyas A. 2013. Dampak Kompetensi, Kepemimpinan Diri, Sistem Penghargaan,
Lingkungan Kerja, terhadap Kinerja pada Profesi dan Profesionalisme Guru SMA Negeri di Bali. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen. April 2013, Vol. 9 No.2. hal. 94 – 102.
Sudjarwo. 2008. Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Progam Pascasarjana. Universitas Diponegoro Semarang.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineke Cipta. Jakarta.